Pengertian Sosiologi Secara Lengkap Menurut Para Ahli

Sobat Genggam Internet kita bertemu lagi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Materi Sosiologi dan ini pembahasan kita yang pertama kali tentang sosiologi ya, Dan judul yang akan kita angkat adalah Pengertian Sosiologi Secara lengkap Menurut Para Ahli,  Sosiologi adalah materi yang menarik untuk kita bahas, oleh karenanya di hari ini saya bersemangat untuk membahasnya di website genggaminternet.com ini, mari kita ke materi pembahasanya.

Sebelum lebih jauh membahas tentang pengertian sosiologi maka alangkah lebih baiknya jika kita memahami dahulu Istilah kata sosiologi itu sendiri, Sosiologi berasar dari bahasa latin yakni dari kata “socius” dan “logos”. socius artinya teman dan logos artinya berbicara, mengajar atau ilmu. Jadi, secara etimologis sosiologi merupakan ilmu tentang pertemanan. Dalam kasus ini teman dapat di artikan sebagai kawan maupun lawan. Misalnya, seorang saingan dalam lomba matematika juga termasuk socius. Jadi, pengertian teman dalam hal ini memiliki lingkupan yang lebih luas sehingga menjadi ilmu pengetahuan tentang pergaulan hidup manusia atau masyarakat. sedangkan menurut KBBI Karangan Poerwodarminto di katakan bahwa hubungan antar teman di sebut masyarakat, sehingga ilmu pengetahuan sosial juga dapat di sebut ilmu kemasyarakatan.

teori sosiologi

Taukah sobat ilmu sosiologi lahir pada abad XIX, Pelopornya merupakan seorang ahli filsafat perancis bernama Auguste Comte (1798-1857).Di dalam karyanya yang di beri judul Course of Positive Phylosophy(1 844), Comte menyebut kajian tentang kehidupan sosial manusia dengan kata sosiologi. Bangsa Barat lalu menggelarinya sebagai bapak Sosiologi Modern. Karena manusia yang menjadi objek kajian sosiologi itu bersifat dinamis, maka para pemikir dapat meninjaunya dan berbagai sudut pandang. Lahirlah berbagai definisi tentang sosiologi. Menurut para ahli tentang pengertian sosiologi diantaranya seperti di bawah ini.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

1. Auguste Comte

Menurut Auguste Comte SOsiologi merupakan studi positif tentang hukum-hukum dsat dari berbagai gejala sosial yang di bedakan menjadi sosioogi statis dan sosiologi dinamis.

Bapak Sosiologi

Pada Tahun 1939 Agus comte Pertama kalinya menggunakan istilah Sosiologi, yakni seorang filsafat kebangsaang prancis.Auguste Comte merupakan orang yang pertamakali menggunakan istilah sosioogi sebagai pendkatan khusus untuk mempelajari masyarakat. selain itu juga, Auguste Comte juga memberi sumbangan yang paling penting terhadap sosioogi, Oleh karena itu para ahli sepakat untuk menyebutnya sebagai ‘Bapak Sosiologi’.

2. Pitirim A. Sorokin

Pengertian Sosiologi

Menurut Pitirim A. Sorokin Sosiologi adalah ilmu yang memperlajari :

1. Hubungan serta Pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, misalnya antara gejala ekonomi dan agama, keluarga dan moral,dsb
2. Hubungan serta pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non sosial contohnya adalah: dengan gejala geografis, biologis, dsb

3. Emile Durkheim

Ahli sosiologi

Menurut Emile Durkheim sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari fata sosial, fakta sosial merupakan cara bertindak, berfikir dan mampu melakukan pemaksaan dari luar terhadap individu.

4. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkoff

Menurut kedua orang ini Sosiologi merupakan penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial.

5. Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dalam kelompok.

6. Paul B. Horton

Menurut Paul B. Horton Sosiologi merupakan ilmu yang memusatkan kajian pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

7. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto Sosiologi merupakan ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

8. Max Weber

ahli sosiologi
Menurut Max Weber Sosiologi merupakan ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. Tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan dan berorientasi pada perilaku orang lain.

9. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Menurut kedua orang ini Sosiologi merupakan ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

10. J. A. A. Von Dorn dan C. J. Lammers

sedangkan menurut kedua orang ini Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

11. Mayor Polak

menurut Mayor Polak Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat secara keseluruhan, yakni hubungan antara manusia satu dengan manusia lain, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik kelompok formal maupun kelompok informal atau baik kelompok statis maupun kelompok dinamis.

12. Hassan Shandily

sedangkan menurut Hassan Shandily Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antara manusia yang menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama cara terbentuk dan tumbuh, serta berubahnya perserikatan-perserikatan hidup serta kepercayaan.

Baik sobat genggam internet Setelah kita membaca Berbagai pandangan tentang sosiolgi menurut para ahli, maka kita bisa menyimpulkan bahwa sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang objek studinya merupakan masyarakat.soiologi memusatkan kajian pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut, adat istiadat, tradisi, nilai-nilai hidup satu kelompok, pengaruhnya terhadap kehidupan kelompok, proses interaksi di antara kelompok dan perkembangan lembaga-lembaga sosial merupakan perhatian sosiologi.

Saya Rasa artikel untuk kali ini kita cukupkan sampai disini dahulu ya, kita akan bertemu lagi di lain kesempatan, Materi tentang Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli ini sangat menarik bukan, Jika teman-teman punya pertanyaan atau keritik serta saran silahkan saja langsung teman-teman hubungi admin melalui Contact Us di bawah website ini ya, terima kasih.

Incoming search terms:

  • pengertian sosiologi
  • teori sosiologi menurut para ahli
  • pengertian sosiologi menurut mayor polak
  • objek kajian sosiologi menurut para ahli
  • pengertian sosiologi menurut para ahli
  • Definisi Sosiologi
  • mayor polak
  • sosiologi menurut mayor polak
  • pengertian sosiologi menurut auguste comte
  • definisi sosiologi menurut Mayor Polak
Pengertian Sosiologi Secara Lengkap Menurut Para Ahli | yasri | 4.5