Pengertian Makhluk Hidup dan Ciri Cirinya

Di lingkungan sekitar kita terdapat makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Makhluk hidup tentunya berbeda dengan makhluk tak hidup. Bayangkan saja kuda yang berlari di atas rumput dan sepeda motor yang berjalan dan bergerak maju beserta pengendaranya. Apakah perbedaan dari keduanya? padahal keduanya sama sama bergerak. Lalu apakah ciri ciri makhluk hidup itu? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ciri ciri makhluk hidup.

Ciri ciri makhluk hidup

Pengertian Makhluk Hidup

Makhluk hidup disebut juga organisme. Organisme dalam bahasa yunani adalah organon yang berarti kumpulan molekul molekul yang saling mempengaruhi sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup.

Makhluk hidup merupakan struktur biologis yang merespon perubahan lingkungan atau dalam entitas diri. Makhluk hidup memiliki organisme biokimia yang kompleks yang memungkinkan mereka untuk memproses zat dan memanfaatkan energi untuk merespon perubahan di sekitar mereka.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa makhluk hidup adalah suatu organisme yang dapat mempertahankan dirinya dari berbagai perubahan lingkungan dan dapat berkembangbiak untuk melestarikan jenisnya. Dalam dunia biologi yang termasuk ke dalam golongan makhluk hidup adalah manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme seperti bakteri.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri makhluk hidup, antara lain:

1. Makhluk hidup memerlukan makanan
Setiap makhluk hidup tentu membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Tanpa makanan dan minuman kita tidak bisa bertahan hidup. Sumber energi atau tenaga yang ada di dalam tubuh kita adalah makanan yang kita makan.

2. Makhluk hidup bernafas
Setiap makhluk hidup bernapas sesuai dengan alat pernapasannya masing-masing. Manusia bernapas dengan paru-paru sedangkan ikan bernapas dengan insang.

3. Makhluk hidup bergerak
Makhluk hidup harus bergerak, ada yang tujuannya untuk memperoleh makanan seperti hewan. Kita manusia tentu bergerak disegala aktivitas.

4. Makhluk hidup tumbuh
Kita sendiri dilahirkan oleh ibu kita dari bayi kemudian tumbuh menjadi balita, tumbuh menjadi anak-anak, tumbuh menjadi remaja, dan tumbuh menjadi orang dewasa.

5. Makhluk hidup berkembang biak
Salah satu tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah untuk mempertahankan jenis atau keluarganya. Kita sebagai manusia sangat bangga sekali kita mempunyai adik atau anak. Begitulah seterusnya, manusia berkembangbiak untukmenghasilkan keturunannya.

6. Makhluk hidup peka terhadap rangsangan
Makhluk hidup seperti tumbuhan akan t[umbuh menanggapi rangsang cahaya matahari. Jadi tumbuhnya adalah ke arah matahari. Seperti laron dan binatang serangga kecil yang bisa terbang juga menanggapi rangsangan cahaya.

7. Makhluk hidup mampu beradaptasi
Sebagai contoh kita pada waktu pergi ke daerah pegunungan yang dingin maka tubuh kita banyak memproduksi hemoglobin. Oleh karena itu pipi kita terlihat kemerah-merahan.

8. Mahkluk hidup mengeluarkan zat sisa
Kita setiap hari atau tiap pagi mengeluarkan kotoran. Kalau tidak dikeluarkan tentu akan menjadi racun pada tubuh kita. Zat sisa tersebut adalah hasil dari metabolisme tubuh dari makanan yang kita makan.

Dari penjelasan di atas sudah jelaslah analogi dari seekor kuda yang berlari di atas rumput dan sepeda motor yang berjalan dan bergerak maju beserta pengendaranya. Dari uraian pengertian dan ciri-ciri makhluk hidup di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa makhluk hidup bergerak, butuh makanan, bernafas, tumbuh berkembang biak, mampu beradaptasi, peka terhadap rangsangan, dan mengeluarkan zat sisa. Berbeda dengan makhluk tak hidup.

Demikianlah penjelasan tentang ciri-ciri makhluk hidup dan pengertiannya. Dan jika kalian merasa artikel yang admin bagikan ini bermanfaat, maka jangan pernah sungkan untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kalian yang ada di Media sosial ya sobat, Terima kasih telah membaca dan sampai ketemu di lain waktu.

Incoming search terms:

  • gambar makhluk hidup
Pengertian Makhluk Hidup dan Ciri Cirinya | yasri | 4.5