Proses Pembuahan, Pertumbuhan, Dan Perkembangan Embrio Manusia

Sobat genggaminternet.com kali ini kita masih akan tetap membahas materi biologi yang tentu saja merupakan salah satu materi paling saya sukai untuk update di website ini, akan tetapi bukan berarti materi lain tidak akan saya update. tenang saja sobat untuk materi lainya kedepanya akan kembali saya update di website ini kok, jadi sobat harus matengin terus postingan-postingan yang ada di website ini agar nantinya sobat tidak ketinggalan Informasi dari kami, karena akan sayang sekali jika sobat harus ketinggalan info dari kami. Baiklah sobat di kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai artikel yang berjudul Pertumbuhan dan Perkembangan Embrio. jika sobat sudah pernah membaca artikel sebelumnya yang saya bagikan di website ini beberapa waktu yang lalu tentu sobat sudah mengerti yang mana di kesempatan yang lalu kita sudah pernah membahas mengenai sistem reproduksi pada pria dan juga sistem reproduksi pada wanita, maka untuk kali ini adalah Proses setelah terjadinya pembuahan, yang mana terjadinya proses pertumbuhan janin dalam rahim, dan tentunya banyak sobat yang bertanya bagai mana proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan, atau pertumbuhan dan perkembangan embrio 0-9 bulan, proses pembentukan janin, Nah pada artikel yang ini kita akan mencoba menjawabnya secara singkat yang mudah-mudahan saja nantinya sobat bisa lebih memahami tentang proses pembentukan janin ini. baik sobat yang penasaran mari langsung saja kita lihat di bawah ini.

Pertumbuhan Embrio

Saat ovulasi, Ovarium akan mengeluarkan sel telur matang (Ovum). Ovum kemudian akan di tangkap oleh corong yang terdapat pada saluran telur (oviduk). Saat terjadi kopulasi, seperma akan terjadi menuju Rahim kemudian menuju kesaluran telur. Pada saluran ini terjadi pembuahan (Fertilisasi). Bila terjadi pembuahan maka akan terbentuk Zigot. Zigot akan terus membelah membentuk embrio kemudian bergerak menuju uterus (Rahim). Embrio ini kemudian akan melekat dan tertanam di dinding Rahim. Peristiwa itu di sebut dengan implantasi. Setelah embrio melekat akan terbentuk plasenta diantara embrio dan dinding Rahim. Plasenta merupakan organ lunak berbentuk piringan Yang memiliki fungsi sebagai berikut ini :

  1. Memasok sari-sari makanan dan kebutuhan Oksigen dari ibu ke janin
  2. Membuang sisa sia metabolisme dari janin ke Ibu
  3. Mencegah masuknya penyakit dan bahan kimia berbahaya ke tubuh janin
  4. Memberi Sistem Kekebalan tubuh dari ibu ke janin.

Setelah Embrio berumur 30 hari, tangan mulai terbentuk, dan dalam waktu 50 hari . jari akan muncul dan kemudian di ikuti dengan munculnya kaki dan tangan. Sekitar minggu kesembilan, Jenis kelamin bayi sudah dapat di Identifikasi dan embrio disebut dengan Janin. Janin akan tumbuh terus sampai kehamilan mencapai usia sekitar 38 Minggu.

Materi Referensi :

Anggota IKAPAI. 2006. IPA TERPADU 3A. Jakarta: Yudistira. Halaman : 18 – 19.

Baca Juga :

Sistem Reproduksi Pria
Sistem Reproduksi Wanita
Sistem Reproduksi Manusia

Sobat genggaminternet.com semoga saja artikel Pertumbuhan dan Perkembangan Embrio secara singat ini bisa bermanfaat untuk sobat semua yang sedang mencari referensi dalam membuat makalah Biologi tentang Janin ini, jika sibat masih kurang faham atau sobat masih ragu-ragu dan ada yang ingin di tanyakan silahkan saja sobat bisa bertanya langsung kepada saya melalui kotak komentar facebook yang ada di bagian bawah artikel ini, tapi sebelumnya saya merekomendasikan sobat untuk membaca juga artikel sebelumnya yang sudah kami publikasikan di website ini, yang mana linknya kami berikan di atas parafraf ini. Oke sampai di sini dahulu ya sobat, akhir kata dari saya, terima  kasih dan sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.

Incoming search terms:

  • perkembangan embrio
  • pertumbuhan dan perkembangan embrio
  • proses perkembangan embrio
  • perkembangan embrio manusia
  • embrio manusia
  • pertumbuhan embrio
  • pembuahan dan perkembangan embrio
  • perkembangan embrio pada manusia
  • proses pertumbuhan embrio
  • proses pembentukan embrio
Proses Pembuahan, Pertumbuhan, Dan Perkembangan Embrio Manusia | yasri | 4.5