Perbedaan Antara Serum dan Plasma Darah

Salam semangat sobat genggaminternet.com, saatnya kita kembali membahas mengenai materi Biologi yang terntu saja sangat di sayangkan untuk di lewatkan, Materi kali ini ktia akan sedikit membahas lebih dalam tentang Darah. judul artikal kali ini adalah Perbedaan Serum Dan Plasma. jadi buat sobat yang sedang melakukan Penelitian atau Sengan Membuat Makalah, ataupun juga sedang mengerjakan tugas dari sekolah bapak ibu guru maka sobat sudah tepat berada di sini yang InsyaAllah nantinya sobat akan mendapatkan hasil yang lengkap, karena artikel ini saya coba dedikasikan secara lengkap untuk sobat semuanya. untuk lebih jelasnya mari kita simak langsung artikel nya di bawah ini.

Plasma dan Serum merupakan Dua istilah yang sering di gunakan secara bergaintian. Hal ini di yakni bahwa 8% dari total berat badan adalah karena Darah. Dara terdiri atas plasma, serum, sel-sel darah putih dan sel sel darah merah. el darah putih memainkan peran yang sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh (sistem pertahanan Tubuh) sedangkan sel-sel darah merah terlibat dalam transportasi oksigen.

Baca Juga : Macam-Macam Pembuluh Darah

Plasma dan Serum

Taukah anda Kesealahan umum yang sering terjadi pada banyak orang aalah mengatakan ataupun beranggapan Plasma dan serum adalah hal yang sama. Sebenarnya Plasma dan Serum merupakan dua zat yang berbeda dengan larutan prekursor umum dan konstituen yang di kandungnya, yang membuat mereka unik dan diperlukan untuk berbagai prosedur medis. Prekursor umum adalah darah, dan tingkat pemurnian darah merupakan penentu plasma dan serum. Ketika kita mempertimbangkan darah, itu terdiri dari sel-sel darah merah, sel darah putih, trombosit, protein, dan zat cair. Dua zat tersebut di atas yang penting dalam prosedur terapi dan diagnostik pada manusia, dan saat ini berbagai penelitian sedang dilakukan mengenai sifat khusus dari zat ini.

Pengertian Plasma Dan Serum

a. Apakah Itu Plasma.?

Plasma adalah bagian berair di bagian atas darah. Kita akan mampu mengamati plasma, jika kita mengamati darah dalam tabung berdiri selama sekitar satu jam, kita bisa melihat pengendapan sel darah merah dan sel darah putih dengan cairan berwarna seperti jerami. Cairan ini adalah plasma. Plasma mengandung fibrinogen, merupakan faktor penting dalam proses pembekuan dan faktor utama lainnya dari pembekuan. Dengan demikian, cairan berwarna seperti jerami ini yang akan cenderung menggumpal. Plasma ini bisa berputar, sehingga bahan protein dengan massa yang lebih berat cenderung mengendapkan dibawah, meninggalkan plasma dengan pemurnian yang lebih baik. Plasma diperlukan untuk investigasi diagnostik dan terutama untuk transfusi terapi pada orang, yang hipovolemik, kekurangan faktor pembekuan, dll.

Contoh Serum

b. Apakah Itu Serum.?

Serum adalah plasma tanpa faktor pembekuan, terutama fibrinogen tersebut. Jadi serum, tidak menggumpal. Biasanya, untuk memperoleh serum, semua agen pembekuan dalam plasma dikeluarkan melalui pemutaran progresif, atau kita bisa mendapatkan sampel darah dan setelah bagian yang memungkinkan untuk menggumpal diambil. Serum mencakup semua elektrolit lainnya, protein tidak digunakan dalam proses pembekuan, obat-obatan dan racun. Serum manusia biasanya digunakan untuk tujuan pengujian diagnostik. Serum hewan lainnya digunakan sebagai anti racun, anti racun, dan vaksinasi.

Perbedaan Antara Serum dan Plasma

Agar Lebih mudah memahami Perbedaan antara plasma dan Serum alangkah lebih baiknya jika melihat Langsung tabel di bawah ini.

Plasma

Serum

Plasma adalah bagian cair darah, di mana sel-sel darah, nutrisi dan hormon mengapung. Serum adalah bagian cairan darah, tanpa faktor pembekuan atau sel darah.
Komposisi plasma Komposisi serum
  1. air
  2. albumin
  3. globulin
  4. asam amino
  5. Hormon dan Enzim
  6. limbah nitrogen
  7. nutrisi
  8. gas
  9. fibrinogen
  1. air
  2. albumin
  3. globulin
  4. asam amino
  5. Hormon dan Enzim
  6. limbah nitrogen
  7. nutrisi
  8. gas
Prosedur Isolasi plasma

Prosedur isolasi serum

Plasma diekstraksi dengan memutar sampel darah dalam mesin pemisah, dimana sel-sel darah lebih berat menetap di bagian bawah, dan plasma darah yang dikumpulkan dari lapisan atas menggunakan pipet. Untuk mengisolasi serum, sampel darah diperbolehkan untuk membeku. Setelah pembekuan selesai, cairan diekstrak menggunakan stik aplikator. Cairan ini selanjutnya disentrifugasi untuk menghilangkan jejak sel atau penggumpalan.
Penggunaan plasma dalam kedokteran Penggunaan serum dalam kedokteran
Plasma yang paling sering digunakan untuk transfusi untuk orang yang menderita hemofilia atau kelainan pembekuan darah lainnya, imunodefisiensi, shock atau luka bakar. Serum yang paling sering digunakan untuk jenis darah.
Serum ini juga digunakan untuk berbagai tes diagnostik digunakan untuk menentukan kadar hCG, kolesterol, protein, gula, dll, dalam darah.
Mengapa plasma dipisahkan? Mengapa serum dipisahkan?
  1. Plasma dipisahkan dari darah karena hal ini meningkatkan umur panjang – frozen plasma dapat disimpan hingga satu tahun.
  2. Plasma lebih mudah diangkut.
  3. Plasma diganti dalam tubuh setelah 2 – 3 hari, sementara seluruh darah membutuhkan jauh lebih lama, sehingga dapat menyumbangkan lebih sering.
  1. Serum darah memiliki antigen lebih dari darah atau plasma, sehingga lebih mujarab untuk tes.
  2. Antikoagulan dalam plasma atau darah dapat mengganggu reaksi kimia yang digunakan untuk mengukur tingkat konstituen darah.
    ini antikoagulan dalam plasma atau darah dapat menarik air keluar dari sel, menipiskan sampel dan mengubah hasil tes.

Bagai Manakah cara kita Mendapatkan Serum.?

Cara Memperoleh Serum
1. Ambil sampel darah yang diinginkan.
2. Tampung sampel darah ke dalam tabung penyimpan.
3. Diamkan hingga darah membeku (teraglutinasi).
4. Sentrifuse darah dengan kecepatan 3000 rpm selama 10 menit.
5. Ambil cairan di paling atas (berwarna kuning bening), itulah yang disebut serum.

Plasma Darah

Ringkasan :

1. Plasma terdiri dari serum dan faktor pembekuan.
2. Serum adalah bagian dari darah yang kurang faktor pembekuan
3. Sulit untuk serum terpisah dibandingkan dengan plasma

Baca Juga : Bagian Bagian Sel Darah

Sobat genggaminternet.com saya rasa artikel kita kali ini cuku sampai di sini dahulu ya, kita akan bertemu kembali di artikel berikutnya tentu saja di lain waktu, untuk sobat yang ingin membuat makalah atau mengerjakan tugas silahkan saja di ambil data di sini, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya kepada teman-teman sobat baik itu yang ada di Facebook maupun yang ada di Google plus. Terima kasih sudah berbagi.

Incoming search terms:

  • pengertian serum
  • serum adalah
  • perbedaan serum dan plasma
  • perbedaan plasma dan serum
  • pengertian serum dan plasma
  • serum darah
  • apa itu serum darah
  • pengertian serum darah
  • serum dan plasma
  • pengertian plasma dan serum
Perbedaan Antara Serum dan Plasma Darah | yasri | 4.5