Pengertian Konflik, Faktor Penyebabnya dan Macam-Macamnya

Materi kali ini tentu sobat sudah tidak asing lagi, saya sangat percaya jika lingkungan di sekitar sobat pasti pernah mengalami hal ini, karena ini adalah hal umum yang sering terjadi di masyarakat, Yup kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Konflik, Apa sih penyebab utama terjadinya Konflik serta Macam Macam Konflik yang terjadi di Masyarakat. Dari pada sobat Penasaran alangkah lebih baiknya jika kita langsung saja membahas mengenai Pengertian Konflik di bawah ini.

Dalam bahasan kali ini kita akan mengulas mengenai konflik, faktor yang menjadi penyebabnya dan beberapa jenis konflik. Konflik perlu diketahui sebagai wawasan umum sehingga kita bisa melakukan pencegahan dan tidak menimbulkan konflik.

Pengertian Konflik

Pengertian konflik

Konflik merupakan suatu masalah sosial yang timbul karena ada perbedaan pendapat maupun pandangan yang terjadi dalam msaayarakat dan negara. Biasanya konflik muncul akibat tidak adanya rasa toleransi dan saling mengerti kebutuhan masing-masing individu. Dalam pengertian konflik ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai konflik. Berikut ulasannya.

a. Konflik menurut Robbins

Menurut Robbins, konflik adalah suatu proses dimana suatu pihak merasa dirugikan dan pihak tersebut telah memberikan efek negatif kepada pihak lainnya.

b. Konflik menurut Alabaness

Sedangkan menurut Alabaness, konflik adalah sebuah keadaan dimana antara pihak yang bermasalah tidak mencapai tujuan dan kesepakatan yan ada sehingga hal ini bisa mencampuri urusan masing-masing pihak.

Jadi kesimpulannya konflik adalah sebuah proses dimana ada keadaa yang terus berubah dan ada banyak kepentingan yang butuh penyelesaian sehingga bisa menyamakan persepsi agar tidak ada konflik parah yang bisa merusak hubungan kedua belah pihak.

Faktor penyebab konflik

Setelah mengetahui pengertian konflik, sekarang saatnya Anda mengetahui faktor yang menyebabkan konflik terjadi.

1. Saling tergantung satu sama lain

Yang mengakibatkan konflik terjadi adalah karena satu dan yang lainnya memiliki ketergantungan yang menyebabkan konflik bila satu dari mereka tidak sejalan.

2. Memiliki perbedaan tujuan

Dan yang kedua adalah karena perbedaan tujuan. Tujuan dalam mendapatkan sesuatu menjadi pemicu timbulnya konflik.

3. Memiliki perbedaan pandangan atau persepsi

Yang selanjutnya adalah karena adanya perbedaan persepsi. Perbedaan persepsi dan pandangan menyebabkan orang mudah terpancing emosi dan terjadilah konflik.

Sedangkan menurut ahli Smith, Mazzarella dan Piele, konflik memiliki berbagai jenis seperti dibawah ini.

1. Adanya masalah komunikasi
Komunikasi menjadi pemicu utama adanya konflik, biasanya dalam komunikasi terdapat kesalahpahaman yang menyebabkans seseorang berseteru dan timbullah konflik.
2. Adanya struktur organisasi
Dalam organisasi tidak bisa semua orang memiliki 1 pandangan, oleh karena itu ada banyak konfil yang terjadi namun harus bisa diselesaikan dengan baik.
3. Perbedaan sifat manusia
Dan yang terakhir adalah karena perbedaan sifat manusia yang memang menjadi faktor timbulnya konflik.

Macam-macam konflik

Ada beberapa jenis konflik seperti dibawah ini.

1. Konflik sosial
2. Konflik antar kelompok sosial
3. Konflik antar negara
4. Konflik antar organisasi
5. Konflik antar partai politik
6. Dan konflik antara individu dengan kelompok

Baca Juga : Pengertian Keadilan

Demikian adalah beberapa hal yang bisa Anda pelajari dari konflik, baik dari pengertian hingga macam-macamnya. Dengan mengetahui ilmu tentang konflik diharapkan Anda jauh memiliki tingkat toleransi yang lebih baik. Karena sobat tentu menyadari Hidup berdampingan dengan Rukun adalah lebih menentramkan jiwa di bandingkan dengan Bermusuhan antar sesama yang membuat hati terus gelisah tak tentu arah, Jika kita selalu menghormati yang tua, Menjaga Tutur kata, dan sopan santun terhadap yang muda serta menghargainya, Niscaya hidup kita akan Jauh dari Kata Konflik. Baiklah sampai di sini dulu materi kita kali ini ya, semoga sobat bisa terus belajar menjadi yang lebih baik lagi, salam Hangat.

Incoming search terms:

  • konflik
  • pengertian konflik
  • konflik adalah
  • penyebab konflik
  • apa itu konflik
  • faktor penyebab konflik
  • macam macam konflik
  • definisi konflik
  • macam macam konflik sosial
  • pengertian konflik antar negara
Pengertian Konflik, Faktor Penyebabnya dan Macam-Macamnya | yasri | 4.5