Wawasan Nusantara dan Pengertian Wawasan Nusantara

Sahabat Genggam Intenet Taukah kenapa Negara Indonesia yang sedemikian besarnya menjadi negara yang Damai dan saling menghormati antar satu suku dengan suku yang lainya. nah sob Inti dari Kalimat tadilah yang akan kita coba bahas di kesempatan kali ini, jadi sobat haruslah memahami dengan seksama dan benar-benar agar nantinya kita juga akan lebih mencintai negri yang begitu Indah dengan Keragaman Budaya yang luar biasa ini. Baiklah sekarang kita langsung saja menyimak Pengertian Wawasan Nusantara di bawah ini.

Pengertian Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara adalah sebuah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia dimulai dari lingkungannya dan mengutamakan persatuan serta kesatuan wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Wawasan nusantara adalah sikap dan cara pandang warga negara Indonesia yang didasarkan pada UUD 1945 dan Pancasila. Dalam menjalankan wawasan nusantara, diutamakan untuk memenuhi kesatuan wilayah dan menghargai perbedaan yang ada untuk mencapai tujuan nasional. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak daerah bahkan pulau yang masih belum berpenghuni. Banyaknya suku bangsa dan kebudayaan yang berbeda membuat negara Indonesia kaya dengan beragam asetnya. Perbedaan ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang luas dan memiliki banyak keragaman dari ujung Aceh hingga Papua.

Wawasan Nusantara

Meskipun berbeda, Indonesia bsia bersatu karena memiliki Pancasila dan dan UUD yang bisa menyatukan perbedaan tersebut sehingga sikap bangsa Indonesia bisa menghargai satu sama lain. Dengan begitu kita harus memiliki sikap dengan toleransi yang cukup tinggi dan menghargai setiap perbedaan yang ada.

Aspek Wawasan Nusantara

Berikut ini kami sajikan beberapa aspek wawasan nusantara.

1. Aspek kewilayahan nusantara
Aspek ini memperhatikan daerah, wilayah nusantara dimana Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam dan keanekaragaman jenis flora dan fauna.
2. Aspek sosial budaya
Yang kedua dari aspek wawasan nusantara adalah sosial budaya dimana kita harus menghargai setiap budaya yang berbeda yang dimiliki oelh berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu mencegah adanya konflik intern antar warga negara. Jadi perbedaan yang ada di Indonesia harus menjadi senjata untuk membuat negara ini semakin maju dan bersatu sehingga Indonesia semakin kuat dan kokoh.

Hakikat Wawasan Nusantara

Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara dimana cara pandang yang ada dalam nusantara untuk mencapai keutuhan nasional. Jadi hakikat wawasan nusantara adalah dimana sikap dan tidak kita menunjukkan bahwa kita adalah warga negara Indonesia yang memiliki peran penting untuk memajukan Indonesia. Dengan begitu setiap orang bisa berpartisipasi dalam kesatuan negara Indonesia. Hal ini bisa mencegah perpecahan antar warga negara yang sering menimbulkan masalah dalam negara. Oleh karena itu dengan berpedoman pada wawasan nusantara kita bisa menjaga keutuhan bangsa dengan mendukung pembangunan nasional yang sesuai dengan tujuan nasional. Kondisi ini diwujudkan untuk mencapai tujuan nasional yang berhasil.

Fungsi Wawasan Nusantara

Berikut ini adalah fungsi dari wawasan nusantara.

1. Mampu menjaga konsepsi ketahanan nasional dimana konsep pembangunan nasional, pertahanan kemanan dan kewilayahan.
2. Wawasan pembangunan yang memiliki cakupan politik, kesatuan ekonomi bahkan kesatuan sosial dan politik yang berdampak pada kesatuan pertahanan dan keamanan.
3. Wawasan pertahanan keamanan dimana wawasan nusantara bisa menjaga keutuhan dan kemananan negara yang menjadi kekuatan negara.
4. Dan yang terakhir adalah wawasan wilayah yang berkaitan dengan perbatasan negara.

Baca Juga : Pengertian Penduduk DAN Pengertian Norma

Demikian artikel Pengertian Wawasan Nusantara ini, semoga apa yang saya sampaikan di sini bisa membuat sobat lebih memahami pentingnya arti kebersamaan antar Suku bangsa, dan lebih mencintai Indonesia Tentunya. Jika sobat memiliki pertanyaan seputar Wawasan Negara ataupun pertanyaan lainnya, silahkan saja sobat tanyakan di kotak komentar yang ada di bawah ya. Saya rasa cukup sampai di sini, akhir kata, terima kasih.

Incoming search terms:

  • pengertian wawasan nusantara
  • wawasan nusantara
  • wawasan nusantara adalah
  • jelaskan pengertian wawasan nusantara
  • arti wawasan nusantara
  • apa yang dimaksud wawasan nusantara
  • apa yang dimaksud dengan wawasan nusantara
  • apa itu wawasan nusantara
  • apakah yang dimaksud wawasan nusantara
  • apa yang di maksud wawasan nusantara
Wawasan Nusantara dan Pengertian Wawasan Nusantara | yasri | 4.5