Tata Cara Shalat Tahajud, Bacaan Doa Niat Shalat Tahajud & Keutamaan

Tata Cara Shalat Tahajud, Bacaan Doa Niat Shalat Tahajud & Keutamaan – Shalat Tahajjud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada tengah malam sesudah seseorang itu tidur. Oleh karena itu shalat Tahjjud juga dinamakan solat malam atau “Qiyamul Lail”¬†atau bisa juga “Shollatu Lail” yang memiliki arti sholat di malam hari. Cara mengerjakan shalat Tahajjud sebernarnya sama dengan cara mengerjakan shalat wajib. Diawali dengan bacaan niat shalat dan diakhiri salam. Bedanya hanya terletak di bacaan niatnya saja.

Shalat Tahajjud ini sangat dianjurkan oleh Baginda Nabi Muhammad saw, sebab Nabi mengatakan bahwa pada waktu malam hari tiba merupakan saat yang tenang, tidak banyak gangguan. Selain itu Shalat Tahajjud merupakan salah satu shalat sunnah yang dapat mendekatkan pelakunya dengan Zat Maha Pencipta Allah Azzawajalla. Nabi juga mengatakan orang yang selalu melaksanakan Shalat Tahajjud ia akan dimasukkan ke dalam syurganya Allah dengan begitu sejahtera. Selain itu, Allah juga akan mengangkat derajat orang yang melaksanakan Shalat Tahajjud dengan kedudukan yang terpuji. Banyak sekali Firman Allah swt dan hadist nabi yang menjelaskan tentang keutamaan dari menjalankan ibadah Shalat Tahajjud, diantaranya :

Hadist Nabi saw tentang keutamaan shalat tahajjud

Artinya :”Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa pada) bulan Allah yang mulia (Muharram) dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam (Tahajjud)” (H.R. Muslim dari Abu Hurairah)

Allah juga berfirman dalam Al-Qur’an :

Q.S Al-Israa'/17: 79 tentang keutamaan shalat tahajjud

Artinya :“Dan pada sebagian malam hari bershalat tahajjud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (Q.S Al-Israa’/17: 79)

shalat tahajud

Begitu banyak terdapat ayat maupun hadist yang menjelaskan tentang keutamaan dari pelaksanaan shalat Tahajjud, maka hendaknya kita berusaha untuk membiasakan melaksanakan shalat Tahajjud untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Shalat Tahajjud dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal tidak terbatas dengan bilangan genap yang masing-masing pada setiap rakaat kedua dibaengi dengan salam. Waktu mengerjakan Shalat Tahajjud dilakukan pada malam hari setelah mengerjakan Shalat Isya sampai masuk waktu shubuh. Dengan catatan seseorang itu harus tidur terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat Tahajjud meskipun tidurnya hanya sebentar saja. Dan akan lebih baik lagi jika setelah menyelesaikan shalat Tahajjud makan di akhiri dengan melaksanakan shalat witir.
Untuk waktu pelaksanaanya, shalat tahajjud dilakukan setelah tidur malam, walaupun tidurnya baru sebentar. waktu mengerjakannya terbagi menjadi tiga tahap, yakni :

Pertama : Mulai dari jam 20.00 sampai jam 22.00 (waktu ini di sebut waktu utama)

Kedua : Mulai dari jam 22.00 sampai jam 01.00 (waktu ini disebut waktu paling utama)

Ketiga : Mulai dari jam 01.00 sampai jam 04.00 (waktu ini disebut waktu paling baik)

 

TATA CARA PELAKSANAAN SHALAT TAHAJJUD

Mengenai gerakan dan bacaan-bacaan mengerjakan shalat tahajjud adalah sama dengan mengerjakan shalat yang lain (shalat wajib), yang membedakannya hanya terletak pada niatnya saja. Adapun niat shalat Tahajjud adalah sebagai berikut :bacaan niat shalat tahajjud

USHALLI SUNNATT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALA

Artinya :” Aku niat shalat tahajjud dua rakaat karena Allah ta’ala”

Kemudian setelah membaca niat shalat tahajjud seperti di atas dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surat pilihan pada rakaat pertama dan kedua, dilanjutkan dengan Ruku’, I’tidal dan sampai yang terakhir yakni salam.

 

DOA SETELAH SHALAT TAHAJJUD

Setelah selesai mengerjakan shalat Tahajjud, maka duduklah dengan khusyu’ sambil membaca do’a Shalat Tahajjud yang diawali dengan bacaan-bacaan dzikir, beristighfar, membaca tasbih, tahmid, dan membaca shalawat kepada nabi Muhammad saw.¬†Berikut adalah urutan membaca do’a setelah shalat tahajjud :

1. Membaca Istighfar sebanyak-banyaknya, minimal 100 x

bacaan istighfar dalam shalat tahajjud

2. Kemudian dilanjutkan dengan membaca tasbih sebagai berikut sebanyak 32 x

Bacaan kalimat Tasbih dlam Shalat Tahajjud3. Dilanjutkan dengan membaca sholawat Nabi saw sebagai berikut sebanyak 32 x

Bacaan sholawat nabi saw dalam shalat tahajjud4. Kemudian diakhiri dengan membaca Doa Setelah Shalat Tahajud sebagai berikut :

bacaan doa setelah shalat tahajjud

 

KEUTAMAAN SHALAT TAHAJJUD

Terdapat begitu banyak sekali keutamaan-keutamaan dari shalat tahajjud yang dapat kita peroleh jika kita sering melaksanakannya, diantaranya :

  1. Akan dikabulkannya do’a-do’a bagi siapa saja yang berdo’a pada malam hari setelah shalat Tahajjud
  2. Akan diangkat derajatnya oleh Allah di tempat yang terpuji
  3. salah satu cara untuk mendekatkan Diri Kepada Allah
  4. Memperoleh berbagai Kemuliaan di sisi Allah
  5. Mengusir Penyakit dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  6. Menjauhkan Diri dari Kelalaian Hati
  7. Menang dalam Jihad Melawan Musuh
  8. Meringankan Lamanya Berdiri pada Hari Kiamat
  9. Mencegah Perbuatan Dosa dan Menghapus Kejahatan
  10. Muka Tampak Berkilau dan Bercahaya
  11. Dapat Melancarkan Aliran Darah
  12. Menjadi jaminan Masuk Surga
  13. Akan dicintai Allah SWT
  14. Penyelamat dari Siksa Neraka
  15. Penyebab Husnul Khatimah

Baca Juga:
Pengertian Wakaf
Pengertian dan Macam-macam Riba

Incoming search terms:

  • Bacaan solat tahjjud
  • fakta husnul khotimah dengan shalat tahajud
  • tatacara dan waktu membaca istighfar
Tata Cara Shalat Tahajud, Bacaan Doa Niat Shalat Tahajud & Keutamaan | yasri | 4.5