Pengertian Negara, Sifat, Fungsi Dan Unsur-Unsurnya

Pengertian Negara – Senang sekali rasanya bisa kembali lagi menyaa shobat genggaminternet.com, kali ini kita akan mencoba membahas mengenai pendidikan kewarga negaraan yang tentu saja tidak kalah menarik dengan pembahasan pada waktu lalu yang mana kita sudah membahas mengenai Pengertian Masyarakat, silahkan saja di lihat ya teman-teman! Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Negara Berdasar Etimologi, Pengertian Negara menurut para ahli, sifat-sifat Negara, Macam Macam Fungsi Negara dan Juga Unsur Terbentuknya Negara.

Pengertian Negara

Jika kita melihat secara umum, pengertian Negara merupakan suatu wilayah di permukaan bumi ini yang mana kekuasannya baik itu politik, militer, ekonomi dan sosial budanyanya diatur oleh pemerintahan yang berkuasa di wilayah tersebut. Kemudian Negara adalah pengorganisasian masyarakat yang telah memiliki rakyat terhadap suatu wilayah dengan terdapat sejumlah orang yang menerima keberadaan organisai ini, Sementara itu Istilah dari kata Negara sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti bahwa Nagari yang memiliki arti “Kota”, Nah sekarang sudah saatnya kita masuk ke pembahasan point pertama yakni pengertian Negara Menurut Etimologi yang mana akan kita bahas secara Rinci di bawah ini.

1. Pengertian Negara Secara Etimologi

Jika kita melihat secara Etimologi kata negara di ambil dari berbagai negara yakni Belanda dan Jerman Negara berati staat, sementara itu State adalah bahasa Inggris, etat dalam bahasa perancis dan yang terakhir Statum dalam bahasa latin. di dalam setiap kata yang di sebutkan memiliki arti meletakkan dalam keadaan berdiri, menempatkan atau membuat berdiri.

Sedangkan Fungsi Berdirinya negara merupakan upaya untuk memudahkan Rakyat dalam mencapai tujuan bersama atau cita-cita bersama. Keinginan bersam ini kemudian di rumuskan di dalam suatu dokumen yang di sebut dengan konstitusi, yang mana di dalamnya termasuk Nilai-nilai yang di junjung tinggi oleh rakyat sebagai anggota negara. dalam bentuk modern Negara terkait erat dengan keinginan rakyat untuk mencapai Kesejahtraan bersama dengan cara-cara yang Demokratis ataupun dengan sistem pemerintahan lainya.

2. Pengertian Negara Menurut Definisi Para Ahli

aristoteles

Di point kedua ini kita akan membahas secara cepat mengenai beberapa Definisi Negara berdasarkan para Ahli yang telah mengemukakanya, berikut ini definisinya :

Aristoteles

Menurut Aristoteles, pengertian negara adalah suatu politik yang mengadakan persekutuan dengan tujuan untuk mencapai kehidupa sebaik mungkin.
R. Kranenburg

Menurut R. Kranenburg, pengertian negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok manusia yang disebut bangsa.
Hans Kelsen

Menurut Hans Kelsen yang menyatakan bahwa negara adalah suatu susunan pergaulan hidup besama tanpa adanya suatu paksaan.
Jean Bodin

Menurut Jean Bodin, pengertian negara adalah suatu persekutuan dari keluarga yang dipimin seorang pemimpin yang menggunakan akal sehat dan memiliki kedaulatan.
George Jellinek

Menurut George Jellinek, pengertian negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.
Hegel

Menurut Hegel yang menyatakan bahwa negara merupakan organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintetis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal.
Roger F. Soltau

Menurut Roger F. Soltau menyatakan bahwa negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.
Prof. R. Djokosoetono

Menurut Prof. R. Djokosoetono menyatakan negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.
Prof. Mr. Soenarto

Menurut Prof. Mr. Soenarto yang menyatakan negara adalah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, di mana kekuasaan negara yang berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan.

Dari definisi yang telah di utarakan di atas maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwasanya Negara Merupakan Oraganisasi yang mana di dalamnya haruslah memiliki seklompok Rakyat yang tinggal di suatu wilayah tertentu yang menetap secara permanen dan ada pemerintahan yang berdaulat baik ke dalam ataupun keluat untuk mencapai tujuan bersama-sama. Baik kemudian kita akan memasuki point ketiga yakni mengenai Sifat-sifat negara.

3. Sifat – Sifat Negara

penguasa diktator

Jika kita membicarakan sifat negara, maka negara adalah suatu Bentuk dari organisasi yang Khas, yang mana menjadikan dirinya berbeda dengan Organisasi kemasyarakatan lainya. hal ini tentu saja dapat kita lihat dari sifat-sifatnya yang kahas pula. Sifat-sifat khusus yang di miliki negara ini pada hakikatnya merupakan perwujudan dari kedaulatan yang di miliki negara dan yang hanya terdapat pada negara saja. mari kita melihat pendapat Mirim Budiardjo di dalam bukunya yang berjudul “Dasar Dasar ilmu Politik” dia menyebutkan sifat-sifat Negara terdapat Tiga hal, di antaranya sebagai berikut ini :

Sifat Memaksa
Sifat memaksa dalam negara, ini berarti Negara mempunyai kekuatan fisik secara legal. Sarana untuk melakukan pemaksan adalah adanya tentara, politik dan alat penegak/penjamin hukum lainnya. Tujuan dari sifat memaksa adalah agar semua peraturan perundang-undangan yang berlaku ditaati sehingga kemanan dan ketertiban dalam suatu negara tercapai. Bagi yang tidak menaati segala peraturan akan diberi sanksi baik berupa hukuman penjara maupun hukum yang bersifat kebendaan/materi, seperti berupa denda.
Sifat Monopoli
Sifat monopoli dalam negara merupakan untuk menetapkan tujuan bersama masyarakat. Seperti negara dapat mengatakan bahwa aliran kepercayaan atau partai politik tertentu dilarang hidup dan disebarluaskan karena dianggap bertentangan dengan tujuan masyarakat dan negara.
Sifat Mencakup Semua
Semua peraturan perundangan-undangan berlaku untuk semua orang tanpa kecuali. Jadi, tidak ada seorang pun yang kebal dengan hukum. Hal ini perlu untuk menjaga kewibawaan hukum dan tujuan negara yang dicita-citakan masyarakat dapat dicapai.

4. Fungsi Fungsi Negara

fungsi wilayah

Jika kita membicarakan suatu Negara dan sifat-sifatnya maka Negara dapat di pandang sebagai kumpulan manusia yang hidup bersama yanga mana untuk mewujudkan cita-cita bersama. dimana setiap negara mempunyai cita-cita nasiola yang berbeda-beda pula. akan tetapi pada hakihatnya mempunyai tujuan akhir yang sama, yakni mewujudkan kebahagiaan bagi masyarakatnya, Yang mana Tujuan negara dan Fungsi nega saling berkaitan erat. Tujuan negara merupakan cita-cita yang ingin di capai oleh suatu negara sedangkan Fungsi negara merupakan peranan negara untuk mewujudkan cita-cita yang di maksud, berikut ini merupakan dari Fungsi Negara.

Fungsi keamanan dan ketertiban
Negara memiliki fungsi kemanan dan ketertiban yang mengandung maksud bahwa negara menjaga kemanan dan ketentraman dalam masyarakat, serta mencegah bentrokan antarkelompok atau antarindividu.
Fungsi kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya
Fungsi ini sngat penting, yakni mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat yang pada hakikatnya merupakan tujuan negara itu sendiri.
Fungsi pertahanan
Hal ini mengandung maksud bahwa negara berfungsi untuk menjaga kemungkinan serangan dari luar. Oleh karena itu, negara perlu memiliki alat-alat pertahanan yang kuat dan canggih.
Fungsi keadilan
Untuk Hal ini terkandung maksud bahwa negara memperlakukan setiap orang secara adil sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5. Unsur-Unsur Terbentuknya Negara

Baik kita memasuki Point terakhir yang man Empat point yang sebelumnya telah kita kupas secara tuntas ya, Unsur Negara adalah bagian yang teramat penting di dalam terbentuknya negara, yang mana tanpa unsur-unsur tersbut negara tidak dapat di bentuk, Unsur-unsur tersebut dapat kita kelompokan menjadi dua macam kelompok, Yakni secara Konstitutif meliputi Rakyat, wilayah serta Pemerintahan yang berdaulat. adapun untuk unsur deklaratif mencakup pengakuan dari Negara Lain,, baik kesemuanya akan kita kupas secara tuntas di bawah ini.

a. Rakyat
Rakyat merupakan semua orang yang tinggal di wilayah suatu negara dan juga tunduk pada kekuasaan negara tersebut. Negara di wajibkan memiliki rakyat tetap. yang mana Rakyat merupakan unsur yang sangat penting dari terbentuknya negara, karena rakyat yang merencanakan, mengendalikan, dan menyelenggarakan sebuah negara.
b. Wilayah
Sedangkan Wilayah merupakan tempat menetapnya atau tempat tinggalnya suatu bangsa atau rakyatnya terhadap suatu negara. Wilayah terdiri dari lautan, udara, daratan, ekstrateritorial, dan batas wilayah negara.

c. Pemerintahan yang berdaulat

Tentu saja Pemerintahan yang berdaulat di perlukan untuk melaksanakan tugass-tugas pokok di dalam suatu negara, pemerintahan berdaulat tentu saja memiliki kekuasaan atau yang di kenal dengan keadaulatan ke dalam maupun ke luar. yang mana penjelasan mengenai Kedaulatan keluar dan kedalam adalah sebagai berikut :

Kedaulatan ke dalam artinya pemerintah memiliki wewenang tertinggi dalam mengatur dan menjalankan organisasi negara sesuai dengan peraturan perudang-undangan yang berlaku
Kedaulatan ke luar, artinya pemerintah berkuasa bebas, tidak terikat dan tidak tunduk kepada kekuatan lain, selain kekuatan-kekuatan yang telah ditetapkan.

Nah tetu saja kemudian timbul pertayaan yakni Mengenai sifat-sifat dari Kedaulatan negara itu sendiri, sifat-sifat itu terdiri dari Empat point yang mana penjelasanya dapat sobat lihat di bawah ini :

Permanen
Sifat ini artinya kedaulatan negara tersebut tetap ada selama negara tetap berdiri atau ada walaupun ada perombakan organisasi.
Asli
sifat ini memiliki arti kedaulatan yang tidak berasal dari kekuasaan yang lebih tinggi, namun asli dari dari negara itu sendiri
Bulat/tidak terbagi-bagi
sifat ini memiliki arti kedaulatan tertinggi yang tidak dapat dibagi-bagi, sehingga terdapat satu kedaulatan
Absolut/tidak terbatas
sifat ini memiliki arti kedaulatan yang tidak dibatasi apapun dan siapapun, tetapi jika dibatasi berarti kedaulatan kekuasaan tertinggi akan hilang

d. Pengakuan dari negara lain

Pada Unsur kali ini merupakan pengakuan dari negara lain di belahan dunia yang ma dari sudut pandang hukum internasional sangatlah penting sebelum Negara baru tersebut menjalin kerjasama atau hubungan dengan Negara lain. Pengakuan dari negara lain terdapat dua macam, Yang mana telah kita bahas pada materi sebelumnya, apakah sobat masih ada yang ingat.? iya benar sekali Yakni Pengakuan De facto dan de Jure
Pengakuan de facto adalah pengakuan berdasarkan kenyataan bagi negara baru yang telah memenuhi unsur konstitutif
Pengakuan de jure adalah pengakuan terhadap sah berdirinya suatu negara menurut hukum internasional.

Bagaimana sobat genggaminternet.com tentu saja sudah mulai faham bukan tentang pengertian Negara yang di maksud di dalam Materi kali ini, nah semoga apa yang kami share ini berkenan dan dapat membantu sobat dalam belajar, jangan lewatkan untuk membaca artikel sebelumnya yang telah kami posting yakni Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli, nah sekali lagi saya ucapkan selamat belajar dan semoga mendapatkan prestasi yang membanggakan orang tua, terima kasih.

Incoming search terms:

  • pengertian negara
  • sifat sifat negara
  • materi tentang negara
  • pengertian fungsi dan sifat negara
  • sifat fungsi dan unsur negara
  • Unsur unsur negara dan sudut pandangnya
  • fungsi yang berlaku disuatu negara ada 3 unsur yaitu
  • dalam negara terdapat sifat dan fungsi yang menjadi kekuatan jelaskan sifat fungsi tersebut
  • carikan pertayaan tentang sifat terjadinya perbedaan pendapat
  • apa yang dimaksud pengakuan d jure dan sebutkan 3 sifat negara
Pengertian Negara, Sifat, Fungsi Dan Unsur-Unsurnya | yasri | 4.5