Pengertian Metabolisme, Anabolisme & Katabolisme

Pada pembahasan kali ini, kami ingin mengulas tentang pengertian metabolisme, anabolisme, dan katabolisme yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Dari metabolisme, akan terbagi lagi kedalam dua lintasan arah, yaitu anabolisme dan katabolisme. Kedua arah lintasan metabolisme diperlukan setiap organisme untuk dapat bertahan hidup. Arah lintasan metabolisme ditentukan oleh suatu senyawa yang disebut sebagai hormon, dan dipercepat (dikatalisis) oleh enzim.

Pengertian Metabolisme

Pada senyawa organik, penentu arah reaksi kimia disebut promoter dan penentu percepatan reaksi kimia disebut katalis. Pada setiap arah metabolisme, reaksi kimiawi melibatkan sejumlah substrat yang bereaksi dengan dikatalisis enzim pada jenjang-jenjang reaksi guna menghasilkan senyawa intermediat, yang merupakan substrat pada jenjang reaksi berikutnya. Keseluruhan pereaksi kimia yang terlibat pada suatu jenjang reaksi disebut metabolom. Semua ini dipelajari pada suatu cabang ilmu biologi yang disebut metabolomika.

Untuk lebih mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian metabolisme, anabolisme, dan katabolisme, mari kita simak penjelasan berikut.

Pengertian Anabolisme

Pengertian Metabolisme, anabolisme, dan katabolisme.

1. Pengertian Metabolisme
Metabolisme berasal dari bahasa Yunani yaitu metabolismos yang berarti perubahan. Maksudnya adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk yang terjadi di tingkat selular. Jadi dapat diartikan bahwa metabolisme adalah proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup dimana pada proses ini terjadi pertukaran antar zat atau pertukaran suatu organisme dengan lingkungan sekitar. Makhluk hidup akan mempertahankan hidupnya dengan cara mengolah dan mengubah suatu zat melalui proses kimiawi. Secara umum metabolisme ini memiliki dua arah lintasan reaksi kimia organik yaitu lintasan anabolisme dan lintasan katabolisme. Kedua arah lintasan ini diperlukan agar makhluk hidup dapat bertahan hidup. Nah, untuk mengetahui apa itu lintasan anabolisme dan katabolisme, mari kita gali lebih dalam lagi mengenai kedua arah lintasan dari metabolisme tersebut.

2. Pengertian Anabolisme
Anabolisme adalah suatu lintasan metabolism yang menyusun beberapa senyawa organik sederhana menjadi suatu senyawa kimia yang lebih kompleks. Pada tahap ini dibutuhkan energi dari luar, dimana energi yang digunakan berupa energi cahaya atau energi kimia, energi ini selanjutnya akan digunakan untuk mengikat senyawa sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks. Anabolisme yang menggunakan energi cahaya biasa dikenal dengan sebutan fotosintesis sedangkan anabolisme yang menggunakan energi kimia lebih dikenal dengan sebutan kemosintesis. Berikut beberapa jalur anabolisme yang dapat membentuk senyawa-senyawa dari precursor sederhana yang mencakup Glikogenesis, Glukoneogenesis, Jalur Sintesis, Jalur HMG-CoA Reduktasi, Metablisme sekunder, Fotosintesis, Siklus Calvin dan Fiksasi karbon.

Anabolisme meliputi tiga tahapan dasar, yaitu:

  • Pertama, produksi prekursor seperti asam amino, monosakarida, dan nukleotida.
  • Kedua, adalah aktivasi senyawa-senyawa tersebut menjadi bentuk reaktif menggunakan energi dari ATP.
  • Ketiga, penggabungan prekursor tersebut menjadi molekul kompleks, seperti protein, polisakarida, lemak dan asam nukleat.

Hasil-hasil anabolisme berguna dalam fungsi yang esensial. Hasil-hasil tersebut misalnya glikogen dan protein sebagai bahan bakar dalam tubuh, asam nukleat untuk pengkopian informasi genetik. Protein, lipid, dan karbohidrat menyusun struktur tubuh makhluk hidup, baik intraselular maupun ekstraselular. Bila sintesis bahan-bahan ini lebih cepat dari perombakannya, maka organisme akan tumbuh.

3. Pengertian Katabolisme
Katabolisme adalah suatu lintasan metabolism yang mengubah suatu substrat kompleks dari molekul organik menjadi komponen penyusunnya dengan melepaskan energi yang ada, pada umumnya energi yang dilepaskan berupa ATP. Pada lintasan katabolisme seluruh molekul yang berukuran besar akan terombak menjadi molekul yang ukurannya lebih kecil. Katabolisme memiliki beberapa jalur untuk menguraikan molekul menjadi senyawa yang lebih sederhana yaitu Respirasi sel, Respirasi aerobic dan Respirasi anaerobik.

Perbedaan Metabolisme dengan Katabolisme

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Metabolisme dan kedua arah lintasannya, yaitu anabolisme dan katabolisme. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya, Dan jika di rasa artikel ini membantu kalian maka kami juga berharap agar kalian juga bisa membagkan artikel ini kepada teman-teman kalian melalui media sosial ataupun tempat lainnya, Agar nantinya Teman-teman kalian juga mendapatkan manfaat yang sama seperti kalian, Baik sampai ketemu di waktu mendatang, Terima kasih.