Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Rawan

Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Rawan – Sobat pelajar, kembali kita bersua dalam searangkaian postingan yang masih berhubungan dengan Materi pendidikan yang khususnya materi biologi, tentu saja sobat sangat berminat dengan materi yang satu ini, buktinya sobat mengunjungi website ini untuk mendapatkan informasi seputar biologi, baiklah sobat pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk menghadirkan informasi kepada sobat berkenaan dengan Tulang Rawan. pada artikel kali ini saya akan menjawab semua pertanyaan yang masuk berkenaan dengan tulang rawan, diantaranya adalah sebagai berikut ini: yang termasuk tulang rawan, contoh tulang rawan, jenis tulang rawan, tulang rawan pada manusia, tulang rawan hialin. Nah kesemua itu InsyaAllah akan coba kami bahas secara tuntas di materi ini, Oleh Karenanya baca sampai tuntas ya sobat. baik untuk pengertian tulang rawan langsung saja sobat lihat penjelasanya di bawah ini.

Tulang Rawan

Tulang rawan atau kartilago tersusun atas sel-sel tulang rawan yang mengeluarkan matriks yang di sebut kondrin. Umumnya kartilago bersifat lentur. Tulang rawan pada anak berbeda dengan tulang rawan orang dewasa. Secara histologis, tulang rawan pada anak lebih banyak mengandung sel-sel tulang rawan dari pada matriksnya. Asalnya dari jaringan ikat Embrional atau mesenkim. Pada orang dewasa, tulang rawan lebih banyak mengandung matriks. Tulang ini berawal dari selaput tulang rawan atau perikondrium yang banyak mengandung kondroblast atau pembentuk sel-sel tulang rawan (kondrosit). Pada Orang dewasa, di beberapa tempat dari rangkanya tetap berupa tulang rawan. Misalnya ujung tulang persendian, Daun telinga, Taju pedang, Cincin batang tenggorok dan lain-lain.

Jenis-Jenis Tulang Rawan

Secara Umum tulang rawan dapat di bedakan menjadi 3 bagian yakni sebagai berikut ini.
1. Tulang Rawan Hialin
Tulang rawan Hialin merupakan bentuk umum dari tubuh manusia. tulang yang memiliki warna putuh dan sedikit kebiru-biruan ini mengandung serat-serat kolagen dan chondrosit. Tulang rawan hialin dapat kita temukan pada laring, trakea, bronkus, ujung-ujung tulang panjang, tulang rusuk bagian depan, cuping hidung dan rangka janin.

2. Tulang Rawan Elastis
Tulang Rawan Elastis merupakan tulang rawan yang sifatnya lentur dimana matriksnya terdapat serat elastis yang bercabang-cabang. Tulang yang mengandung serabut-serabut elastis. Tulang rawan elastis dapat kita temukan pada daun telinga, tuba eustachii (pada telinga) dan laring.

3. Tulang Rawan Fibrosa
Tulang Rawan Fibrosa merupakan tulang yang banyak mengandung serat kolagen yang padat pada matriksnya yang tidak teratur sehingga lebih kaku dan kuat. Tulang ini dapat kita temukan pada discus diantara tulang vertebrae dan pada simfisis pubis diantara 2 tulang pubis.

Ciri Ciri Tulang Rawan

Taukah sobat bahwasanya tulang Rawan memiliki ciri-ciri yang dapat kita kenali, tulang rawan memiliki 4 ciri sebagai berikut ini :
1. Berbentuk Khusus jaringan ikat yang memiliki fungsi utama menyokong jaringan lunak.
2. Terdiri dari sel-sel(Kondrosit dan Kondroblas) dan Matriks (serat dan substansi dasar)
3. Dalam matriksnya terkandung serat koladen atau serat elastin yang dapat memberi kekuatan dan kelenturan
4. Tulang rawan memiliki kekuatan renggang, penyokong struktural dan memungkinkan fleksibilitas tanpa distorsi

Baca Juga :

Demikian ya sobat artikel tentang Pengertian dan Ciri-Ciri Tulang Rawan yang dapat kami sampaikan kepada sobat semuanya, semangat terus ya belajarnya, saya yakin sobat akan mendapatkan hasil yang memuaskan sehingga nantinya sobat bisa menjadi orang yang sukses. sampai bertemu di artikel berikutnya dan terima kasih banyak kami ucapkan.

Incoming search terms:

  • ciri ciri tulang rawan
  • ciri ciri tulang rawan elastis
  • Tulang rawan
  • ciri ciri tulang rawan hialin
  • ciri tulang rawan elastis
  • ciri tulang rawan
  • ciri tulang rawan hialin
  • jenis tulang rawan
  • ciri tulang rawan fibrosa
  • ciri-ciri tulang rawan elastis
Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Rawan | yasri | 4.5