Pengertian Statistik Lengkap Menurut Para Ahli

Kita bersua kembali ke materi yang tentu saja tidak kalah menariknya dengan materi-materi sebelumnya yang pernah saya bagikan di website ini, Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel yang berjudul Pengertian Statistik Dan Manfaat Statistik. Tentu sobat banyak yang bertanya tentang Statistik, nah di kesempatan kali ini kita akan membahas secara tuntas, semoga saja nantinya sobat bisa memahaminya dengan sebenarnya ya, mari kita langsung lihat materinya di bawah ini.

Baca Juga : Rumus Integral Trigonometri

Statistik adalah salah satu ilmu yang berasal dari matematika dimana ilmu ini sangat berguna untuk kehidupan manusia. Dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, berhitung selalu diajarkan karena dalam hidup kita tidak bisa lepas dari hitung menghitung. Statistik yang diajarkan pun sesuai dengan tingkatannya. Untuk itu mari kita bahas statistik dari awal, mulai dari pengertian menurut para ahli hingga pengertian statistik secara umum.

Statistik

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

1. Croxton dan Cowden
Dari 2 ilmuwan ini mengungkapkan bahwa statistik adalah cara atau metode untuk mengumpulkan data, mengelola kemudian menyajikannya dan bisa juga menginterpretasi data yang berwujud angka.
2. Anderson dan Bancroft
Menurut pendapat 2 hali selanjuntnya, statistik ialah ilmu pengetahuan yang memiliki metode atau cara paling efektif dalam mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan mentrasnfofrmasikan data.
3. Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.,
Statistik ialah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan metode pengumpulan data, baik dalam mengelola dan menganalisa data serta menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisa yang dilakukan.
4. Steel dan Torrie
Statistik adalah sebuah cara yang digunakan untuk menilai sesuatu dan bersifat induktif.
5. J.Supranto
Yang terakhir adalah sebuah data yang berbentuk kuantitatif dan bisa digunakan untuk menganalisas data, mengambil kesimpulan dan menyajikan data.

Pengertian Statistik Secara Umum

Secara umum, statistik ialah angka yang mampu menerangkan atau menjelaskan sesuatu dimana angka tersebut masih acak dan butuh untuk dianalisa dan dihitung agar menjadi nilai sempurna secara keseluruhan.

Manfaat Statistik

Statistik memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari dimana dapat membantu manusia dalam mengerjakan data dan menyelesaikannya dengan rumus-rumus tertentu yang menjadi panduan dalam perhitungan statistik.

Berikut ini adalah manfaat statistik dalam kehidupan.

1. Membantu seseorang dalam memecahkan masalah yang tidak bisa menggunakan perhitungan biasa.
2. Membantu menyelesaikan perhitungan data yang rumit, biasanya digunakan untuk para ahli teknik.
3. Mampu menyelesaikan perhitungan dengan menggunakan metode yang lebih cepat dan efektif.
4. Mensimulasi data untuk menyajikan data yang dibutuhkan.

Demikian adalah pengertian dan manfaat statistik dalam kehidupan sehari-hari. Bila ita bisa memanfaatkan statistik dengan maksimal kita akan menghadapi permasalahan dengan tenang. Karena statistik seperti masalah rumit yang susah untuk diselesaikan, namun pada kenyatannya statistik adaah sebuah metode untuk menyelesaikan masalah dengan cara perhitungan.

Baca Juga : Kinematika Gerak DAN Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan

Dibutuhkan ketelitian dalam menghitung statistik, rumusnya pun dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Hal ini pula yang menuntut seseorang untuk menekuni statistik dengan baik dan harus sabar dalam menyelesaikan setiap rumus dan perhitungan yang ada. Semoga Anda paham dengan pengertian diatas dan bisa menyelesaikan soal statistik dengan mudah.

Incoming search terms:

  • pengertian statistik
  • pengertian statistik menurut para ahli
  • statistik lengkap
  • pengertian statistik lengkap
  • pengertian statistik menurut para ahli dan tahunnya
  • pengertian statistik dan cara perhitungannya
  • pengertian lengkap statistik
  • Para Ahli Statistik Beserta Pendapatnya
  • definisi ketelitian menurut para ahli
  • artikel pengertian statistika menurut para ahli
Pengertian Statistik Lengkap Menurut Para Ahli | yasri | 4.5