Pengertian RNA, Fungsi, Struktur, dan Jenisnya

Pengertian RNA, Fungsi, Struktur, dan Jenisnya – Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang apa itu RNA beserta perbedaannya dengan DNA.. Tentunya teman-teman sudah mengetahuikan kan Perbedaan Antara DNA dan Juga RNA, Jika sobat masih belum mengetahuinya sobat bisa membaca artikel yang sebelumnya telah saya share kepada sobat semuanya, Jika sobat sudah mengetahui perbedaanya, maka di kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai RNA Secara detail, Mulai dari Pengertian RNA secara lengkap, Kemudian Fungsi Dari RNA, Struktur RNA dan Juga Jenis-jenis RNA, Nah untuk sobat semuanya yang sudah tidak sabar lagi dengan Artikel kali ini Yuk kita langsung disimak penjelasanya dibawah ini.

Pengertian RNA

Asam ribonukleat (ARN) atau ribonucleic acid (RNA) adalah molekul polimer yang terlibat dalam berbagai peran biologis dalam mengkode, dekode, regulasi, dan ekspresi gen. RNA dan DNA adalah asam nukleat, dan, bersama dengan protein dan karbohidrat, merupakan empat makromolekul utama yang penting untuk semua bentuk kehidupan yang diketahui. Seperti DNA, RNA dirakit sebagai rantai nukleotida, tetapi tidak seperti DNA, RNA lebih sering ditemukan di alam sebagai untai tunggal yang melipat ke dirinya sendiri, daripada untai ganda berpasangan. Organisme seluler menggunakan RNA duta (dalam bahasa Inggris: messenger RNA, mRNA) untuk menyampaikan informasi genetik (menggunakan huruf G, U, A, dan C untuk menunjukkan basa nitrogen guanin, urasil, adenin, dan sitosin (dalam bahasa Inggris: cytosine) yang mengarahkan sintesis protein spesifik. Banyak virus mengkodekan informasi genetik mereka menggunakan genom RNA.

RNA

Fungsi RNA

Pada sekelompok virus (misalnya bakteriofag), RNA merupakan bahan genetik. Ia berfungsi sebagai penyimpan informasi genetik, sebagaimana DNA pada organisme hidup lain. Ketika virus ini menyerang sel hidup, RNA yang dibawanya masuk ke sitoplasma sel korban, yang kemudian ditranslasi oleh sel inang untuk menghasilkan virus-virus baru.
Namun, peran penting RNA terletak pada fungsinya sebagai perantara antara DNA dan protein dalam proses ekspresi genetik karena ini berlaku untuk semua organisme hidup. Dalam peran ini, RNA diproduksi sebagai salinan kode urutan basa nitrogen DNA dalam proses transkripsi. Kode urutan basa ini tersusun dalam bentuk ‘triplet’, tiga urutan basa N, yang dikenal dengan nama kodon. Setiap kodon berelasi dengan satu asam amino (atau kode untuk berhenti), monomer yang menyusun protein.

Struktur RNA

Struktur dasar RNA mirip dengan DNA. RNA merupakan polimer yang tersusun dari sejumlah nukleotida. Setiap nukleotida memiliki satu gugus fosfat, satu gugus pentosa, dan satu gugus basa nitrogen (basa N). Polimer tersusun dari ikatan berselang-seling antara gugus fosfat dari satu nukleotida dengan gugus pentosa dari nukleotida yang lain.

Jenis- Jenis RNAJenis- Jenis RNARNA memiliki tiga jenis utama yaitu:

 Transfer RNA (tRNA) 

RNA yang dibentuk dari dalam nukleus, tetapi menempatkan diri dalam sitoplasma. tRNA merupakan RNA yang terpendek dan bertindak sebagai penerjemah kodon dari mRNA. tRNA mempunyai proporsi nukleosida yang lebih relatif tinggi. Transfer RNA (transfer-Ribonucleic acid) atau asam ribonukleat transfer adalah molekul yang menginterpretasikan pesan genetik berupa serangkaian kodon yang disepanjang molekul mRNA dengan cara mentransfer asam-asam amino ke ribosom dalam proses translasi. Tiap tRNA mengandung suatu sekuen dengan tiga rangkaian basa pendek. Seluruh ujung 3′ tRNA mengandung sekuen SSA yang berseberangan dengan sekuen antikodon. Suatu amino tertentu akan melekat pada ujung 3 tRNA. Pelekatan ini merupakan cara berfungsinya tRNA, yaitu dengan membawa asam amino spesifik yang nantinya berguna dalam sintetis protein, yaitu pengurutan asam amino sesuai dengan urutan kodon pada mRNA.

 Ribosomal RNA (rRNA) 

rRNA merupakan ribosom yang mengandung protein dengan massa yang hampir mirip. Molekulnya berupa pita tunggal, tak bercabang dan fleksibel. rRNA terdiri dari 80 persen total RNA yang dalam sel dan pada sel-sel tidak memiliki inti sejati yang terdiri dari beberapa tipe rRNA yaitu 23S rRNA, 16S rRNA, dan 5S rRNA.

 Mesengger RNA (mRNA) 

mRNA merupakan polinukleotida yang berbentuk pita tunggal linier dan disintetis oleh DNA di dalam nukleus. mRNA berupa rantai tunggal yang relatif panjang. Panjang pendeknya mRNA berhubungan dari panjang pendeknya rantai polipeptida yang disusun. Ururtan pada rantai asam amino yang menyusun rantai polipeptida tersebut sesuai dengan urutan kodon yang ada dalam molekul mRNA yang bersangkutan. mRNA bertindak sebagai pola cetakan dalam pembentukan polipeptida. Setiap molekul membawa salinan urutan DNA, yang ditranslasikan dalam sitoplasma menjadi satu rantai polipeptida atau lebih. Fungsi utama dari mRNA adalah membawa kode-kode genetik dari DNA di inti sel menuju ke ribosom di sitoplasma. mRNA dibentuk jika diperlukan dan jika tugasnya telah selesai lalu dihancurkan dalam plasma.

Artikel Pilihan :

Demikianlah ulasan tentang Pengertian RNA, Fungsi, Struktur, dan Jenisnya. Jika nantinya sobat butuh bantuan ataupun ingirn Request artikel-artikel apa saja yang ingin diposting di blog ini, maka dengan besar hati mimin membuka peluang untuk sobat bisa menghubungi mimin di kontak us yang telah mimin sediakan, Mungkin hanya ini yang bisa mimin berikan kepada sobat semuanya, Semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali di artikel mendatang, Terima Kasih.

Incoming search terms:

  • pengertian RNA
  • apa itu rna
  • struktur rna
  • pengertian singkat rna
  • pengertian RNA struktur dan fungsi
  • fungsi rna beserta penjelasan
  • cara membaca struktur RNA rantai tunggal
  • cara membaca struktur RNA
  • tuliskan struktur dan fungsi rna
  • apa yang dimaksud RNA
Pengertian RNA, Fungsi, Struktur, dan Jenisnya | yasri | 4.5