Sejarah Kerajaan Sriwijaya Singkat dan Lengkap

Sejarah Kerajaan Sriwijaya Singkat dan Lengkap – Sobat genggaminternet.com masih diberi kesempatan kepada kita untuk kembali update artikel, kali ini materi yang akan kita bahas adalah materi sejarah, yang mana kita masih akan membahas mengenai Sejarah Kerajaan-Kerajaan yang ada di Indonesia pada waktu lampau, Kali ini yang akan kita bahasa adalah Sejarah Kerajaan Sriwijaya, baiklah untuk tidak memperpanjang artikel ini langsung saja kita lihat pembahasanya di bawah ini.

Pada abad Ke-7, keadaan tanah air kita sudah mengalami perkembangan baru, Kerajaan kutai dan Kerajaan Tarumanegara sudah tidak terdengar lagi. Menurut kronik sejarah tiongkok , di Jawa Tengah berkembang kerajaan Ho-Ling (Kalingga dan Keling) dan di Sumatera kerajaan To-Lang-p’ohwang (Tulang bawang di Sumater Selatan), Molo-You (Melayu di Jambi), dan Che-Lifo-che (seriwijaya). Seorang pendeta buddha dari Tiongkok, Benama I-tsing, pada tahun 671 M berangkat dari katon ke India, ia singgah di seriwijaya selama 6 bulan untuk belajar bahasa sansekerta, Kemudia singgah di melayu selama dua bulan, barulah melanjutkan perjalanan ke India. Pada tahun 685 M ia kembali ke Sriwijaya, tinggal disini empat tahun untuk menerjemahkan berbagai kitab suci agama Buddha dari bahasa sangsekerta ke bahasa Tiongkok. Dari berita I-tsing dapat kita ketahui, bahwa Sriwijaya merupakan pusat kegiatan agama Buddha dengan seorang guru yang terkenal bernama Sakyakirti, Pendeta tiongkok yang akan belajar ke India ia anjurkan untuk terlebih dahulu belajar di Sriwijaya selama satu sampai dua tahun.

Kerajaan Sriwijaya

Pada sekitar tahun 590 M Sriwijaya telah mengembangkan sayapnya dan menaklukkan kerajaan-kerajaan lainya di sumatera. Keadaann ini diperkuat dengan adanya enam buah prasasti, yang di tulis dalam bahasa melayu kuno dengan huruff pallawa. Prasasti ini diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Prasasti Kedukan Bukit (Dekat Palembang)
Prasasti Kedukan Bukit berangka tahun 605 saka (683 M) Menceritakan perjalanan suci yang dilakukan Dapunta Hyang dengan perahu. Ia berangkat dari minangatamwan dengan membawa tentara sebanyak 20.000 orang, dan berhasil menaklukkan beberapa daerah, Dengan kemenangan itu Sriwijaya menjadi negara yang makmur.

b. Prasasti Tulang Tuo(Dekat Palembang)
Prasasti ini berangka tahun 684 Masehi, isinya tentang pembuatan Taman Sriksetra atas perintah Dapunta Hyang Sri Jayanasa untuk kemakmuran semua makhluk. Semua harapan dan doa yang terdapat dalam prasasti itu bercrak Budda Mahyana.

c. Prasasti Telaga Batu (Dekat Palembang)
Prasasti ini tidak berangka tahun, Isinya mengenai kutukan bagi siapa saja yang melakukan kejahatan dan tidak patuh pada perintah Raja. di telaga batu banyak ditemukan batu bertuliskan Siddhayatra yang berarti pperjalanan suci.

d. Prasasti Kota Kapur (Bangka)
Prasasti kota kapur berangka tahun 686 M, isinya tentang usaha sang raja untuk menundukkan bumi jawa, mungkin yang di maksud adalah tarumanegara.

e. Prasasti Karang Berahi (Jambi)
Prasasti ini berangka tahun 686 M, ditemukan di pedalaman jambi sehingga dimungkinkan daerah tersebut telah dikuasai oleh sriwijaya.

f. Prasasti Nalanda (India)
Prasasti Nalanda berangka tahun 860 M, Prasasti ini menyebutkan hadiah tanah yang diberikan dewa paladewa (Raja pala dari benggawa). Kepada balaputra seorang raja dari swarnadwipa. Di jelaskan pula pada tahun 856 M Balaputra berusaha merebut kekuasaan dari Pakai Pikatan, tetapi gagal. Akibatnya ia terusir dari mataram, tetapi ia dapat menjadi Raja Sriwijaya. Ketika memerintah Sriwijaya, ia berusaha menyebar luaskan agama buddha kepada seluruh rakyatnya, Guna membendung pengaruh dari mataram yang beragama syiwa. Selain itu, ia juga menjalin kerja sama dengan Negara lain yang beragama Buddha seperti kerajaan pala di India.

Demikian artikel Sejarah Kerajaan Sriwijaya ini saya publikasikan, Silahkan baca juga artikel lainnya di bawah ini :

Incoming search terms:

  • sejarah singkat kerajaan sriwijaya
  • rangkuman kerajaan sriwijaya
  • ringkasan kerajaan sriwijaya
  • kerajaan Sriwijaya secara singkat
  • kerajaan sriwijaya singkat
  • rangkuman tentang kerajaan sriwijaya
  • sejarah singkat sriwijaya
  • ringkasan sejarah kerajaan sriwijaya
  • rangkuman sejarah indonesia tentang kerajaan sriwijaya
  • ringkasan tentang kerajaan sriwijaya
Sejarah Kerajaan Sriwijaya Singkat dan Lengkap | yasri | 4.5