Pengertian Wirausaha Menurut Para ahli

Sobat Genggam Intenet, Walaupun saat ini sobat masih duduk di bangku sekolah tidak ada salahnya jika sobat sudah memiliki impian untuk membanguan suatu Bisnis kedepanya, atau ber Wirausaha agar bisa hidup mandiri. mulai dari sekarang jika ada kemauan pasti sobat bisa melakukanya. Kita lihat perjalanan Kisah hidup Chairul Tanjung yang begitu Mempesona, Silahkan sobat baca Kisah hidup dan Biografi Pebisnis Hebat di Indonesia yang mana pada awal-awal usahanya di mulai ketika Dia masih kuliah. Untuk lebih lengkapnya silahkan sobat baca Bukunya yang berjudul Si Anak Singkong. Nah kita akan kembali kepembahasan mengenai Wirausaha. Judul artikel kita kali ini adalah Pengertian Wirausaha. Tentu banyak sobat yang bertanya mengenai Apa sih yang di maksud dengan Wirausaha Menurut Para ahli. dari pada kita terus bertanya-tanya ada baiknya jika sekarang kita langsung saja melihat artikel lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Wirausaha muda

Wirausaha atau kewirausahaan adalah kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir dan bathin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengejar peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas. Wirausaha adalah orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi, oleh karena itu wirausaha perlu memiliki kesiapan mental, baik untuk menghadapi keadaan merugi maupun untung besar.

Wirausaha berasal dari kata wira & usaha, kata wira artinya pahlawan atau pejuang, sedangkan usaha artinya adalah perbuatan, sikap atau berbuat sesuatu. Seorang wirausahawan menurut Joseph Schumpeter adalah seorang inovator yang melakukan berbagai perubahan didalam pasar lewat penggabungan beberapa hal atau sesuatu yang baru.

Adapun sesuatu yang baru tersebut bisa dalam bentuk:

Ada produk baru yang dikenalkan
Ada metode produksi baru yang dikenalkan
Dibukanya pasar yang baru (new market)
Diperolehnya sumber pasokan baru dari komponen yang baru
Dijalankannya suatu organisasi baru pada sebuah perusahaan.

Berikut adalah beberapa definisi pengertian wirausaha menurut oleh para ahli:

1. Andrew J Dubrin
Andrew J Dubrin mendefinisikan wirausaha adalah seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).
2. Acmad Sanusi
Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.
3. Arif F. Hadipranata
Wirausaha merupakan sosok yang mengambil resiko yang dibutuhkan untuk mengelola & mengatur segala urusan serta menerima sejumlah keuntungan financial maupun non financial.
4. Dan Stein dan Jhon F.Burgess
Wirausaha ialah seseorang yang mengorganisasikan, mengelola dan berani mengambil resiko untuk menciptakan sebuah peluang usaha dan usaha baru.
5. Frank Knight
Seorang wirausahawan mencoba untuk menyikapi & memprediksi perubahan pasar. Penjelasan ini menekankan peranan seorang wirausahawan dalam menghadapi ketidakstabilan pada dinamika pasar. Seorang wirausahawan disyaratkan untuk melakukan semua fungsi manajerial mendasar seperti pengawasan & pengarahan.
6. Jean Baptista Say
Seorang wirausahawan ialah agen yang menggabungkan berbagai alat produksi & menemukan nilai dari yang diproduksinya
7. Joseph Schumpeter
Wirausaha ialah seseorang yang mendapat peluang & menciptakan suatu organisasi untuk mengejar sebuah peluang tersebu
8. HarveyLeibenstein
Kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatann yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya
9. Israel Kirzner
Wirausahawan mengenali dan bertindak terhadap peluang pasar. Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio: Kewirausahaan sebagai proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu
10. Kasmir
Wirausaha ialah seorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.
11. Kathleen
Wirausaha ialah seseorang yang menjalankan, mengatur, dan berani mengambil resiko bagi pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.
12. Mas’ud Machfoedz & Mahmud Machfoedz
Wirausaha ialah seorang yang mempunyai inovasi untuk mengubah kesempatan menjadi suatu ide yang bisa di jual, mampu memberikan nilai plus lewat usaya, biaya, waktu dan kecakapan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan
13. Penrose
Kegiatan kewirausahaan mencakup berbagai peluang yang teridentifikasi didalam suatu sistem ekonomi. Kemampuan atau kapasitas kewirausahaan berbeda dengan kapasitas manajerial
14. Peter F Drucker
Sebuah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
15. Raymond
Wirausaha ialah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkanya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.
16. Robbin & Coulter
Kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini
17. Soeharto Prawiro
Kewirausahaan merupakan suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha dan perkembangan usaha.
18. Thomas W Zimmerer
Kewirausahaan ialah penerapan keinovasian & kreativitas untuk pemecahan masalah dan memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.

Baca Juga :

Lembaga Keuangan Non Bank
Pengertian Sistem Ekonomi Komando
Pengertian Proses Bisnis
Pengertian BPR dan BPI

Nah Sobat, Dengan membaca penjelasan di atas, saya harap sobat sekarang sudah memahami dengan baik tentang Pengertian Wirausaha. Seperti biasa ya sob, jika sobat mempunyai berbagai pertanyaan yang ingin di ajukan, silahkan sobat tanyakan di kotak komentar yang ada di bawah ya, Atau untuk anda yang ingin Melakukan Negosiasi Bisnis atau pemasangan Iklan Anda bisa langsung menghubungi saya di From contat us yang telah di sedia kan, Akhir Kata, terima kasih.

Incoming search terms:

  • pengertian wirausaha menurut para ahli
  • wirausaha menurut para ahli
  • pengertian wirausaha menurut
  • pengertian kewirausahaan menurut para ahli
  • pengertian wirausaha menurut ahli
  • wirausaha menurut ahli
  • pengertian wirausahawan menurut para ahli
  • worausaha menurut ahli
  • pengertian kewirausahaan menurut ahli
  • definisi wirausaha menurut
Pengertian Wirausaha Menurut Para ahli | yasri | 4.5