Pengertian Protein, Fungsi dan Sumber Protein

Kali ini kita masih di beri kesempatan untuk bersua kembali sobat genggaminternet.com yang mana materi kali ini kita akan membahas materi biologi yang tentu saja menjadi salah satu materi yang paling banyak di website ini, tapi bukan berarti materi lain tidak kita beri kesempatan ya, hanya saja belum waktunya kita mengupdate berbagai materi lainya, hal ini tentu saja karena keterbatasan admin sebagai penulis, yang belum memiliki karyawan, jadi semua di kerjakan sendiri. lah jadi curhat,hehe. mari kita kembali ketoik pembicaraan kita, Judul artikel kali ini adalah Pengertian protein, sumber protein dan fungsi dari protein itu sendiri, tentu saya yakin dan percaya sobat genggam internet banyak yang bertanya apa si itu yang di maksud dengan metabolisme protein, Apasih jenis-jenis protein itu, serta dari mana sumber protein itu sendiri, nah di artikel inilah akan coba kita bahas secara singkat yang mudah-mudahan saja nantinya bisa membantu sobat semuanya dalam mengerjakan tugas yang di berikan oleh bapak ibu guru sobat, baiklah tanpa membuang waktu lagi mari kita langsung simak penjelasanya di bagian bawah ini sobat.

Protein

1. Pengertian Protein

Protein merupakan bagian terbesar tubuh setelah air. Diperikrakan, seperlima bagian tubuh adalah berua protein. Mereka daat ditemukan didalam otot, tulang, kulit, darah, enzim, hormon dan intraseluler.

Protein merupakan molekul yang mempunyai berat molekul antara 5 ribu hingga beberapa juta. Protein tersususn atas rantai-rantai panjang asam amino yang terikat dalam ikatan peptida. Setiap asam amino terdiri atas unsur karbon, Oksigen dan Nitrogen. Selain itu, pada beberapa asam amino juga di temukan unsur-unsur lainya seperti fosfor, besi, yodium dan kobalt.

Pada umumnya terdapat 20 macam asam amino yang di perlukan tubuh. Sebanyak sepuluh diantaranya sangat di perlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Asam amino demikian disebut asam amino esensial. Jika tubuh mengandung cukup nitrogen, tubuh mampu membentuk asam amino lainya. Asam amino yang dapat dibuat di dalam tubuh di sebut asam amino non-esensial.

Asam Amino Esensial

Asam Amino Non-Esensial
Leusin Prolin
Isoleusin Serin
Valin Tirosin
Triptotan Sistein
Fenilalanin Asartat
Metionin Asparagin
Treonin Glisin
Lisin Asam Glutamat
Histidin Alanin
Arginin Glutamin

2. Fungsi Protein

Fungsi utama protein adalah untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Fungsi protein lainya adalah sebagai berikut ini :

1. Bahan dalam sintesis substansi penting, seperti hormon, enzim, zat antibodi, dan organel sel lainya.
2. perbaikan, pertumbuhan, dan pemeliharaan struktur sel jaringan dari organ tumbuh
3. sebagai sumber energi, setiap gramnya akan menghasilkan 4,1 kalori
4. mengatur dan melaksanakan metabolisme tubuh, misalnya sebagai enzim, protein mengaktifkan dan berpartisipasi pada reaksi kimia
5. Menjaga keseimbangan asam basa dan keseimbangan cairan tubuh. sebagai senyawa penahan/bufer, protein berperan besar dan menjaga stabilitas pH cairan tubuh. sebagai zat larut dalam cairan tubuh. protein membantu dalam pemeliharaan tekanan osmotik di dalam sekat-sekat rongga tubuh.
6. Membantu tubuh dalam menghancurkan ataupun menetralkan zat-zat asing yang masuk kedalam tubuh.

Karena fungsinya yang sangat besar maka apabila tubuh kekurangan protein akan timbul penyakit yang di kenal dengan kwasiorkor. gangguan ini tampak jelas pada anak berumur antara 6 sampai 36 bulan.Kwasiorkor merupakan tanda klinik paling nyata sebagai akibat kekurangan protein.

Gejala khasa dari kwasiorkor antara lain udema, hilangnya simpanan lemak di bawah kulit, terhambatnya pertumbuhan, di ikuti menurunya kemampuan respon saraf psikomotorik. bila kekurangan protein berkepajangan maka orang tersebut akan menderita penyakit busung lapar atau hongerodeem.

3. Sumber Protein

Protein dapat berasal dari hewan dan tumbuhan. Protein yang berasal dari hewan di sebut dengan protein hewan, sedangkan protein yang berasal dari tumbuhan di sebut dengan protein nabati. Sumber-sumber dari protein hewani antara lain dari telur, susu, daging, ikan, dan kerang. Ada pun yang termasuk protein nabati antara lain adalah kacang-kangan terutama kacang kedelai, jagung dan sayuran.

Kekurangan protein pada tubuh dapat menimbulkan kwashiorkor pada anak-anak balita, terutama yang berusia dau hingga tiga tahun. Kwashikor bisa di tandai dengan gejala pertumbuhan yang terhambat, otot-otot melemah, edema, muka bulat seperti bulan, dan gangguan psikomotor. Gejala lainya adalah tidak gembira (apatis), tidak ada nafsu makan, dan kulit kering bersisik.

Sementara itu, kelebihan protein dalam tubuh dapat menimbukan kegemukan atau obesitas. Obesitas umumnya di sebabkan oleh faktor hormonal, metabolisme dalam tubuh, dan faktor sosial. Obesitas sering kali di artikan sebagai kelebihan berat badan sesorang, 20 % di atas ukuran berat badan ideal.

NILAI PROTEIN BERBAGAI BAHAN MAKANAN (GRAM/100 GRAM)

Bahan Makanan Nilai Protein Bahan Makanan Nilai Protein
Kacang Kedelai 34,9 Keju 22,8
Kacang Merah 29,1 Kerupuk Udang 17,2
Kacang Tanah Terkupas 25,3 Jagung Kuning 9,2
Kacang Hijau 22,2 Roti Putih 8,0
Biji Jambu Monyet 21,2 Mi kering 7,9
Tempe K. Kedelai Murni 18,3 Beras Setengah Giling 7,6
Tahu 7,8 Kentang 2,0
Daging Sapi 18,8 Gaplek 1,5
Ayam 18,2 Ketela Pohon 1,2
Telur Bebek 13,1 Daun Singkong 6,8
Telur Ayam 12,0 Bayam 3,5
Udang Segar 21,0 Kangkung 3,0
Ikan Segar 16,0 Wortel 1,2
Tepung Susu Skim 35,6 Tomat Masak 1,0
Tepung Susu 24,6 Mangga Harum Manis 0,4

4. Jenis Jenis Protein

Berdasarkan asalnya, Protein dapat di bedakan menjadi dua jenis, yakni sebagai berikut ini :

a. Protein Hewani
Protein hewani yakni protein yang berasal dari hewan. protein ini sering di sebut dengan first class protein atau protein kelas satu. sebab mengandung asam amino esensial secara lengkap. sumber protein hewani misalnya ikan, daging, susu, telur, larva serangga, lebah, serangga seperti belalang, laron, kepompong dan lain-lain. Bahan makanan yang bersal dari telur, susu, dan daging mengandung asam amino yang lengkap dan cukup untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh disebut makanan yang sempuran proteinya.

b. Protein Nabati
Yaitu protein yang berasal dari tumbuhan, seumber protein nabati antara lain, padi-padian, kacang-kacangan, kelapa, dan sayur-sayuran. protein nabati sering disebut protein kelas dua, sebab pada umumnya mengandung protein tidak lengkap, kecuali beberapa jenis kacang-kacangan seperti kedelai.

Protein terdiri atas senyawa-senyawa sederhana yang disebut asam amino. jenis asam amino sangat banyak, namun secara sederhana dapat dibedakan menjadi asam amino esensial dan asam amnio tidak esensial. asam amino esensial adalah jenis asam amnio yang sangat di perlukan tubuh.

Baca juga :

Sumber Karbohidrat


Pertukaran Gas Manusia
Jamur Fungi
Bagian Sel Saraf

Nah saya rasa untuk artikel pengertian protein kali ini kita cukupkan sampai disini dahulu ya sobat, jika sobat memiliki pertanyaan seputar protein ini slahkan sobat langsung tanyakan di kotak komentar facebook yang ada di bawah ini, dan saya juga selaku admin dari website genggaminternet.com ini akan sangat berbahagia sekali jika sobat membagikan artikel yang baru saja sobat baca ini kemedia sosial ataupun yang lainya, nah semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk teman semuanya, akhir kata dari saya terima kasih.

Incoming search terms:

  • pengertian protein
  • protein adalah
  • definisi protein
  • fungsi dan sumber protein
  • sejarah protein
  • protein yang berasal dari hewan disebut
  • pengertian prot
  • protein disebut juga
  • protein yg berasal dari hewan disebut
  • penjelasan tentang protein
Pengertian Protein, Fungsi dan Sumber Protein | yasri | 4.5