17 Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Tidak bisa kita pungkiri bahwasanya Seni merupakan salah satu bagian dari manusia dari Zaman prasejarah hingga kini, seni begitu melekat dalam jiwa manusia, sehingga tidak bisa terpisahkan hingga kini. Oleh karena begitu dekatnya seni dengan kehidupan manusia maka saya pun semakin tertarik untuk mencoba untuk membahas mengenai Apa itu Seni, Dan juga di artikel ini saya akan mencoba menjawab mengenai pertanyaan Pengertian seni menurut para ahli, baiklah dari pada sobat genggaminternet.com penasaran mari kita langsung kembali ketopik Pengertian Seni Menurut Para Ahli.

Pengertian Seni

Kara seni berasal dari bahasa Sansekerta (sani) yang memiliki arti pemujaan, persembahan dan pelayanan. Jadi kata tersebut memiliki kaitan yang erat dengan Upacara keagamaan yang di sebut juga dengan Kesenian.  Padmapusphita berpendapat bahwa, seni itu berasal dari kata ‘genie’ (bahasa Belanda) yang dalam bahasa latin berarti ‘genius’, tu artinya seni adalah kemampuan luar yang dibawa sejak lahir. Sedangkan jika menurut kajian yang terdapat dalam ilmu eropa disebut dengan ‘art’ yang bisa diartikan sebagai artivisual dari suatu benda yang melakukan suatu kegiatan tertentu. Baca Juga ( Contoh Seni Rupa Murni )

Pengertian Seni

Seiring dengan berkembangnya Zaman, maka bermunculan pula berbagai pendapat yang di sampaikan Oleh para Ahli yang ada di Dunia ini, untuk sekedar mendeskripsikan tentang seni dari sudut pandang mereka. Silahkan langsung saja di simak pengertian Seni menurut 17 Ahli yang Saya rangkum di artikel kali ini.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

1. Ensiklopedi Indonesia
Dikutip dari Ensiklopedi Indonesia bahwa seni adalah ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang senang untuk melihat ataupun mendengarkannya.
2. Padmapusphita
Seni berasal dari bahasa Belanda yaitu “genie”, bahasa Latinnya adalah “genius”, yang berarti kemampuan luar biasa yang dimiliki atau dibawa sejak lahir. Sedangkan menurut kajian ilmu di negara Eropa mengatakan “ART” atau seni bermakna artivisual yakni suatu media yang dapat melakukan suatu aktifitas tertentu.
3. Ki Hajar Dewantara
Menurut Ki Hajar Dewantara seni adalah hasil dari keindahan yang dapat menggerakkan perasaan seseorang tentang keindahan bagi yang melihatnya. Oleh karenanya, perbuatan manusia bisa mempengaruhi dalam menumbuhkan perasaan yang indah itulah seni.
4. Irma Damayanti, M.Sn
Menurut Irma Damayanti, M.Sn seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk diungkapkan, dijelaskan juga sulit untuk dinilai, bahwa setiap individu artis memilih sendiri parameter yang menuntunnya dalam pekerjaannya.
5. Sartono Kartodirdjo
Menurut Sartono Kartodirdjo Seni adalah sebuah sistem yang koheren, karena bisa menjalankan komunikasi secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menunjukkan secara universal.
6. Ira Adriati, M.Sn
Menurut Ira Adriati, M.Sn Seni adalah sebuah proses & produk dalam memilih medium, suatu mindset peraturan untuk menggunakan medium itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dikirimkan melalui ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik itu sensai, gagasan, kepercayaan,maupun perasaan dengan cara yang efektif seefektif mungkin.
7. Prof. Drs. Suwaji Bastomi
Menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi Seni adalah segala kegiatan batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk yang agung dan memiliki daya pembangkit rasa haru dan takjub.
8. Drs. Sudarmaji
Menurut Drs. Sudarmaji Seni adalah segala bentuk manifestasi batin & pengalaman estetis dengan menggunakan berbagai media seperti berbagai bidang, tekstur, garis, tekstur, warna volume dls. Seni juga bisa berarti ungkapan perasaan sang pencipta yang disampaikan kepada manusia supaya mereka bisa merasakan apa yang dirasakan oleh pelukis atau para pencipta seni.
9. Harry Sulastianto
Harry Sulastianto mengemukakan seni budaya sebagai suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide & pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan & imajinasi pandangan akan suatu benda dan suasana, atau karya yang dapat menumbuhkan rasa indah sehingga mampu menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.
10. Ahdian Karta Miharja
Menurut Ahdian Karta Miharja Seni adalah segala bentuk aktifitas rohani yang merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya, dimana bentuk & isinya memiliki daya untuk membangkitkan keindahan tertentu didalam jiwa penikmatnya.

11. Dra.Nuning Y. Damayanti,Dipl.Art
Dra.Nuning Y. Damayanti,Dipl.Art Menjelaskan seni pada awalnya ialah sebuah proses dari diri manusia, sehingga seni itu adalah sinonim daripada ilmu. Seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari  berbagai kreatifitas manusia.
12. Drs. Popo Iskandar
Menurut Drs. Popo Iskandar Seni adalah hasil ungkapan emosi seseorang yang ingin disampaikan kepada orang lain, dilakukan dengan kesengajaan dan kesadaran hidup bermasyarakat.
13. Chatrin Muler
Menurut Chatrin Muler Seni adalah sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta seseorang yang dihasilkan dari unsur rasa.
14. Aristoteles
Aristoteles  Mengemukakan bahwa seni adalah tiruan terhadap alam, namun sifatnya harus ideal atau sempurna.
15. Alexander Baum Garton

Menurut Alexander Baum Garton Seni ialah segala bentuk keindahan yang memiliki tujuan positif untuk menjadikan penikmat seni merasa bahagia.
16. Immanuel Kant

Immanuel Kant Mengungkapkan bahwa seni adalah bentuk yang penampilan dan pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan & seni itu ialah meniru alam.
17. Leo Tolstoy
Menurut Leo Tolstoy  Seni adalah impian karena rumus – rumus tidak mampu mengikhtiarkan kenyataan.

Dari Penjabaran Begitu banyak Ahli kita dapat mengambil sebuah kesimpulan yakni Seni merupakan hasil dari aktifitas batin yang kemudian di refleksikan ke dalam bentuk suatu karya yang kemudian mampu membangkitkan suatu perasaan senang dari orang lain yang melilhat atau pun yang mendengarnya. Maka dalam pengertian ini yang di kategorikan sebagai seni merupakan seluruh kegiatan yang mampu menghasilkan suatu karya yang Indah.

Pembagian Seni

Berdasarkan Media yang di Gunakan, Seni Dapat Kita Menjadi Tiga Bagian, Di antaranya adalah sebagai Berikut ini :

Seni yang dapat dinikmati melalui media pendengaran atau disebut juga dengan audio art. Seperti seni suara, seni musik, puisi, sastra dan pantun.
Seni yang dapat dinikmati melalui  media penglihatan atau disebut juga dengan visual art. Seperti poster, lukisan, seni gerak beladiri, seni teater, seni tari, seni bangunan dan lain sebagainya.
Seni yang dapat dinikmati melalui  media penglihatan atau disebut juga dengan audio visual art. Seperti pagelaran wayang, film dan pertunjukkan musik.

Selain itu Seni sendiri juga terbagi atas beberapa cabang Yakni Seni Rupa, Seni Karya dan SeniSastra. Seni rupa sendiri juga terbagi atas beberapa macam, tergantung dari bentuk dan kegunaanya.
Seni rupa jika ditinjau dari kegunaanya terbagi atas seni rupa murni dan seni rupa terapan, sedangkan jika ditinjau dari segi bentuk terbagi atas 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra).

Baca Juga : Contoh Seni Rupa Terapan

Begitu juga dengan seni sastra yang terbagi atas puisi, pantun, novel yang kemudian berkembang menjadi drama teater dan lain sebagainya.

Contoh Seni

Tujuan penggunaan seni

Manusia sudah mengenal dan memahami seni sejak zaman dahulu, yang digunakan sebagai media untuk berkomunikasi yang direalisasikan dalam bentuk gambar yang menggambarkan kegiatan mereka pada zaman dulu (biasanya terdapat pada dinding-dinding goa prasejarah).
Selain itu, pada zaman dulu seni juga dijadikan sebagai media pemujaan antara alam dan makhluk. Sehingga seni sangat erat kaitannya dengan hal-hal magis dalam suatu kultur. Tetapi beda halnya dengan seni pada zaman sekarang yang sudah berkembang pesat dan memiliki fungsi yang lebih rasional dari sebelumnya.

Baiklah sobat Genggaminternet.com sudah cukup ya materi kali ini tentang Pengertian Seni dan juga klasifikasi dan pembagian ilmu seni, Jika di rasa ada yang masih kurang atau ada yang ingin sobat tanyakan silahkan saja ya, sobat Tinggalkan masukan dan kritik dan saran di kotak komentar, apapun masukan dan Kritikan serta ucapan terima kasih akan sangat kami hargai, Terima kasih.

Incoming search terms:

  • pengertian seni menurut para ahli
  • definisi seni menurut para ahli
  • pengertian seni menurut plato
  • pengertian seni menurut ensiklopedia indonesia
  • seni
  • pengertian seni menurut aristoteles
  • seni adalah
  • definisi seni
  • seni menurut aristoteles
  • pengertian seni menurut ahli
17 Pengertian Seni Menurut Para Ahli | yasri | 4.5