Pengertian Periodisasi Dan Kronologi Dalam Sejarah

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membahas mengenai Pengertian Peeriodisasi serta Kronologi dalam sejarah, yang mana tentu sobat semua sudah sering mendengar tentang kronologi atau kronik serta sobat tentu sering juga mendengar Periodisasi. Tapi saya juga percaya bahwa ada juga sobat yang masih belum memahami makna sesungguhnya dalam konteks sejarah, nah untuk itulah di kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahasnya secara tuntas, tentu saja akan ada banyak pertanyaan sobat tentang materi kali ini misalnya saja, Perbedaan Kronologi dan Periodisasi, Pengertian Kronologi dan Prediosisasi menurut para ahli, Pengertian kronologi dalam sejarah. Kesemua itu akan coba kita bahas satu persatu pada kesempatan kali ini, nah untuk tidak memperpanjang artikel kali ini ada baiknya jika kita langsung membahasnya di bawah ini.

Kronik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia karangan J.S. Badudu dan Sutan Muhammad Zain, kronik adalah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya.

Kronik dalam hal ini adalah daftar angka tahun dengan pernyataan peristiwa-peristiwa. sejerawan peneliti apabila mendapatkan sumber-sumber sejarah seperti prasasti, naskah, rekaman, fosil, artefak, alat-alat dari batu, patung, istana dan lain-lainya akan di teliti secara ilmiah menggunakan alat rontgen dan bahan-bahan kimia untuk menentukan palsu tidaknya suatu dokumen. Bahan-bahan yang lepas itu saja belum bisa disebut sejarah, melainkan baru berupa kronik.

sejarah pengertian

Data-data dari sumber sejarah tersebut baru akan menjadi sejarah apa bila telah di rangkai-rangkaikan secara selaras oleh sejarawan penulis menjadi suatu kisah. meskipun bahan(data) telah teruji secara ilmiah, namun penuliasanya akan di pengaruhi oleh penafsiran sejarawan. dapat pula terjadi. meski bahan-bahan sama persis, namun dua orang sejarawan akan menuliskan dua kisah sejarah yang berbeda.

Kronologis

arti kronologis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh J.S. Badudu dan Sutan Muh. Zain, yaitu berurutan sesuai dengan waktu kejadian yang dalam sejarah biasanya di sebut dengan periodisasi. periodisasi sejarah indonesia terbagi menjadi zaman prasejarah dan zaman sejarah.

zaman prasejarah terbagi menjadi tiga, Yaitu zaman prasejarah, Zaman Protosejarah dan Zaman sejarah.

1. Zaman Prasejarah

Prasejarah berasal dari kata pra dan sejarah. pra artinya sebelum sedangkan sejarah artinya masa yang telah lampau. secara umum orang mengartikan prasejarah adalah suatu zaman ketika orang belum mengenal tulisan. Orang yang mengira-ngira bahwa adanya sejarah itu berdasarkan peninggalan berupa benda-benda purba, baik berupa fosiil-fosil, artefak, ataupun hasil budaya menusia waktu itu. zaman prasejarah indonesia diakhiri pada abad ke 4 Masehi.

2. Zaman Protosejarah

Orang mengartikan zaman protosejarah sebagai zaman ambang sejarah atau zaman mula sejarah. pada zaman ini sudah ada tulisan-tulisan, tetapi sumber tulisan itu berasal dari luar negri dan beritanya masih sangat samar-samar.

3. Zaman Sejarah

Zaman sejarah adalah suatu dimana orang sudah mengenal tulisan, yang dapat memberikan keterangan tentang peristiwa -peristiwa yang terjadi dimasa lampau.

zaman sejarah Indonesia terbagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut.

a. Zaman Kuno, dari abad ke 1 M sampai abad ke 14 M, membicarakan masa berkembangnya Indonesia yang dipengaruhi agama Hindu dan Budha

b. Zaman Baru,  dari abada ke 15 M sampai anad ke 18 M, yang membiacarakan masa berkembangnya budaya Islam sampai jatuhnya mataram dan Banten ketangan Imperialis Belanda.

c. Zaman Moderen, di mulai pada masa pemerintahan hinda belanda (1800) sampai Indonesia merdeka.

Baca Juga :

Pengertian Sejarah


Jenis Jenis Manusia Purba
Sejarah Manusia Purba

Nah demikian artikel singkat tentang Pengertian Periodisasi Dan Kronologi untuk kali ini, jika sobat masih memiliki pertanyaan lain langsung saja sobat tinggalkan pertanyaan sobat di kotak komentar facebook yang ada di bagian bawah artikel ini. akhir kata dari saya, terima kasih dan sampai bertemu di lain kesempatan.

Incoming search terms:

  • pengertian kronologi dalam sejarah
  • pengertian periodisasi
  • periodisasi
  • pengertian kronologi
  • pengertian periodisasi dalam sejarah
  • pengertian kronologis
  • pengertian kronologi dan periodisasi
  • pengertian periodisasi sejarah
  • kronologi dalam sejarah
  • perbedaan kronologi dan periodisasi
Pengertian Periodisasi Dan Kronologi Dalam Sejarah | yasri | 4.5