Pengertian Nemathelminthes, Ciri-Ciri, Klasifikasi, & Peranan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas filum kerajaan animalia dari bangsa cacing. Pernahkah kalian mendengar Nemthelmintes? Nah, filum yang bisa dibilang parasit bagi kehidupan manusia ini akan kita bahas mulai dari pengertian nemathelmintes, ciri-ciri, Klasifikasi, dan peranannya.

Pengertian Nemathelminthes

Nemathelminthes merupakan kelompok hewan cacing yang memiliki tubuh bulat panjang dengan ujung yang runcing. Nemathelminthes berasal dari kata nematos yang berari benang dan helminthes yang berarti cacing. Jadi secara harfiah nemathelmintes adalah cacing benang. Namun, cacing ini lebih terkenal dengan sebutan cacing gilik karena bentuknya yang gilik atau bulat memanjang.

Pengertian Nemathellmintes

Reproduksi pada Nemathelminthes umumnya dilakukan secara seksual, fertilisasi internal dan telur dapat membentuk kista yang dapat bertahan hidup pada lingkungan yang tidak menguntungkan.

Ciri-ciri Nemathelmintes

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari nemathelmintes, antara lain:

  • Bentuk tubuh gilig, tidak bersegmen, triploblastik pseudocoelom, dan simetri bilateral.
  • Alat  pencernakan sudah lengkap (mulut, kerongkongan, usus, dan anus).
  • Tidak memiliki sistem sirkulasi.
  • Sistem respirasi secara diffusi melalui permukaan kulit.
  • Sistem ekskresi terdiri  atas saluran lateral yang  bermuara di bagian ventral.
  • Tubuh luar dilapisi kutikula, dan kedua ujungnya meruncing.
  • Sifat kelaminnya dioceus/gonokoris (dapat dibedakan antara jantan dan betina). untuk jantan ukurannya lebih kecil dan kedua ujungnya meruncing. untuk betina ukurannya lebih besar dan kedua ujungnya membulat. Belum diketahui reproduksi secara aseksual.
  • Bersifat kosmopolit di air laut, air tawar, maupun parasit pada tubuh manusia.

Klasifikasi Nemathelmintes

Filum Nemathelminthes diklasifikasikan ke dalam dua kelas, yaitu:

1. Nemathoda

Nematoda merupakan cacing benang yang umumnya berukuran miksroskopis. Kata Nematoda berasal dari bahasa yunani, “Nema” artinya benang, dan“toda” artinya bentuk. Hal ini karena nematoda memiliki tubuh silindris dengan kedua ujung yang runcing sehingga disebut cacing benang. Mereka telah memiliki sistem pencernaan yang lengkap dengan faring berkembang denga cukup baik. Dinding tubuhnya tersusun atas tiga lapisan (triploblastik), yaitu lapisan luar, tengah, dan dalam dan tubuhnya telah memiliki rongga tubuh pseudoaselomata. Sistem eksresi merupakan jalur tabung pengeluaran yang akan membuang limbah melalui rongga tubuh. Contohnya adalah Ascaris Lumbricoides, Ancylostoma duodenale, Necator Americanus, dll.

2. Nemathopora

Nematophora merupakan cacing yang berbentuk bulat dengan kedua ujung yang runcing menyerupai bentuk rambut sehingga sering disebut cacing rambut. Tubuhnya dilapisi oleh kutikula yang polos yang tidak bercicin. Dalam keadaan larva mereka hidup parasit dalam tubuh manusia atau artrophoda, ketika dewasa mereka akan hidup bebas di perairan atau daratan. Contohnya adalah Nectonema sp.

Peranan Nemathelmintes

Keberadaan Nemathelmintes sejatinya merugikan kehidupan manusia, kaena peranan Nematelmintes umumnya adalah penyebab penyakit. Berikut ini adalah beberapa peranan nemathelmintes yang merugikan bagi kehidupan manusia, antara lain:

  • Ascaris lumbricoides atau cacing perut. Ascaris merupakan parasit pada usus halus yang ada dalam tubuh
  • Oxyuris vermicularis atau cacing kremi. Oxyuris merupakan parasit pada usus besar manusia, dan penularanya terjadi melalui autoinfeksi,
  • Ancylostoma duodenale atau cacing tambang. Ancyclostoma atau cacing tambang adalah penyebab anemia yang hidup sebagai parasit pada usus halus dalam tubuh manusia

Artikel Terkait :

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Nemathelmintas mulai dari Pengertian Nemathelmintes, Ciri-ciri, Klasifikasi, dan Peranan nemathelmintes yang sangat merugikan bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.