Pengertian Masyarakat Menurut Definisi Para Ahli

Kali ini kita bertemu lagi dalam materi tentang Kewarga Negaraan, yang mana pada sesi sebelumnya kita sudah mencoba membahas mengenai unsur-unsur terbentuknya suatu negara, nah untuk sahabat genggaminternet.com yang belum membaca artikelnya secara tuntas silahkan di baca-baca lagi ya, biar nantinya akan semakin bertambah wawasan mengenai ilmu pendidikan kewarga negaraan ini. jika sudah marilah kita berlanjut ke materi kita pada hari ini yakni tentang Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli, Ada sepuluh orang Ahli yang akan membahas mengenai Definisi Masyarakat ini, Siapa sajakah mereka.? itu akan kita ketahui sebentar lagi.

Pengertian Masyarakat

Jika kita mengartikan secara umum, Pengertian masyarakat merupakan sekumpulan individu-individu yang hidup bersam-sama, Istilah masyarakat bermula dari Bahasa arab dengan kata “syaraka. syakara yang memiliki arti Ikut serta atau dalam kata lain berpartisipasi. sedangkan di dalam bahasa inggris masyarakat i sebut dengan “society” yang memiliki arti interaksi sosial, perubahan sosial, dan rasa kebersamaan. Mari sekarang kita melihat lebih luas mengenai pengertian masyarakat ini, dengan mengkaji beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian masyarakat. Berikut ini sepuluh pendapat dari Para ahli.

Pengertian Masyarakat Menurut Definisi Para Ahli

Soerjono Soekanto
Menurut Soerjono Soekanto, masyarakat pada umumnya mempunyai ciri-ciri dengan kriteria seperti di bawah ini :

  • Manusia yang hidup bersama, sekurang-kurangny terdiri atas dua orang
  • Bercampur atau bergaul dalam jangka waktu yang cukup lama. Berkumpulnya manusia akan menimbulkan manusia baru. Sebagai akibat dari hidup bersama, timbul sistem komunikasi dan peraturan yang mengatur hubungan antarmanusia.
  • Sadar bahwa mereka merupakan satu kesatuan
  • Merupakan suatu sistem hidup bersama. Sistem kehidupan bersama menimbulkan kebudayaan karena mereka merasa dirinya terkait satu sama lain.

Marrion Levy
Menurut Marion Levy, Empat kriteria yang perlu ada agar suatu kelompok bisa disebut masyarakat, adalah sebagai berikut ini..

  • kemampuan bertahan yang melebihi masa hidup seorang anggotanya
  • perekrutan seluruh atau sebagian anggotanya melalui reproduksi atau kelahiran
  • adanya sistem tindakan utama yang bersifat swasembada
  • kesetiaan terhadap suatu sistem tindakan utama secara bersama-sama

Emile Durkheim
Jika Menurut Emile Durkheim, pengertian masyarakat merupakan suatu kenyataan objektif dari individu-individu yang merupakan anggotanya.
Karl Marx
Dari sudut pandang Karl Marx, Menurut Karl Marx pengertian masyarakat merupakan suatu sturktur yang mengalami ketegangan organisasi maupun perkembangan karena adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terpecah secara ekonomi
M. J. Herkovits
Sedangkan Menurut M. J. Herkovits, pengertian masyarakat merupakan kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikuti suatu cara hidup tertentu.
J. L. Gillin dan J. P. Gillin
Sedangkan Menurut J. L. Gillin dan J. P. Gillin, pengertian masyarakat Merupakan kelompok yang tersebar dengan perasaan persatuan yang sama
Max Weber
sedangkan Menurut Max weber, pengertian masyarakat merupakan suatu struktur atau aksi yang pada pokoknya ditentukan oleh harapan dan nilai-nila yang dominan pada warganya sendiri.
Selo Soemardjan
Sedangkan Menurut Selo Soemardjan, pengertian masyarakat Merupakan orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.
Paul B. Horton
Sedangkan Menurut Paul B. Horton, pengertian masyarakat merupakan sekumpulan manusia yang relatif mandiri dengan hidup bersama dalam jangka waktu cukup lama, mendiami suatu wilayah tertentu dengan memiliki kebudayaan yang sama, dan sebagian besar kegiatan dalam kelompok itu.

Talcon Parsons
Yang terakhir Menurut Talcott Parsons menambahkan kriteria kelima dari pendapat Marion Levy yaitu melakukan sosialisasi terhadap generasi berikutnya.

masyarakat

Nah Sekarang teman-teman sudah mulai mengertikan tentang pengertian masyarakat menurut para ahli, harusnya si teman-teman sudah mengerti ya, karena di materi ini saya rasa tidak ada yang rumit dan njelimet, cukup membaca dan memahami saja Pengertian-pengertian yang di kemukakan oleh para ahli, Di akhir artikel saya selalu ingin mengingatkan teman-teman tentang Visi website ini kedepannya yang akan turut menyumbang ilmu pengetahuan, memudahkan teman-teman dalam belajar dengan adanya website ini, mari dukung terus website ini agar terus hidup dengan selalu mengunjungi dan membagikannya kepada teman-teman, terima kasih.

Incoming search terms:

  • pengertian masyarakat
  • pengertian masyarakat menurut para ahli
  • definisi masyarakat menurut para ahli
  • pengertian kriteria menurut para ahli
  • definisi masyarakat
  • masyarakat menurut para ahli
  • masyarakat adalah
  • pengertian masyarakat menurut soerjono soekanto
  • pengertian masyarakat menurut ahli
  • pengertian masyarakat menurut koentjaraningrat
Pengertian Masyarakat Menurut Definisi Para Ahli | yasri | 4.5