Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) & Pembuluh Balik (Vena)

Manusia membutuhkan darah agar organ-organ dalam tubuh manusia bisa bekerja dengan baik, darah di alirkan keseluruh tubuh melalui Jantung yang memompa Darah agar bisa berjalan keseluruh bagian tubuh manusia, ketika melewati seluruh tubuh manusia darah membutuhkan jalan, Jalan tersbut adalah Pemubuh Darah, Ada dua pembuluh yang akan kita bahasa pada kesempatan kali ini.

Pembuluh darah adalah bagian dari sistem sirkulasi yang mengangkut darah ke seluruh tubuh. Ada tigs jenis utama dari pembuluh darah pada manusia, yaitu pembuluh nadi (arteri), pembuluh kapiler, dan pembuluh balik (vena). Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang perbedaan pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Tapi sebelum kita membahas perbedaan keduanya, mari kita pelajari dulu apa itu pembuluh nadi dan apa itu pembuluh balik.

Perbedaan Pembuluh Nadi

Pembuluh Nadi pada manusia

Pembuluh nadi atau arteri adalah pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung. Fungsi ini bertolak belakang dengan fungsi pembuluh balik yang membawa darah menuju jantung. Pembuluh nadi mempunyai 3 lapisan pada bagiannya, yang salah satunya terdiri dari sekumpulan otot yang berada sepanjang saluranini, hal ini karena pembuluh nadi mempunyai tugas yang sangat berat yaitu untuk mengalirkan darah dalam tekanan yang sangat tinggi dan kuat, karena tugasnya ini pembuluh nadi diciptakan lebih kuat bila dibandingkan dengan pembuluh lainnya.

Terdapat beberapa jenis pembuluh nadi pada tubuh:

  1. Arteri pulmonaris

Pembuluh ini membawa darah yang telah dideoksigenasi yang baru saja dialirkan dari paru-paru.

  1. Arteri sistemik

Arteri sistemik membawa darah menuju arteriol dan kemudian ke pembuluh kapiler, di mana zat nutrisi dan gas ditukarkan.

  1. Aorta

Aorta adalah pembuluh nadi terbesar dalam tubuh yang keluar dari ventrikel jantung dan membawa banyak oksigen.

  1. Arteriol

Arteriol adalah pembuluh nadi terkecil yang berhubungan dengan pembuluh kapiler.

  1. Pembuluh kapiler

Pembuluh ini bukan pembuluh nadi sesungguhnya. Di sinilah terjadinya pertukaran zat yang menjadi fungsi utama sistem sirkulasi. Pembuluh kapiler adalah pembuluh yang menghubungkan cabang-cabang pembuluh nadi dan cabang-cabang pembuluh balik yang terkecil dengan sel-sel tubuh. Pembuluh nadi dan pembuluh balik itu bercabang-cabang, dan ukuran cabang-cabang pembuluh itu semakin jauh dari jantung semakin kecil. Pembuluh kapiler sangat halus dan berdinding tipis

Pembuluh darah balik pada manusia

Pembuluh balik atau vena adalah pembuluh yang membawa darah menuju jantung. Darahnya banyak mengandung karbon dioksida. Umumnya terletak dekat permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan. Dinding pembuluhnya tipis dan tidak elastis. jika diraba, denyut jantungnya tidak terasa. Pembuluh vena mempunyai katup sepanjang pembuluhnya. Katup ini berfungsi agar darah tetap mengalir satu arah. Dengan adanya katup tersebut, aliran darah tetap mengalir menuju jantung. Jika vena terluka, darah tidak memancar tetapi merembes.

Dari seluruh tubuh, pembuluh darah balik bermuara menjadi satu pembuluh darah balik besar, yang disebut vena cava. Pembuluh darah ini masuk ke jantung melalui serambi kanan. Setelah terjadi pertukaran gas di paru-paru, darah mengalir ke jantung lagi melalui vena paru-paru. Pembuluh vena ini membawa darah yang kaya oksigen. Jadi, darah dalam semua pembuluh vena banyak mengandung karbon dioksida kecuali vena pulmonalis.

Perbedaan Pembuluh Nadi (Arteri) dan Pembuluh balik (vena)

Perbedaan Pembuluh arteri dan Pembuluh Vena

Berikut ini adalah beberapa perbedaan pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena)

  • Dilihat dari pembuluh darah arteri terletak di bagian tubuh yang agak ke dalam, cukup jauh dari permukaan kulit. Sementara pembuluh darah arteri terletak agar keluar, tidak terlalu jauh dari permukaan kulit.
  • Dari fungsinya pembuluh darah arteri mengangkut oksigen atau O2 keluar jantung. Sementara pembuluh darah vena mengangkut karbon dioksida atau CO2 menuju dari jantung.
  • Jika dilihat dari dinding pembuluh, pembuluh darah arteri memiliki dinding pembuluh yang kuat dan elastis. Sedangkan pembuluh darah vena memiliki dinding pembuluh yang tipis serta tidak elastis.
  • Pembuluh darah arteri mengandung karbon dioksida yang sedikit, kecuali pada arteri pulmonalis. Pembuluh darah ini mengandung oksigen yang sangat banyak, kecuali pada arteri pulmonalis. Sementara pembuluh darah vena mengandung karbon dioksida yang sangat kaya kecuali pada vena pulmonalis. Begitu juga sebaliknya, pembuluh darah vena mengandung oksigen yang sangat sedikit kecuali pada vena pulmonalis.
  • Perbedaan vena dan arteri paling mendasar yaitu pada arah aliran darahnya. Dimana aliran darah pembuluh darah arteri memiliki arah yang keluar jantung. Sedangkan pembuluh darah vena memiliki aliran darah yang sebaliknya yaitu menuju jantung.
  • Pembuluh darah arteri memiliki denyut yang terasa sementara pembuluh darah vena tidak begitu terasa.
  • Aliran darah pada pembuluh darah arteri cukup deras sementara pembuluh darah vena aliran darahnya lambat.
  • Jika terluka, pembuluh darah arteri akan memancarkan darahnya sementara darah pada pembuluh darah vena akan menetes.
  • Darah dari pembuluh darah arteri lebih lambat membeku jika dibandingkan dengan darah di pembuluh darah vena.
  • Pembuluh darah arteri memiliki diameter yang lebih kecil jika dibandingkan dengan pembuluh darah vena. Hal ini dipengaruhi oleh ketebalan dinding pembuluh darah masing-masing.
  • Tekanan pembuluh darah arteri lebih besar dari tekanan pembuluh darah vena.
  • Warna pembuluh darah arteri yaitu merah terang, sementara pembuluh darah vena berwarna merah gelap.

Baca Juga :

Demikianlah uraian dari beberapa perbedaan pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda, Jika teman-teman berkenan maka alangkah baiknya jika teman-teman membagikan artikel ini kepada teman-teman sekalian melalui media sosial yang kalian miliki, Terima kasih atas segala perhatian dan kita akan bertemu kembali di waktu mendatang.