Sejarah Kerajaan Tarumanegara Di Indonesia

Sejarah Kerajaan Tarumanegara Di Indonesia – Hallo sobat genggaminternet.com kali ini kita akan mencoba untuk kembali membahas mengenai Kerajaan yang ada Di indonesia, setelah pada kesempatan sebelumnya kita juga telah membahas mengenai kerajaan Kutai yang ada di Indonesia, maka kali ini kita akan membahas mengenai kerajaan berikutnya yakni Kerajaan Tarumanegara. Perlu saya garis bawahi pada postingan kali ini adalah Veri singkatnya dari Sejarah Kerajaan Tarumanegara, yang semoga bisa membatu sobat dalam menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan oleh Bapak/Ibu Guru. Nah ada baiknya jika kita langsung saja membahasnya di bawah ini.

Kerajaan Tarumanegara

Sekitar tahun 400-500 Masehi, di Jawa barat berdiri kerajaan Tarumanegara dengan rajanya bernama Purnawarman. Hal ini berdasarkan tujuh buah prasasti yang ditemukan, Yaitu didaerah Bogor, Ciruteun, Kebun Kopi, Jambu, Pasir Awi dan Muara Cinten, Di daerah Jakarta : Tugu, Cilingcing dan dibanten selatan didesa lebak, Munjul. Prasasti bertulis huruf Pallawa dan berbahasa sansekerta di ubah dalam bentuk syair. Agama yang dianut adalah agama Hindu. hal ini diketahui berdasakan prasasti Ciaruteun yang terdapat pahatan dua tapak kaki, disebutkan sebagai tapak kaki sang raja yang seperti kaki Dewa wisnu. Pada prasasti kebun kopi ada gambar tapak kaki gajah sang raja yang dikatakan sebagai tapak kaki Airawata, adalah Gajah Dewa Indra.

Dalam prasasti tugu yang merupakan prasasti terpanjang dan terpenting dinyatakan bahwa Punawarman dalam dua tahun pemerintahanya yang ke-22 telah menggali sebuah sungai, sungai itu bernama sungai gomati, yang panjangnya 6.122 busur(lebih kurang 12 Km) di buat dalam waktu 21 hari. Pekerjaan ini diakhiri dengan pemberian 1.000 Ekor lembu kepada para brahana. Sungai itu digali untuk terusan membantu sungai bekasi (Sungai Candrabahga) terutama pada musim penghujan, Agar tidak terjadi banjir.

Sumber sejarah Tarumanegara selain prasasti, ada pula berita, cina yang menyebutkan sebuah kerajaan yang bernama To-Lo-Mo (Tarumanegara).Kerajaan ini beberapa kali mengirimkan utusanya ke Cina, antara lain tahun 528, 538, 665 dan 666 M. Kerajaan To-Lo-Mo letaknya di sebelah tenggara negri Cina. Menurut Fa-Hien(seorang musafir cina beragama Budhha) dalam pelayaranya pulang dari india ke cina ia terpaksa singga di tarumanegara, Masyarakatnya memeluk agama hindu dengan Wisnu sebagai dewa tertingginya. Selain itu dipertegas adanya hubungan perdagangan antara Tarumanegara dengan Tiongkok (Cina).

Demikian artikel Sejarah Kerajaan Tarumanegara Seacara singkat, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semuanya, dan jangan lupa baca juga artikel sebelumnya yang sudah saya bagikan di bawah ini :

Incoming search terms:

  • berikan rangkuman tentang kerajaan Tarumanegara
Sejarah Kerajaan Tarumanegara Di Indonesia | yasri | 4.5