Pengertian Tata Hukum Indonesia Dan Jenis-Jenisnya

Pembahasan kita kali ini sangatlah menarik, dimana kita akan membahas mengeai hal yang akan kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ini sangatlah penting tidak hanya bagi para pelajar akan tetapi untuk masayarakat awan yang nantinya akan lebih mengerti tentang tata hukum indonesia beserta jenis-jenisnya. Kata hukum memiliki banyak sekali sebutan diberbagai Negara Misalnya “Law”, Belanda “Recht”, Jerman “Recht”, Italia “Dirito”, Perancis “Droit”. Hukum hidup dalam pergaulan hidup manusia yang berfungsi untuk memperoleh ketertiban dalam hubungan antar manusia, menjaga jangan sampai seseorang dapat dipaksa oleh orang lain untuk melakukan sesuatu yang tidak kehendaknya, dan lain-lain. Hingga saat ini dapat di pastikan semua manusia yang hidup berkelompok di muka bumi ini sudahlah memiliki aturan tersendiri antar kelompoknya, suku, bangsa maupun Negara yang kita kenal dengan Kata Tata Hukum.
tata hukum

Suatu Kelompok atau suatu Bangsa Menetapkan sebuah hukum untuk bangsa mereka sendiri yang kemudian bangsa tersebut mentaatinya, sehingga tercapai apa yang di harapkan. akan tetapi sifat tata hukum itu berkembang, berubah dan berjalan mengikuti perkembangan masyarakat itu sendiri. sehingga struktur tata hukum pun berubah-ubah. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa tata hukum mempunyai struktur tertentu untuk masing-masing kelompok masyarakat.

Hukum Indonesia

Tata hukum di Indonesia

Tata hukum Indonesia ditetapkan oleh masyarakat hukum Indonesia, yaitu Negara Indonesia. Oleh sebab itu tata hukum Indonesia baru ada setelah lahirnya Negara Indonesia yaitu tanggal 17 Agustus 1945. Pada saat berdirinya Negara Indonesia dibentuk tata hukum Indonesia, hal tersebut dinyatakan dalam:

Proklamasi Kemerdekaan :

  1. “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”.
  2. Pembukaan UUD 1945 : “ Kemudian daripada itu……..disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu susunan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia …”.

Kedua pernyataan tersebut mengandung arti bahwa:

  • Menjadikan Indonesia suatu negara yang merdeka.
  • Penetapan tata hukum Indonesia secara tertulis yaitu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara.

Setelah Mengetahui dengan Pasti apa itu tata hukum dan Lahirnya tata hukum di Indonesia yang sudah pasti akan selalu dinamis, sekarang mari kita mencoba untuk membahas mengenai Jenis-jenis tata hukum yang ada di Indonesia.

Hukum Tata Negara (HTN)

Ketentuan-ketentuan yang mengatur mengenai organisasi dalam mencapai tujuannya dalam kemasyarakatan

Hukum Administrasi Negara (HAN)

Ketentuan-ketentuan yang mengatur mengenai pengelolaan administrasi pemerintahan yang jika dalam arti luas bertujuan dalam mengetahui cara tingkah laku negara dan alat-alat perlengkapan negara

Hukum Perdata

Ketentuan-ketentuan yang mengatur dan membatasi setiap tingkah laku manusia untuk memenuhi kepentingan (kebutuhan)nya atau mengatur kepentingan-kepentingan seseorang.

Hukum Pidana

Ketentuan-ketentuan yang mengatur dan membatasi tingkah laku setiap manusia dalam meniadakan pelanggaran kepentingan umum

Hukum Acara atau Hukum Formal

Peraturan hukum yang mengatur mengenai cara bagaimana mempertahankan dan menjalankan peraturan hukum materal. Tata hukum Acara atau hukum formal dibagi menjadi dua antara lain..

Hukum acara pidana

Ketentuan-ketentuan yang mengatur dalam cara bagaimana pemerintah menjaga kelangsungan pelaksanaan hukum pidana material

Hukum acara perdata

Ketentuan-ketentuan yang mengatur mengenai cara bagaimana mempertahankan dan menjalankan mengenai peraturan hukum perdata material

Begitulah Hukum yang tercipta di Indonesia kita sebagai warga negara yang baik lagi bijaksana seharusnya kita Terus mentaati hukum yang berlaku di indonesia, walaupun pada akhirnya akan ada saja orang yang melanggar hukum, maka teguhkan hati kita agar bisa selalu konsisten dalam mematuhi hukum di indonesia ini, walapun kita menjadi orang yang terakhir yang tidak melanggar hukum, kalau tidak dari diri kita sendiri, mau dari siapa lagi. Terima kasih waktunya telah membaca artikel Pengertian Tata Hukum Indonesia ini, kita bertemu lagi di lain kesempatan, dan Teman-teman bisa membaca artikel sebelumnya yang saya bagikan yakni Pengertian Nasionalisme, terima kasih.

Incoming search terms:

  • Pengertian tata hukum indonesia
  • tata hukum indonesia
  • jelaskan pengertian tata hukum indonesia
  • tata hukum di indonesia
  • pengertian tata hukum
  • jelaskan tentang tata hukum suatu negara
  • tata hukum
  • sistem tata hukum indonesia
  • jelaskan pengertian tata
  • pengertian tata hukum di indonesia
Pengertian Tata Hukum Indonesia Dan Jenis-Jenisnya | yasri | 4.5