Pengertian Struktur Ribosom Dan Fungsi Ribosom (Materi Lengkap)

Di hari yang cerah dan bahagia ini kita masih akan melanjutkan materi tentang Biologi yang tentu saja teman-teman pembaca setia website Genggam internet akan selalu semangat jika mendengar materi Biologi, Kecuali Jika hari sabtu malam minggu Pasti rada jarang ini yang Mencari tugas, Karena sibuk dengan malam mingguan dengan Teman ataupun dengan pacar.hihi. ya di maklumi deh kalau masalah itu. Oh ya sampai lupa kita Judul artikel kita kali ini adalah Pengertian Struktur Ribosom Dan Fungsi Ribosom. Sobat Pernah dengar Ribosom.? pasti di sekolah pernah dengar dan membaca tentang Ribosom dong. saya yakin akan hal itu. di artikel ini akan di bahas mengenai Sejarah Penemuan Ribosom, Struktur Ribosom, Fungsi Ribosom, Letak Ribosom, Biogenesis Ribosom dan Yang terakhir Sifat Ribosom. Baiklah agar tidak memperpanjang artikel ini, mari langsung saja kita melihat artikel pembahasannya di bawah ini.

Dalam sebuah sel terdapat berbagai macam struktur dasar yang memiliki masing-masing manfaat atau fungsi tersendiri. Masing-masing bagian pembentuk struktur dasar dalam sebuah sel saling berkaitan satu sama lain dan fungsinya sangatlah penting. Salah satu bagian yang terdapat dalam struktur dasar suatu sel adalah ribosom. Ribosom adalah organel yang terdiri dari protein ribosom (riboproteins) dan asam ribonukleat (ribonucleoproteins). Kata ribosom terbuat dari mengambil ‘Ribo’ dari asam ribonukleat dan menambahkannya ke ‘soma’, kata latin untuk tubuh. Ribosom terikat oleh membran tetapi mereka tidak berselaput. Ribosom terdapat dalam sitoplasma dan mempunyai fungsi yang amat penting dalam suatu sel. Sebuah ribosom adalah organel sel. Ini berfungsi sebagai mikro-mesin untuk membuat protein. Ribosom terdiri dari protein khusus dan asam nukleat.

ribosom

Ribosom yang terdapat dalam sitoplasma dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu ribosom bebas dan juga ribosom terikat. Meskipun berbeda satu sama lain, keduanya memiliki fungsi yang sama dalam mensintesis protein yang bermanfaat untuk membantu sel dalam menjalankan aktivitas. Berikut ini pengertian masing-masing kategori ribosom tersebut, yaitu:

  • Ribosom bebas merupakan struktur sel yang tersebar luas pada bagian sitoplasma.
  • Ribosom terikat merupakan struktur ribosom yang umumnya menempel pada bagian retikulum endoplasma atau biasa disebut dengan retikulum endoplasma kasar alias RER.

Struktur Ribosom

Ribosom memiliki dua komponen utama yang disebut subunit besar dan subunit kecil. Kedua unit datang bersama-sama ketika ribosom siap untuk membuat protein baru. Kedua subunit terdiri dari untai RNA dan protein yang beragam.

Subunit besar
subunit besar berisi lokasi di mana ikatan baru yang dibuat saat membuat protein. Hal ini disebut “60S” dalam sel eukariotik dan “50S” dalam sel prokariotik.

Subunit Kecil
Subunit kecil sebenarnya tidak terlalu kecil, hanya sedikit lebih kecil dari subunit besar. Hal ini bertanggung jawab untuk aliran informasi selama sintesis protein. Hal ini disebut “40S” dalam sel eukariotik dan “50S” dalam sel prokariotik.

Huruf “S” dalam nama subunit adalah satuan ukuran dan singkatan unit Svedberg.

Fungsi ribosom

Ribosom memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dan mempunyai peran tersendiri dalam pembentukan sebuah sel. Fungsi utama dari ribosom tersebut yaitu untuk memproduksi dan juga mensintesis zat protein yang ada di dalam sel.

Di dalam sel, ribosom berada di dua wilayah sitoplasma. Beberapa ribosom ditemukan tersebar di sitoplasma (disebut sebagai ribosom bebas), sementara yang lain yang melekat pada retikulum endoplasma (ribosom terikat). Dengan demikian, permukaan retikulum endoplasma ketika terikat dengan ribosom disebut retikulum endoplasma kasar (RER). Kedua ribosom bebas dan ribosom terikat memiliki struktur yang sama dan bertanggung jawab untuk produksi protein.

Berbicara tentang fungsi utama ribosom, mereka memainkan peran dalam perakitan asam amino untuk membentuk protein tertentu, yang pada gilirannya sangat penting untuk melaksanakan kegiatan sel. Seperti yang kita tahu mengenai produksi protein, asam deoksiribonukleat (DNA) pertama menghasilkan RNA (messenger RNA atau mRNA) oleh proses transkripsi DNA, setelah itu pesan genetik dari mRNA diterjemahkan menjadi protein selama translasi DNA.

struktur ribosom

Untuk lebih tepat tentang sintesis protein oleh ribosom, urutan untuk perakitan asam amino selama sintesis protein yang ditentukan dalam mRNA. mRNA disintesis dalam nukleus kemudian diangkut ke sitoplasma untuk lebih lanjut melakukan sintesis protein. Dalam sitoplasma, dua subunit ribosom mengikat sekitar polimer mRNA dan protein disintesis dengan bantuan RNA transfer (tRNA), sesuai dengan kode genetik. Ini seluruh proses sintesis protein juga disebut sebagai dogma sentral.

Biasanya, protein disintesis oleh ribosom bebas digunakan dalam sitoplasma itu sendiri, sementara molekul protein yang diproduksi oleh ribosom terikat diangkut luar sel. Mengingat fungsi utama dari protein ribosom dalam membangun, dapat dimengerti bahwa sel tidak dapat berfungsi tanpa ribosom.

Baca Juga :

Ringkasan Jaringan Tumbuhan
Jaringan Dewasa
Fungsi Jaringan Ikat
Gerak Pada Manusia

Sobat saya rasa penjelasan tentang Ribosom di atas sudah cukup komplit ya, Sehingga saya rasa untuk artikel kali ini kita akan sudahi sampai di sini dahulu, Jika teman-teman punya pertanyaan seputar Ribosom ataupun tentang materi biologi silahkan saja sobat tanyakan di Kotak komentar facebook di bawah ya sob, Insya Allah akan secepatnya saya jawab. Dan untuk yang ingin Jalan Jalan Santai malam minggu, Harap di perhatikan Kelengkapan dan keselamatan kendarannya ya, Ingat selalu keselamatan itu hal penting, karena orang-orang tersayang di sekeliling sobat selalu menantikan kehadiran sobat tanpa kurang apapun, Oke sampai di sini dahulu, terima kasih.

Incoming search terms:

  • fungsi ribosom
  • struktur ribosom
  • struktur dan fungsi ribosom
  • fungsi dari ribosom
  • fungsi utama ribosom
  • fungsi ribosom dalam sel tubuh
  • pengertian ribosom
  • apa fungsi ribosom
  • bagian bagian ribosom
  • materi ribosom
Pengertian Struktur Ribosom Dan Fungsi Ribosom (Materi Lengkap) | yasri | 4.5