Sistem Koordinasi Pada Manusia

Sobat genggaminterner.com kali ini kita di beri kesempatan untuk kembali bersua, yang mana pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membahas mengenai materi biologi yang tentu saja akan membuat sobat semua semakin bersemangat dalam mengerjakan berbagai tugas. Nah judul artikel kali ini adalah Sistem Koordinasi Pada Manusia. taukah sobat apa saja sistem koordinasi pada manusia itu.? tentu sebagian dari kita ada yang bertanya tentang pengertian sistem koordinasi dan juga alat-alat indra pada manusia. Nah untuk lebih mudahnya marilah kita langsung simak pembahasanya di bawah ini.

Tubuh manusia tersusun dari organ yang memiliki fugsi masing-masing. Semu aorgan bekerja secara teratur, tidak ekerja sendiri-sendiri, tetapi saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Agar organ yang terdapat dalam organ tbuh manusia dapat bekerja teratur di perlukan adanya suatu sisten koordinasi. Sistem koordinasi dalam tubuh manusia dilakukan oleh sistem saraf dna sistem hormon.

sistem koordinasi

Contoh koordinasi dalam tubuh yang dilakukan oleh sistem hormon adalah seorang yang dalam kesehariannya lemah lembut suatu saat sedang terancam keselamatannya oleh hewan buas. Karena ketakutannya menyebabkan prodiksi hormon adrenalin menjadi meningkat. Akibat dari peningkatan hormon adrenalin tersebut, orang tadi dengan jantung berdebar-debar melawan dengan keberanian yang luar biasa.

Contoh koordinasi dalam tubuh yang dilakuan oleh sistem saraf adalah seorang yang tertidur di bawah keteduhan pohon. Saat ayangan pohon tidak meneduhi lagi karena matahari telah lewat, ia merasa kepanasan. Ia bangun dan berpindah tempat melanjutkan tidurnya di tempat yang teduh.

Alat-alat yang digunakan untuk menerima informasi dari lingkungan adalah alat indra. Berkut ini akan di bahas koordinasi yang terjadi dalam tubuh yang dilakukan oleh sistem saraf.

A. Sistem saraf pada manusia

Sistem saraf pada manusia terdiri atas bagian yang menerima rangsang (saraf yang terdapat dalam alat indra), bagian yang meneruskan rangsangan ke puast saraf (neuron sensorik), bagian yang menafsirkan rangsangan (saraf pusat), dan bagian yang meneruskan jawaban ke reseptor (neuron motorik).

a. Susunan sel saraf

Sistem saraf tersusun dari sel saraf (neuron). Massing-masing sel saraf (neuron) memiliki bagian-bagian yakni dendrit, badan sel saraf, dan akson (neurit).

b. Pembagian sistem saraf

Koordinasi yang dilakukan oleh sistem saraf dalam tubuh manusia ada dua macam, yakni koordinasi kegiatan tubuh yang disadari dilakukan oleh sistem saraf sadar dan koordinasi kegiatan tubuh yang tidak disadari dilakukan oleh sistem saraf tak sadar.

1. Sistem saraf sadar

Sistem saraf tersusun dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang. Sistem saraf tepi terdiri atas perpanjangan dari saraf pusat berupa serabut-serabut saraf.

a.    Sistem saraf pusat

1. Otak
2. Sumsum tulang belakang

b. Sistem saraf tepi

Sistem saraf tepi tersusun dari serabut-serabut saraf yang merupakan kelanjutan dari otak dan kelanjutan dari sum sum tulang belakang. Saraf tepi kelanjutan dari otak ada 12 pasang, sedangkan kelanjutan dari sum sum tulang belakang ada 31 pasang.

2. Sistem saraf tak sadar ( sistem saraf otonom)

Sistem saraf tak sadar mengendalikan organ-organ tubuh yang bekerja secara otomatis. Hal itu disebabkan organ tersebut bekerja dengan sendiri atau tidak diperintah oleh saraf pusat. Sistem saraf tak sadar tersusun dari saraf motorik yang berfungsi untuk mengontrol organ dalam secara otomatis. Contohnya adalah organ jantung gerak peristatik usus, dan melebar dan menyempitnya pupil mata.

Sistem saraf tak sadar atau otonom tersusun dari saraf simpatik dan saraf parasimpatik.

Materi Referensi :

Anggota IKAPAI. 2006. IPA TERPADU 3A. Jakarta: Yudistira.

Baca Juga :

Perkembangan Embrio
Sistem Reproduksi Wanita
Sistem Reproduksi Pria

Nah demikian Sobat saya rasa artikel kali ini kita cukupkan sampai di sini dahulu ya, jika nantinya sobat memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan saja sobat tanyakan langsung di kotak komentar facebook yang ada di bawah ya sobat, InsyaAllah akan secepatnya saya jawab. terima kasih untuk watkunya dan salam semangat terus dalam belajarnya ya sob. akhir kata dari saya terima kasih.

Incoming search terms:

  • pengertian sistem koordinasi
  • sistem koordinasi
  • pengertian koordinasi pada manusia
  • pengertian pengertian dalam sistem koordinasi
  • pengertian dan fungsi sistem koordinasi
  • gambar sistem koordinasi pada manusia
  • Carilah koordinasi pada manusia
  • carilah istilah sistem koordinasi
  • apakah yang dimaksud dengan sistem koordinasi dalam tubuh manusia
  • apa yg dimksd rangsangan
Sistem Koordinasi Pada Manusia | yasri | 4.5