Pengertian Gerak Endonom, Esionom, Higroskopis

Mari kita membahas materi yang menjadi Faforit di website genggam internet, apa lagi kalau bukan mareri Biologi. termasuk admin yang suka dengan materi biologi ini. Belajar biologi itu sangat menyenangkan dan kadang malah bisa lupa waktu karena teramat asik dengan belajar materi-materi biologi, di tambah lagi jika belajar bersama teman-teman yang memiliki minat yang sama, pasti sangat mengasik kan. Nah judul artikel kali ini adalah Pengertian Gerak Endonom, Esionom, Higroskopis. Jika sobat jeli sebenarnya kita sudah membahas beberapa gerak ini di artikel sebelumnya, tenang saja sob nanti di akhir artikel ini saya tetap akan menyisipkan link artikel yang berhubungan dengan artikel ini kok, jadi nanti sobat pasti tetap akan bisa membacanya. Sekarang mari kita langsung saja masuk ke materinya di bawah ini.

Gerak Pada Tumbuhan

Tumbuhan sebagai salah satu makhluk hidup yang ada dibumi ini ternyata memiliki keunikan tersendiri. Setiap tumbuhan memiliki karakteristik dan keunikan yang membedakannya dengan tumbuhan lainnya.

Salah satu yang unik dari tumbuhan adalah mereka memiliki gerakan yang menyesuaikan dengan beberapa hal. Dan disini kita akan belajar mengenai gerakan pada tumbuhan. Lebh spesifiknya kita akan belajar mengenai gerak endonom, esionom, higroskopis secara umum.

Pengertian Gerak Endonom

Gerak endonom adalah gerakan yang terjadi pada tumbuhan khususnya bagian daun yang bergerak dengan cara rotasi sitoplasma dalam sel daun Hydrilila verticillata dan bisa diketahui dengan gerak sirkulasi klorofil dalam sel. Gerakan ini terjadi secara spontan dan tidak belum diketahui penyebabnya, apakah karena rangsangan dari luar atau bukan.

Pengertian Gerak Esionom

Dan gerakan jenis kedua yang ada pada tumbuhan adalah gerak esionom. Gerakan pada tumbuhan jenis ini dikarenakan ada rangsangan dari luar. Gerak esionom dibedakan menjadi 3 yaitu gerak tropisme, gerak taksis dan gerak nasti. Berikut ini akan kita jelaskan satu per satu pengertian dari ketiga jenis gerakan tersebut.

1. Gerak Tropisme
gerak ini terjadi pada tumbuhan  karena arah gerakan yang dipengaruhi oleh arah datangnya. Untuk gerak topisme dibedakan menjadi 2 yaitu gerak tropisme positif dan gerak tropisme negatif. Yang positif adalah gerakan yang mendekati arah rangsangan sedangkan gerakan yang negatif adalah gerakan yang menjauhi rangsangan.
2. Gerak Taksis
pengertian gerak taksis adalah gerakan yang terjadi pada tumbuhan yag berkaitan dengan gerak pindah tempat oleh seruh bagian tumbuhan ke arah rangsangan. Jadi gerak taksis terjadi karena adanya pengaruh dari rangsangan.
3. Gerak Nasti
Dan yang terakhir adalah nasti dimana gerak tumbuhan ini dipengaruhi oleh arah rangsangan. Gerakan ini terjadi karena adanya perubahan tulang daun menuju ke arah rangsangan.

Pengertian Gerak Higroskopis

Gerak higroskopis adalah gerakan yang terjadi pada tumbuhan yang disebabkan oleh pengaruh dari kadar air  di dalam seol yang menyebabkan pengerutan tidak merata. Misalnya adalah gerakan yang terjadi karena membukanya sel anulus pada sporangium dalam tumbuhan paku kemudian membuka gigi peristom yang terjadi pada sporangium tumbuhan lumut.

Demikian adalah pengertian dari beberapa jenis gerakan yang terjadi pada tumbuhan, apda setiap gerakan itu menunjukkan bahwa tumbuhan tersebut hidup normal. Karena salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. Sama halnya dengan manusia yang selalu melakukan pergerakan. Jadi bila tumbuhan melakukan pergerakan banyak orang yang tidak mengetahui. Karena gerakannya kecil dan tidak terlihat.

Baca Juga : Gerak Pada Tumbuhan DAN Fungsi Jaringan Tumbuhan

Hanya saja berdasarkan penelitian oleh para ahli ditemukan bahwa ada beberapa jenis gerakan yang dilakukan oleh tumbuhan selama mereka hidup dan hal itu wajar karena adanya pengaruh rangsangan dari luar.

Incoming search terms:

  • gerak higroskopis
  • gerak esionom
  • higroskopis
  • endonom
  • gerak endonom adalah
  • pengertian gerak endonom
  • pengertian endonom
  • gerak higroskopis adalah
  • pengertian gerak higroskopis
  • pengertian higroskopis
Pengertian Gerak Endonom, Esionom, Higroskopis | yasri | 4.5