Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli

Kita akan Berbicara mengenai Otonomi daerah yang mana sekarang Otonomi sudah bisa kita Rasakan hingga ke pelosok desa, yang mana di Zaman orde baru hal tersebut seperti mimpi untuk dapat mewujudkanya, yang mana kekayaan Indonesia yang begitu besar dulunya kebanyakan lari ke Pusat, berbeda dengan sekarang walau belum sepenuhnya paling tidak Sekarang Kekayaan Indonesia bisa di Nikmati bagi seluruh warga Desa, nah tentu teman-teman kan bertanya apa sih Otonomi Daerah itu.? Tentu akan kita bahas pada artikel ini, jadi baca dan ikuti artikel ini sampai selsai ya.

otonomi-daerah

Jika kita melihat secara umum, pengertian otonomi daerah Merupakan HAK, WEWENANG dan KEWAJIBAN daerah otonom untuk mengatur serta mengurus diri sendiri di dalam pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Walaupun sudah kita singgung di atas Tentang masa ORDE BARU akan tetapi Istilah otonomi daerah bukan hal yang baru bagi warga negara Indonesia ini, hal ini di karenakan semenjak indonesia merdeka sudah di kenal dengan Komite Nasional Indonesia Daerah (KNID), yang merupakan lembaga yang menjalankan pemerintahan daerah serta melaksanakan tugas mengatur rumah tangga daerahnya.

1. Pengertian Otonomi Daerah Menurut Definisi Para Ahli

Ada lima pendapat para ahli yang akan kita Kemukakan pada kali ini yang membahas mengenai Otonomi daerah ini, di antaranya adalah sebagai berikut ini :

Menurut UU No. 32 Tahun 2004
Pengertian otonomi daerah menurut UU No. 32 Tahun 2004 adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonomi untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Menurut Kamus Hukum dan Glosarium Otonomi Daerah
Pengertian otonomi daerah menurut kamus hukum dan glosarium otonomi daerah adalah kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Menurut Encyclopedia of Social Scince
Pengertian otonomi daerah menurut Encyclopedia of social scince adalah hak sebuah organisasi sosial untuk mencukupi diri sendiri dan kebebasan aktualnya.
Menurut Pendapat Para Ahli
Pengertian otonomi daerah menurut pendapat para ahli adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas daerah tertentu berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam ikatan NKRI.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pengertian otonomi daerah menurut kamus besar bahasa indonesia adalah hak, wewenang dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

otonomi

2. Pengertian Otonomi Daerah Secara Etimologi

Taukah sobat genggaminternet bahwasanya Istilah Otonomi itu berasal dari Bahasa yunani yang berarti auto dan nomous. auto berarti sendiri sedangkan nomous artinya hukuman atau peraturan. Jadi dapat kita ambil kesimpulan pengertian otonomi daerah adalah aturan yang mengatur daerahnya sendiri.

3. Hakikat Otonomi Daerah

Setelah kita mengerti Tentang pengertian-pengertian otonomi daerah, dapat kita simpulkan bahwa hakitat Otonomi sareah salah sebagai berikut ini

  • Daerah memiliki hak untuk mengatur dan mengurus rumah tangga pemerintahan sendiri, baik, jumlah, macam, maupun bentuk pelayanan masyarakat yang sesuai kebutuhan daerah masing-masing.
  • Daerah memiliki wewenang untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri, baik kewenangan mengatur maupun mengurus rumah tangga pemerintahan sendiri sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku

4. Tujuan Otonomi Daerah

Tentu saja setiap sistem yang di Buat memiliki tujuan, nah berikut ini tujuan dari Otonomi Daerah.

  • agar tidak terjadi pemusatan dalam kekuasaan pemerintahan pada tingkat pusat sehingga jalannya pemerintahan dan pembangunan berjalan lancar
  • agar pemerintah tidak hanya dijalankan oleh pemerintah pusat, tetapi daerah pun dapat diberi hak untuk mengurus sendiri kebutuhannya
  • agar kepentingan umum suatu daerah dapat diurus lebih baik dengan memperhatikan sifat dan keadaan daerah yang mempunya kekhususan sendiri.

oto

5. Prinsip Otonomi Daerah

Di dalam prinsip otonomi daerah di gunakan prinsip otonomi seluas-luasnya, perinsip otonomi yang nyata dan berperinsip otonomi yang bertanggung jawab.Jadi kewenangan otonomi yang di berikan terhadap daerah merupakan kewenangan otonomi luas, nyata dan bertanggung jawab, berikut ini prinsip-prinsip otonomi daerah

Prinsip otonomi seluas-luasnya
artinya daerah diberikan kewenangan mengurus dan mengatur semua urusan pemerintahan yang mencakup kewenangan semua bidang pemerintahan, kecuali kewenangan terhadap bidang politik luar negeri, keamanan, moneter, agamar, peradilan, dan keamanan. serta fiskal nasional.
Prinsip otonomi nyata
artinya daerah diberikan kewenangan untuk menangani urusan pemerintahan berdasarkan tugas, wewenang, dan kewajiban yang senyatanya telah ada dan berpotensi untuk tumbuh, hidup dan berkembang sesuai dengan potensi dan kekhasan daerah.
Prinsip otonomi yang bertanggung jawab
adalah otonomi yang dalam penyelenggaraannya harus benar-benar sejalan dengan tujuan dan maksud pemberian otonomi, yang pada dasarnya untuk memberdayakan daerah termasuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang merupakan bagian utama dari tujuan nasional.

6. Asas Otonomi Daerah

Pedoman pemerintahan diatur dalam Pasal 20 UU No. 32 Tahun 2004. Penyelenggaraan pemerintahan berpedoman pada asas umum penyelenggaraan negara yang terdiri atas sebagai berikut ini, silahkan di simak baik-baiknya teman-teman.

  • Asas kepastian hukum adalah asas yang mengutamakan landasan peraturan perundang-undangan, kepatutan, dan keadilan dalam setiap kebijakan penyelenggara negara.
  • Asas tertip penyelenggara adalah asas menjadi landasan keteraturan, keserasian, dan keseimbangan dalam pengendalian penyelenggara negara.
  • Asas kepentingan umum adalah asas yang mendahulukan kesejahteraan umum dengan cara yang aspiratif, akomodatif, dan selektif.
  • Asas keterbukaan adalah asas yang membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informas yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif tentang penyelenggara negara dengan tetap memperhatikan perlindungan atas hak asasi pribadi, golongan, dan rahasia negara.
  • Asas proporsinalitas adalah asas yang mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban
  • Asas profesionalitas adalah asas yang mengutamakan keadilan yang berlandaskan kode etik dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Asas akuntabilitas adalah asas yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan penyelenggara negara harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat atau rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Asas efisiensi dan efektifitas adalah asas yang menjamin terselenggaranya kepada masyarakat dengan menggunakan sumber daya tersedia secara optimal dan bertanggung jawab (efisiensi = ketepatgunaan, kedaygunaan, efektivitas = berhasil guna).

Sementara itu Penyelenggaraan Otonomi Daerah menggunakan tiga asas Antara lain sebagai berikut ini :

  • Asas desentralisasi adalah penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah kepada daerah otonom dalam kerangka NKRI
  • Asas dekosentrasi adalah pelimpahan wewenang dari pemerintah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah dan atau perangkat pusat daerah
  • Asas tugas pembantuan adalah penugasan dari pemerintah kepada daerah dan desa, dan dari daerah ke desa untuk melaksanakan tugas tertentu yang disertai pembiayaan, sarana, dan prasarana serta sumber daya manusia dengan kewajiban melaporkan pelaksanaannya dan mempertanggungjawabkan kepada yang menugaskan.

Saya rasa artikel kali ini kita cukupkan sampai disini dahulu ya, saya rasa sudah cukup lengkap apa yang kami coba hadirkan, jika teman-teman ada pertanyaan atau soal dan tugas Sekolah bisa teman-teman ajukan di website ini, nah semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk semua, terima kasih banyak.

Incoming search terms:

  • pengertian otonomi daerah menurut para ahli
  • kemukakan definisi otonomi daerah
  • Otonomi daerah menurut para ahli
  • 20 pengertian otonomi daerah menurut para ahli
  • apa pengertian pemerintah daerah menurut pendapatmu
  • Bagaimanakah definisi otonomi daerah menurut encyclopedia of social
  • devinisi otonomi daerah menurut saya
  • pendapat tentang arti otonomi daerah
  • definisi dari otonomi luas
  • beberapa pendapat ahli otonomi daerah
Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli | yasri | 4.5