Pengertian Sinkronisasi Sistem Operasi Lengkap

Dalam bangku pendidikan dikenal istilah sinkronisasi sistem operasi lengkap. Nah untuk Anda yang balum paham mengenai istilah baru ini, maka ijinkanlah kami menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan  sinkronisasi sistem operasi lengkap.

Pengertian Sinkronisasi Sistem Operasi Lengkap

Definisi sinkronisasi adalah suatu proses dimana proses tersebut saling bersamaan dan saling berbagi data bersama yang mengakibatkan race condition atau lebih dikenal dengan inkonsistensi data.

Sinkronisasi menjadi penting karena bisa menghindari sesuatu yang tidak konsisten akibat data akses yang kurang akurat. Jadi dalam melakukan sinkronisasi ini dilakukan dalam waktu yang bersamaa. So kesimpulan dari sinkronisasi adalah sesuatu yang dilakukan bersama diwaktu yang sama pula untuk menghindari data yang tidak akurat.

Pengertian Sinkronisasi

Perangkat Sinkronisasi Sistem Operasi Lengkap

Setelah Anda mengetahui pengertian dari sinkronisasi sekarang saatnya Anda mengetahui beberapa perangkat tentang sinkronisasi sistem operasi lengkap. Dalam perangkat ini terdapat istilah dengan nama intruksi t-test yang berarti intruksi atomik yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah critical section. Dalam membuat test Anda dapat menggunakan analogi seperti dibawah ini.

function test-and-set (var target; boolean) boolean;
begin
test-and-set ; = target:
target : = true ;
end

Nah sebelum Anda kebingungan dengan rumus diatas, berikut adalah keterangan dari rumus analogi sinkronisasi.

  • Semafor artinya variabel yang hanya bisa diakses oleh dua buah operasi yaitu increment dan decrement.
    Monitor biasa digunakan untuk menangani masalah yang ada setelah menggunakan semafor.
  • JVM adalah implementasi dari monitor, Anda bisa menggunakan keyword¬† synchronized dalam menggunakan monitor ini.

Setelah mengetahui definis dan perangkat serta analogi dari rumus sinkronisasi ini, berikutnya adalah pengetahuan mengenai manfaat sinkonisasi.

  • Bermanfaat untuk menyimpan data, baik sementara atau pemanen sehingga memudahkan pekerjaan.
  • Jadi dengan menggunakan sistem ini pekerjaan Anda akan lebih terbantu dan lebih efektif karena bisa menghemat waktu.

Selain ada manfata, ternyata ada beberapa masalah dalam sinkronisasi. Masalah tersebut adalah race condition dan critial section.

Apa itu race condition dan critial section ? Berikut pembahasannya untuk Anda.

Race condition adalah keadaan dimana ada 2 atau lebih proses yang sedang mengakses sumber secara bersamaan. Sedangkan critical section adalah menggunakan kode segmen dari proses yang bisa menyebabkan terjadinya race condition.

Demikian adalah informasi seputar sinkronisasi, kebanyakan siswa kejuruan yang menggunakan ilmu ini dalam mengakses data. Sedangkan untuk anak yang belajar dijurusan IPA, IPS dan bahasa jarang mempelajari mengenai sistem yang ada.

Semoga informasi kali ini bisa dipahami dengan mudah dan tidak membuat Anda bingung lagi sehingga memudahkan Anda dalam melakukan praktek sinkronisasi di sekolah dan Anda benar-benar bisa menjalankan praktek dengan baik dan benar. Dan jangan lupa ya sobat bagikan artikel ini kepada teman-teman sobat agar nantinya artikel ini lebih banyak di baca oleh para pelajar/siswa di indonesia agar memudahkan yang lain dalam mencari Referensi tentang Sinkronisasi. Saya yakin teman-teman semua sudah memahami penjelasan di atas, akan tetapi jika ada di antara sobat masih ada yang kurang Faham silahkan saja tinggalkan pertanyaannya di Kotak komentar ya, InsyaAllah akan segera saya Jawab, nah kita cukupkan sampai di sini dahulu pertemuan kita kali ini sob, kita akan bertemu di artikel berikutnya, akhir kata dari saya, terima kasih.

Incoming search terms:

  • sinkronisasi adalah
  • apa itu sinkronisasi
  • pengertian sinkronisasi
  • apa itu sinkronisasi data
  • arti sinkronisasi
  • sinkronisasi data adalah
  • fungsi sinkronisasi
  • sinkronisasi proses
  • sebutkan fungsi sinkronisasi
  • fungsi sinkronisasi sistem operasi
Pengertian Sinkronisasi Sistem Operasi Lengkap | yasri | 4.5