Sistem Ekskresi Pada Hewan Avertebrata

Sahabat Genggam internet di kesempatan kali ini kita masih bertemu lagi, kali ini kita masih akan membahas mengenai Sistem Ekskreasi pada Hewan, akan tetapi jika sebelumnya saya Sudah Membahas mengenai Sistem Eksreasi Pada Vertebrata maka kali ini saya akan membahas mengenai Sistem Ekskreasi Pada Avertebrata, Nah jika sobat belum membaca artikel sebelumnya, harap teman-teman baca terlebih dahulu ya, karena itu penting dan setiap pelajaran di sekolah jika membahas Sistem pencernaan Avertebrata maka Tidak akan ketinggalan untuk membahas Sistem pencernaan Vertebrata pula, Baik Mari kita kembali ke topik pembicaraan mengenai Sistem Pengeluaran Pada Hewan Avertebrata di bawah ini.

sistem pengeluaran serangga

Jika di bandingkan dengan Sistem pencernaan Vertebrata maka Hewat tak Bertulang belakang atau yang di sebut dengan Avertebrata memiliki alat-alat pengeluaran dengan struktur yang lebih sederhana, Yang mana Ekskrasi Pada Avertebrata dapat di Bedakan menjadi Tiga bagian yakni : Sistem Ekskreasi Pada Serangga, Sistem Ekskreasi Pada Cacing, Sistem Ekskreasi Pada Protozoa. Kesemuanya akan kita bahas secara Detai dan tutas di bawah ini, mari kita simak bersama.

Sistem Ekskresi Pada Hewan Avertebrata

1. Sistem Ekskresi Pada Serangga

Sistem Ekskresi Pada Bealang

Dari sekian banyak serangga marilah kita ambil Contoh sistem pengeluaran pada serangga Belalang, Belalang memiliki alat pengeluaran yang berupa buluh-buluh Malpighi. Alat ini terletak di dekat usus bagian belakang dan memiliki warna kekuning-kuningan. Fungsi dari Buluh Malpighi adalah untuk menyerap zat-zat sisa dari proses metabolisme yang terdapat di dalam daerah untuk di keluarkan melalui usus yang terletak du belakang lambung. Taukah sobat bahwa Belalang dan serangga lainya menggunakan sat-zat sisa yang mengandung Nitrogen untuk membentuk kitin sebagai bahan kerangka luar. Kitin dapat mengeras apabila bersenyawa dengan Zat Kapur atau Kalsium.

2. Sistem Ekskresi Pada Cacing

Pada pengeluaran Cacing dapat di bedakan menjadi Dua bagian yakni Ekskreasi Cacing tanah, Ekskreasi cacing Pipih dan Cacing Pita.

a. Cacing Tanah

Sistem pengeluaran Pada Cacing

Hewan ini mempunyai alat pengeluaran yang di sebut dengan nefridia (tunggal: nefridium), Pada Setiap segmen atau ruas tubuh cacing tanah terdapat sepasang nefridia halus yang di namakan Metanefridu. kecuali tiga segmen pertama dari arah depan dan segmen terakhir tubuhnya. Ujung dalam dan nefridia terbuka dan berbentuk corong bersilia yang disebut netrostoma. Bagian belakang nefrostoma berupa saluran berliku-liku dan banyak mengandung pembuluh kapiler darah. Bagian belakang nefridium berhubungan dengan kantong kemih, selanjutnya bermuara pada lubang pengeluaran yang disebut nefridiofor.

b. Cacing Pipih Dan Cacing Pita

Pengeluaran Padan Cacing Pipih

Kedua Hewan ini mempunyai alat pengeluara yang berupa sel Api yang letaknya tersebar di antra sel-sel tubuh. Fungsi sel api adalah untuk menyerap zat-zat sisa dari proses metabolisme yang berlangsung dalam jaringan tubuh. Sel api memiliki rambut getar (silia) untuk menggerakkan zat-zat sisa ke dalam saluran pengumpul. Akhirnya, zat-zat sisa dibuang keluar melalui saluran yang bermuara pada permukaan tubuh.

3. Sistem Ekskresi Pada Protozoa

Sistem pengeluaran Pada Protozoa

Sobat genggaminternet.com tentu sudah mengerti apa itu Protozoa, Yup benar sekali Protozoa adalah hewan yang memiliki satu sel saja. Contohnya Amoeba sp dan juga Paramaecium sp. kedia heman jenis ini tidak memiliki sistem pengeluaran, melainkan hewan-hewan yang kita sebutkan tersebut dapat mengeluarkan zat-zat sisa hasil proses metabolisme sehingga zat-zat sisa tersebut tidak menumpuk dan meracuni tubuhnya.
Proses pengeluaran zat-zat sisa metabolisme berlangsung secara difusi melalui permukaan sel. Apabila sel tubuh kelebihan air, vakuola kontraktil (rongga berdenyut) akan memompa air yang berlebihan keluar dari sel.

Baca Juga : Sistem Ekskresi Pada Hewan Vertebrata

Materi di Saduri Dari : Konsep dan Penerapan Sains Biologi, Hal : 86-92, Penerbit : Tiga Serangkai.2004.Solo, Penulis : Drs. Sunartp.dkk

Sobat jika sobat ada tugas dari Sekolah tentang Sistem Ereksi pada Hewan Baik itu Vertebrata maupun Avertebrata maka sekarang sobat sudah tentu bisa menjawabnya dengan Menyadur artikel yang kami bagikan ini, atau sobat bisa membaca langsung buku yang kami Referensikan. Nah selamat belajar yang tekun ya, agar kelak mendapatkan hasil maksimal, akan tetapi sobat harus ingat, hidup tidak perlu pandai tetapi Hidup Haruslah Pandai-pandai. ūüėČ

Incoming search terms:

  • sistem ekskresi pada hewan
  • alat ekskresi pada cacing pita
  • sistem ekskresi pada protozoa
  • fungsi zat kitin hasil sisa metabolisme pada serangga
  • jelaskan mengenai sistem ekskresi pada cacing tanah Dan serangga
  • gambar sistem ekskresi pada hewan
  • alat ekskresi cacing tanah berupa
  • sistem ekskresi paramacium sp
  • Pada cacinh tanah alat pengeluarannya berupa
  • sistem ekresi pada hewan
Sistem Ekskresi Pada Hewan Avertebrata | yasri | 4.5