Sistem Gerak Pada Manusia

Sahabat kali ini kita masih di berikan kesehatan untuk kita dapat bertemu kembali untuk membahas mengenai materi yang tentu saja tidak akan membuat kita jenuh, apa lagi jika bukan materi biologi yang mana kita semua merupakan orang-orang pencinta alam dan makhluk hidup. tentu saja di kesempatan ini kita masih membahas tentang manusia yang berhubungan dengan gerakan, yang mana judul artikel untuk kali ini adalah sistem gerak pada manusia. yang mana materi ini saya khusus kan untuk adik-adik yang masih SMP ya, untuk adik-adik yang sudah duduk di bangku SMA kedepanya InsyaAllah akan kita update lagi tentang materi ini yang tentu saja akan lebih detail dan lengkap pembahasanya. Nah untuk sobat semu yang sudah tidak sabar ingin membaca secara tuntas materi ini mari langsung saja kita simak pembahasanya di bawah ini.

Pada dasarnya terdapat gerak dalam tubuh manusia, yaitu gerak tubuh atau bagian tubuh yang di sadari dan gerak refleks.

sistem gerak pada manusia

Gerak bagian tubuh yang disadari adalah gerak bagian tubuh yang di koordinasi oleh saraf pusat (otak). Misalnya adalah seorang yang sedang di gigit serangga, ia menyadari adanya rangsangan (setimulus) yang datang dari luar tubuhnya, yaitu pada kulitnya. Rangsangan itu di terima oleh saraf repsetor pada kulit, rangsangan itu di ubah oleh saraf repseptor menjadi impulsaraf.

Impulsaraf selanjutnya di kirim ke pusat saraf (otak) melalui syaraf sensorik. Sesampainya di otak, impuls di terjemahkan oleh otak ssehingga otak mengetahui bahwa pada bagian tertentu daritubuhnya ada gigitan seranga. selanjutnya, otak memerintahkan otot tangan untuk mengusir serangga tersebut. Perintah otak pada otot-otot tangan di kirim melalui saraf motorik jadi, gerakan tangan untuk mengusir serangga adalah di sadari oleh otak. Oleh karena itu, gerakan yang demikian tersebut gerakan tubuh yang di sadari.

Gerak bagian tubuh yang di sadari (refleks) adalah gerak bagian tubuh yang di koordinasi oleh saraf pusat (sum sum tulang belakang). Misalnya adalah seorang yang sedang menginjak bara api kecil, segera tanpa di sadari ia telah mengangkat kakinya. Gerakan yang tidak di sadari tersebut di namakan gerak refleks. Koordinasi gerakan cukup di lakukan oleh sum-sum tulang belakang, kadang-kadang sampai juga pada otak bergantung pada besar dan kecilnya. Kaki yang menginjak bara api, mendapat rangsangan panas, rangsangan panas di terima oleh ujjung saraf repseptor pada kulit kaki, rangsangan oleh repseptor di ubah menjadi impulsaraf kemudian di teruskan ke sum sum tulang belakang melalui saraf sensorik, sampai pada sum sum tulang belakang implus. Di kirim ke otot-otot kaki untuk menjawab rangsangan, yaitu bergerak mengangkat kaki.

Materi Referensi :

Anggota IKAPAI. 2006. IPA TERPADU 3A. Jakarta: Yudistira.

Baca Juga :

Sistem Koordinasi Manusia
Perkembangan Embrio Manusia
Rangkuman Sistem Ekskesi

Nah sobat genggaminternet.com saya rasa artikel sistem gerak pada manusia kita cukupkan sampai di sini dahulu ya, jika masih ada yang kurang faham sobat bisa menanyakan langsung kepada saya melalui kotak komentar facebook yang ada di bawah, nah jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman sobat yang ada di Facebook atau media sosial lainya, sehingga nantinya akan membantu sobat lainya. Karena hal indah adalah ketika kita saling berbagi, Nah akhir kata dari saya terima kasih, dan selamat belajar semoga sukses selalu soat.

Incoming search terms:

  • sistem gerak pada manusia
  • sistem gerak pada manusia beserta gambarnya
  • gambsr macam tangka pd manusia beserta keterangannya
  • gambar macam rangka pada manusia beserta keterangan
  • penjelasan sistem gerak pada manusia
  • kita gerakan-gerakan tubuh manusia
  • apa yang dimaksud sistem gerak
  • gambar Sistem rangka beserta
  • gambar sistem gerak dan penjelasan nya
  • artikel tentang sistem gerak
Sistem Gerak Pada Manusia | yasri | 4.5