Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Sobat di kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagai mengenai materi KN yang mana rasanya kita sudah lama tidak mengupdate tentang materi yang satu ini ya sobat, Judul artikel kali ini adalah Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli, Tentu sobat sering banget mendengar Isi pancasila yang Minimal 1 minggu sekali kita dengarkan ketika mengikuti Upacara Bendera. tapi taukah sobat apa makna dari Pancasila itu.? Baiklah untuk menjawab itu mari kita langsung membahas secara singkat di artikel kali ini.

Setiap negara pasti memiliki ideologi, simbol, dasar negara dan konstituensi. Sebuah negara yang berdiri tidak bisa berdiri tanpa memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh peraturan di seluruh dunia. Untuk menjadi negara yang baik, setidaknya sebuah wilayah harus memiliki beberapa persyaratan dari sebuah negara dan memiliki landasan hukum agar kelak negara yang berdiri bisa menjadi negara yang makmur dan sejahtera.

Pancasila

Indonesia telah merdeka sejak tahun 1945 tepatnya ditanggal 17 Agustus. Dalam hal ini Indonesia telah memiliki dan memenuhi beberapa syarat untuk menjadi sebuah negara yang merdeka. Apalagi Indonesia telah memiliki landasan hukum, dasar negara hingga simbol-simbol yang menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara berkarakter yang memiliki jati diri.

Baca Juga : Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi

Salah satu dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Dari sekolah taman kana-kanak hingga di perguruan tinggi, semua siswa yang menuntut ilmu pasti diajari mengenai ilmu Pancasila. Mulai dari menghafal 5 sila dalam Pancasila sampai pada amalan pada butir-butir Pancasila. Hal ini dilakukan agar semua generasi Indonesia mengetahui dan memahami apa itu Pancasila dan seperti apa negara Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi dan ilmu pengetahuan mengenai beberapa pengertian Pancasila menurut para ahli. Berikut uraiannya.

Secara umum Pancasila adalah sebuah landasan dari segala keputusan bangsa Indonesia, Pancasila menjadi ideologi negara dan mencerminkan kepribadian masyarakat Indonesia. Pancasila menjadi dasar yang mengatur negara Indonesia. Pancasila berdasar dari bahasa Sansakerta yang berarti Panca itu lima dan sila adalah dasar. Jadi kesimpulan sederhananya adalah Pancasila merupakan 5 dasar.

1. Ir. Soekarno
Pengertian Pancasila yang pertama diungkapkan oleh presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Beliau menjelaskan bahwa Pancasila merupakan sebuah isi dalam jiwa bangsa Indonesia yang secara turun temurun ada dalam setiap jiwa warga negara Indonesia. Jadi Pancasila bukan hanya falsafah negara melainkan juga falsafah bangsa Indonesia.
2. Muhammad Yamin
Menurut Muhammad Yamin, Pancasila adalah kata yang berasal dari Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti sendi, jadi Pancasila adalah 5 sendi yang menjadi dasar dan peraturan untuk mengatur tingkah laku masyarakat menjadi lebih baik.
3. Notonegoro
Sedangkan menurut Notonegoro, Pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia. Jadi bisa disimpulkan bahwa Pancasila menjadi ideologi negara Indonesia dan menjadi pandangan hidup bagi bangsa Indonesia.

Pancasila adalah sebuah dasar negara yang telah dibuat para pendahulu kita, mereka para pahlawan bangsa berkorban untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan membuat dasar negara sehingga sampai detik ini negara Indonesia masih kokoh berdiri. Selain membuat Pancasila, para tokoh nasional juga membuat Undang-Undang Dasar 1945 yang menjadi pelengkap dari dasar negara Indonesia.

Baca Juga : Makna Alinea Pembukaan UUD 1945

Nah demikian artikel Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli ini hadir untuk menambah wawasan sobat, yang semoga saja artikel kali ini bisa membantu rekan-rekan yang sedang mencari berbagai informasi seputar Pancasila ini, jika sobat memiliki pertanyaan silahkan saja tinggalkan pertanyaan sobat di kotak komentar ya, di tunggu kelanjutanya. terima kasih.

Incoming search terms:

  • pengertian pancasila menurut para ahli
  • pancasila menurut para ahli
  • pengertian pancasila menurut 5 para ahli
  • pengertian pancasila menurut para ahli luar negeri
  • pengertian pancasila menurut ahli
  • pengertian pancasila menurut muhammad yamin
  • pengertian pancasila menurut ir soekarno
  • artikel pengertian pancasila menurut para ahli
  • definisi pancasila menurut para ahli
  • pancasila menurut ahli
Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli | yasri | 4.5