Profil Negara Negara Asia Tenggara (ASEAN) Lengkap

Profil Negara Asean Lengkap – Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau mungkin sebagian orang megenalnya dengan istilah “Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tengggara (PERBARA) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 yang dibentuk berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh beberapa negara seperti Indonesia, malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemajuan sosial, dan meningkatkan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya. Selain itu juga bertujuan untuk memajukan perdamaian dan stabillitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesepakatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan cara damai.

Agar Lebih Lengkap, BACA JUGA => PROFIL SINGKAT NEGARA ASEAN

ASEAN memiliki wilayah daratan seluas 4.46 km2 atau setara dengan 3% total luas daratan di Bumi, dan memiliki populasi yang mendekati angka 600 juta jiwa atau setara dengan 8.8% total populasi dunia. ASEAN memiliki luas wilayah laut sekitar tiga kali lipat dari luas wilayah daratan. pada tahun 2010, kombinasi nominal GDP ASEAN telah tumbuh hingga 1,8 Triliun Donas AS. jika ASEAN adalah sebuah entitas tunggal, maka ASEAN akan duduk sebagai ekonomi terbesar kesembilan setelah AAmerika Serikat, Cina, Jepang, jerman, perancis, Berazil, Inggris, dan italia.

Berikut akan kita bahas mengenai negera-negara yang terhimpun dalam organi ASEAN.

1.Singapura

bendera Singapura

a. Keadaan Alam
Negara Singapura terdiri atas pulau-pulau kecil. Luas Singapura kurang lebih 704 km2.  Singapura adalah negara terkecil di kawasan Asia Tenggara dan negara termaju di atantara negara-negara berwilayah kecil di dunia.
Letak Singapura sangat strategis, Singapura terletak pada posisi silang jalur lalu lintas pelayaran dari negara-negara di Asia Timur, Asia Barat, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia. Possinya yang strategis tersebut imanfaatkan Pemerintah Singapura sebagai pelabuhan transit Internasional. Pemerintah Singapura membangun pelabuhan modern dengan sarana dan prasarana lengkap. Seperti pengangkutan dan gudang.
Pelayanan Pemerintah Singapura sangat baik sehingga banyak kapal singgah di Singapura. Saat ini, Singapura merupakan pelabuhan transit paling ramai se Asia.

b. Bentuk Pemerintahan
Bentuk negara Singapura adalah Republik. Ibukota singapura adalah Singapura. Kepala negara Singapura adalah seorang presiden dan kepala pemeerintahannya adalah perdana menteri, lagu kebangsaan bagi negara Singapura adalah “Majulah Singapura” . dan mata uang yang dipakai oleh negara Singapura adalah dolar Singapura.

c. Kegiatan Ekonomi
Perekonomian singapura sangat bergantung pada jasa perbankan, perdagangan, perhubungan, perindustrian, dan pariwisata. Industri Singapura menghasilkan kapal, barang elektronik dan bahan makanan untuk di ekspor. Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industrinya, Singapura mengimpornya dari negara lain, termasuk juga negara Indonesia.

2. Thailand

bendera thailand

a. Keadaan Alam
Luas negara Thailand (Muangthai) lebih kurang 513.118 km2. Wilayah negara Thailand terbagi menjadi empat bagian, yaitu sebagai berikut :

  • Dataran rendah di bagian tegah dialiri sungai Chao-Phraya. Daerah ini sangat subur di Thailand.
  • Daerah pegunnnungan di bagian utara dan barat. Puncaknya yang tinggi adalah Gunung Doi Inthanon (2.594 mdpl)
  • Pegunungan kapur di bagian timur
  • Semenanjung Thailand Selatan yang berupa  bukit renadah yang meluas sampai keperbatasan dengan Malaysia.

b. Bentuk Pemerintahan
Bentuk pemerintahan negara Thailand adalah kerajaan. Ibu kota negara hailand adalah Bbangkok. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Mata uang negara Thailand adalah Bhat. Lagu kebangsaannya adalah “Phleng Chat”. Thailand merupakan satu-satunya negara aia tenggara yang tidak pernah di jajah oleh bangsa manapun.

c. Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi penduduk Thailand adalah pertanian, kehutaan, pertambangan dan industri. Hasil pertanian yang terbesar negara Thailand adalah beras. Thailand merupakan lumbung padi di Asia tenggara. Hasil hutannya adalah kayu jati. Sektor pertambangannya menghasilkan timah dan mangan. Industri Thailand menghasilkan Tekstil, semen, dan baang elektronik. Penghasilan evisa utama negara Thailand berasal dari industri pariwisata.

3. Malaysia

Bendera Malaysia

a. Keadaan Alam
Luas keseluruhan wilayah Malaysia kurang lebih sekitar 330. 434 km2. Wilayah negara Malaysia terbagi atas :

  • Malaysia Barat dan Malaysia Timur.
  • Wilayah Malaysia bagian barat adalah semenanjung Malaka yang terdiri atas sebelas negara bagian
  • Wilayah Malaisia bagian Timur terletak di sebelah utara Pulau Kalimantan. Wilayah ini terdapat dua negara bagian, yaitu Serawak dan Sabah.
  • Di Semenanjung Malakaterdapat pegunungan dengan puncaknya yang tinggi adalah Gunung Tahan (2.190 mdpl).
  • Di wilayah Timur terdapat pegunungan dengan puncaknya yang tinggi adalah Gunung Kinabalu (4.101 mdpl)

b. Bentuk Pemerintahan
Bentuk negara Malaysia adalah kerajaan. Ibu kotanya adalah Kuala Lumpur. Kepala negaranya bergelar “Yang Di Pertuan Agong”. Kepala negara-negara bagian Malaysia adalah raja. Raja yang Di pertuan Agong dipilih dari para raja negara-negara bagian tersebut.

c. Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi utama penduduknya adalah dibudang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Pertanian merhgasilkan karet, minyak sawit, kopra, teh, lada dan padi. Pertamangan menghasilkan bijih timah, bauksit, bijih besi, dan minyak bumi, malaysia merupakan negara penghasil timah terbesar di dunia. Industri Malaysia menghasilkan barang dari naja dan barang elektronik.

4.    Filipina

bendera filifina

a. Keadaan Alam
Luas wilayah Filipina kurang lebih 300.000 km2. Filipina merupakan negara kepulauan, jumlah pendduknya kurang lebih 7.100 buah. Pulau Lauzon dan Pulau Mindanao adalah pulau-pulau terbesar negara Filipina kepulauan Filipina termasuk daerah pegunungan Lipatan pasifik. Filipina memiliki banyak gunung api yang masih aktif. Gunung tertinggi di Pulau Luzn adalah Gunung Mayon (2.421 mdpl) dan gunung tertinggi di Pulau Mindanao adalah Gunung Apo (1.954 mdpl)

b. Bentuk Pemerintahan
Bentuk negara Filipina adalah rpublik. Iu kota Filipina adalah Manila. Kepala negara Filipina adalam presiden. Mata uang Filipina adalah Peso. Lagu kebangsaannya adalah “Lupang Hinirang”

c. Kegiatan Ekonomi
Mata pencaharian sebagian besar penduduknya adalah di bidang pertanian, mata pencaharian lainnya adlaah yaitu di bidang pertambangan dan perindustrian, hasil pertanian Filipina antara lain padi, kelapa, serat abaka, nanas dan gula. Negara ini dijuluki “Home of the green Revolution” (Rumah Revolusi Hijau). Revolusi hjau adalah gerakan perubahan dalam sistem pertanian agar mengasilkan padi yang berkualitas tinggi dalam waktu ang cpat. Di Laos Banos, terdapat Balai penelitian padi Internasional. Hsail tambang Filipina adalah kobalt, tembaga, emas, nikel, bijih besi, dan minyak bumi.

5.    Brunei Darussalam

bendera brunei

a. Keadaan Alam
Brunei Darussalamterletak di Kalimantan Utara. Luas wilayah kurang bih 5.765 km2. Luas wlayah tergolong kecil, sebanding dengan luas wilayah Kabupaten Aceh Tengah. Negara brunei Darussalam dibagi atas dua wilayah, yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Wilayah barat brunei Darussalam merupakan daerah dataran rendah dengan rawa-rawa, namun pedalamannya sedikit berbukit-bukit. Adapun wilayah rimur merupakan daerah berbukit-bukit. Ketinggian gunung Pagon di Brunei Darusalam mencapai 1.850 km2.

b. Bentuk Pemerintahan
Brunei Darusalam adalah negara yang berbentuk kesultanan. Ibu Kota negara Brunei Darussalam adalah bandar Seri Begawan. Kepala negara dan kepala pemerintahan Brunei Darusalam adalah Sultan. Mata uang Brunei Darussalam adalah Dolar brunei (Br$). Lagu kebangsaan brunei Darussalam adalah “Allah Peliharakan Sultan”.

c. Kegiatan Ekonomi
Brunei Darussalam terkenal sebagai negara pengekspor minyak bumi dan gas alam. Barang yang diimpor negara brunei Darussalam adalah mesin, mobil, barang elektronik, beras dan gula. Brunei Darussalam termasuk ngara Asia Tenggara yang kaya, dengan pendapatan per kapita penduduknya paling tinggi. Negara ini mempunyai istana yang besar dan megah.

6. Kamboja

Bendera Kamboja

a. Keadaan Alam
Luas wilayah kambija kurang lebih 181.035 km2. Negara Kamboja terletak di Semenanjung Indo Cina. Di Kamboja mengalir Sungai Mekong. Daerah di sekitar Sungai Mekong merupakan daerah yang subur. Pegunungan Cardamon panjangnya 160 km dan melintasi perbatasan dengan thailand. Tinggi puncak Pengunungan Cardamon adalah 1.813 mdpl. Di bagian barat laut terdapat danau tonie Sap. Sungai tonie sap beruara di Danau Tonie Sap. Kamboja beriklim tropis.

b. Bentuk Pemerintahan
Bentuk negara Kamboja adalah Republik dengan ibu kotanya Phnom Penh. Kepala negaranya adalah raja. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Mata uang kamboja adalah reil. Bahasa kamboja adalah Khmer, sedangkan lagu kebangsaannya adalah “Nokoreach”

c. Kegiatan Ekonomi
Mata pencarian utama penduduk Kamboja adalah di bidang pertanian. Daerah pertanian banyak terdapat di sepanjang Sungai mekong dan sekitar Danau Tonie sap. Padi termasuk hasil pertanian kamboja yang terbesar. Di samping tanaman padi, Kamboja juga menghasilkan karet dalam jumlah yang sangat besar.

7.   Laos

Bendera laos

a. Keadaan Alam
Laos terletak di semenanjung indocina. Luas negara laos sekitar 236.800 km2. Negara laos di kelilingi pegunungan dan hutan lebat. Pegunungan dan dataran tinggi terdapat di sebelah utara yang membentang di sepanjang batas timur. Puncaknya adalah gunung Bia. Sungai mekong merupakan sungai penting di laos. Sungai mekong mengalir dari barat daya ke arah tenggara di sepanjang perbatasan dengan negara thailand. Sungai mekong juga di manfaatkan sebagai sarana transportasi.
Negara ini memiki iklim musim. Laos merupakan satu satunya negara di kawasan asia tenggara yang tidak memiliki wilayah laut. Negara ini populer dengan sebutan the land locked country, yaitu tanah yang terkunci karena terkeepung oleh 5 negara.

b. Bentuk Pemerintahan
Bentuk negara laos adalah repoblik dengan ibu kotanya Vientiane. Kepala negaranya adalah presiden. Kepala pemberintahanya adalah perdana mentri. Mata uang laos adalah new kip. Bahasa nasional laos adalah bahasa laos.

c. Kegiatan Ekonomi
Mata pencarian utama penduduk laos adalah di bidang pertanian. Kegiatan pertanian banyak di lakukan di sepanjang sungai mekong. Hasil utama pertanian laos adalah padi dan jagung. Hasil lainya berupa sayuran, pisang, pepaya dan kelapa. Selain pertanian, kegiatan ekonomi penduduk laos adalah berternak. Hasil ternak laos antara lain, sapi, babi, kerbau dan unggas.

8. Vietnam

Bendera Vietnam

a. Keadaan Alam
Negara vietnam terletak di semenanjung Indocina. Negara vietnam meliputi seluruh pantai semenanjung indocina. Luas vietnam kurang lebih 331.689 Km2. Wilayah vietnam dapat di bagi menjadi daerah-daerah sebagai berikut :

  • Pegunungan utara terletak di bagian barat laut. Puncak tertingginya adalah Van-Si-Pan (3.143 mdpl)
  • Delta sungai merah membentang dari pegunungan utara sampai teluk tonkin. Wilayah ini merupakan daerah pertanian.
  • Peggunungan annam merupakan rangkaian pegunungan di wilayah barat dari pegungunggan utara sampai 80 km di utara di Ho Chi Minh City.
  • Dataran pantai meliputi wilayah timur, dan bagian tengah, membentang dari Delta dari sungai Merah sampai
  • Sungai Mekong. Delta mekong terbentuk oleh Sungai Mekong. Sungai mekong merupakan sungai yang sering di landa banjir setiap tahunnya. Vietnam beriklim teropis musim

b. Bentuk Pemerintahan
Bentuk negara Vietnam adalah Repoblik Sosialis dengan kepala negara adalah Presiden. Kepala pemerintahanya adalah Perdana Mentri. Ibu kota Vietnam adalah Hanoy, Mata uang Vietnam adalah Dong. Bahasa Nasionalnya adalah bahasa Vietnam

c. Kegiatan Ekonomi
Mata pencarian penduduk Vietnam sebagian besar adalah pertanian. Hasil utama pertanian Vietnam adalah padi. Hasil pertanian lainya, jagung, kapas, ubi jalar, teh dan tembakau. Hasil industri Vietnam antara lain, Tekstil, semen, Pupuk dan Ban. Hasil pertambangannya adalah emas, bijih besi, timah, gamping, fispat dan seng.

9. Myanmar

Bendera Myanmar

a. Keadaan Alam
Dulu negara ini di kenal dengan nama burma. Pada tahun 1989 pemertintahan militer mengganti negara ini menjadi myanmar. Luas negara ini kurang lebih 676.578 km2. Bagian selatan myanmar terdapat pada garis pantai sepanjang teluk benggala dan laut andaman. Di bagian utara yang berbatasan dengan india dan cina merupakan peggunungan yang tinggi. Pegunungan ini merupakan bagian dari peggunungan himalaya
Di bagian timur terdapat dataran tinggi yang memisahkan antara myanmar dan thailand. Bagian tengah merupakan dataran rendah yang di aliri sungai riawadi.
Seperti thailand, myanmar memiliki tiga musim utama yakni, musim dingin(oktober-febuari), musim panas(maret-juni), dan musim hujan(juni-september).

b. Bentuk Pemerintahan
Myanmar adalah salah satu naegara di asia tenggara yang berbentuk republik.kepala negara dan kepala pemerintahanya pemarinatahanya aadalah ibu kotanya adalah naypyitawsjak maret 2006sebalumnya,ibukkota myanmaradalah yangoon.mata uang nya adalah kyat

c. kegiatan ekonomi
Mata pencarian penduduk myanmar adalah di bidang pertanian , perkebunan ,dan pertambangan.hasil utama pertanian myanmar adalalah dibadang pertanian.myanmar merupakan salah satu negara peng hasil padi terbesar di asia tenggara.hasil perkebunanya antara lain tebu dan kayu jati.hasil pertambanganya antara lain seng, tembaga,emas,perak,timah dan minyak bumi.

10. Timor Leste

Bendera Timur Leste

Timor leste berarti timor timur atau east timor.orang timor leste sering juga mnyebut negrinya timor lorosat yang berarti ‘’tanah matahari terbit’’.tanggal 28 november 1975,timor timur sempat memprolamasikan diri sebagai negara merdeka dari portugal.negeri ini mengangkat francis xafieramraldemokratiktimor.akan tetapi setelah itu terjdi pertikaian antar partai politik di negri itu pertikaian itu berujungpada konflik bersenjata.

Atas dukungan Amerika Serikat dan Australia ,tanggal 7 Desember1975,Indonisia memutuskan untuk memasuki Timur Timur melalui Operasi Sroja. Oprasi ini dilakukan untuk mengakhiri kekacauan politik di negri itu. Melalui deklarasi Balibao, sejak tanggal 30 November 1975, Timor Timur secara resmidinyatakan berintenigasi denga negara kesatuan republik Indonisia. Timor Timur pun menjadi provisi Indonisia yang ke 29.

Bergabungnya Timor Timur dengan Indonisia terus dipermasalahkan dunia. Akhirnya, melalui kesepakatan tanggal 5 Mei1999, antara Indonisia dan potuagal di bawah naungan sekjen PBB, di ada kan jajak pendapat. Pilihanya ada dua, yaitu tetap bergabung dengan Indonisia atau dari negara kesatuan Indonisia merdeka mendirikan nergara sendiri. Tanggal 30 Agustus 1999, Timor Timur melaksanakan penentuan pendapat yang di menangkan oleh simpatisan prokemerdekaan. Timor Timur pun lepas dari negara kesatuan Indonisia menjadi negara merdeka. Tanggal 20 mei 2002, PB secarar resmi menyerahkan kedaulatan Timor Timur.

a. Keadaan Alam
Berdasarkan kenampakan alam, Timor Leste terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah. Banyak sungai yang bermuara di laut Timor Timur dan Selat Water. Daerah pantainya berpasir dan banyak pula pantai terjal berbatu dan karang. Kapal-kapal dapat berlabuh dengan aman pada kedalaman 10 meter. Pada musim barat, nelayan harus lebih berhati-hati karena ombak menjadi lebih besar.

b. Bentuk Pemerintahan
Setelah melepaskan diri dari Indonesia, secara ersmi Timor timur bernama Republik Demokratik Timor Leste. Kepala negaranya adalah presiden dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Ibu kotanya terletak di kota Dili. Mata uangnya adalah Dolar.

c. Kegiatan Ekonomi
Sebagian besar penduduk Timor leste bermata pencaharian di bidang pertanian dan pternakan. Sebagian penduduknya bekerja di bidang pertambangan dan industri. Hasil pertaniannya meliputi padi, jagung, sayuran, kentang dan kacang-kacangan. Hasil peternakannya antara lain kuda, sapi, babi dan kambing. Hasil perkebunan meliputi kayu cendana, kopi, cengkeh, lada dan kelapa sawit. Hasil tambangnya antara lain minyak, emas, mangan, dan marmer. Keadaan ekonomi negara Timor Leste secara umum masih lemah karena keaaan politik di negara ini masih belum stabil.

11. Indonesia

Warga Negara Indonesia

Indonesia merupakan suatu negara kepulauan terbesar dunia yang mempunyai 17.508 pulau. Pulau-pulau Indonesia terbentuk pada jaman antara lain Palaeocene ( 70 juta tahun sebelum masehi). Pengetahuan berikut sangat bermanfaat untuk meperjelas pengetahuan tentang dasar negara, posisi geografis, sejarah geologi, demografi, ekonomi, seni budaya, dan politik Indonesia tercinta.

Posisi Geografis Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dunia yang mempunyai 17.508 pulau. Indonesia terbentang antara 6 derajat garis lintang utara sampai 11 derajat garis lintang selatan, dan dari 97 derajat sampai 141 derajat garis bujur timur serta terletak antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia/Oceania. Posisi strategis ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi.

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Apabila perairan antara pulau-pulau itu digabungkan, maka luas Indonesia menjadi 1.9 juta mil persegi.
Lima pulau besar di Indonesia adalah : Sumatera dengan luas 473.606 km persegi, Jawa dengan luas 132.107 km persegi, Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia) dengan luas 539.460 km persegi, Sulawesi dengan luas 189.216 km persegi, dan Papua dengan luas 421.981 km persegi.

Baca Juga :

Kenampakan Alam Negara Asean
Julukan Negara Di Dunia
Pengertian Koprasi

Incoming search terms:

  • asia tenggara
  • Negara Asean
  • negara asia tenggara
  • negara negara asean
  • profil negara asean lengkap
  • 11 negara asia tenggara
  • profil negara asia tenggara
  • negara negara asia tenggara
  • negara di asia tenggara
  • negara negara di asia tenggara
Profil Negara Negara Asia Tenggara (ASEAN) Lengkap | yasri | 4.5