Pengertian, Fungsi, Jenis & Bagian-Bagian Gigi

Sejak Zaman Dimana manusia baru pertama kali di Ciptakan, Makan adalah sebuah Kebutuhan yang tidak bisa lepas dari Hidup manusia itu sendiri, Makan menjadi Kebutuhan paling dasar di Kehidupan manusia, Bahkan demi makanan terkadang Manusia bisa saling berperang dan Membinasakan manusia lainnya.

Sebelum makanan yang kita makan sampai di Perut kita, Terlebih dahulu makanan yang kita makan masuk kedalam mulut kita dan di Kunyah dan di Hancurkan menjadi lebih halus di dalam mulut menggunakan Gigi, Gigi merupakan salah satu alat Pencernaan manusia yang paling Dasar.

Pengertian Gigi

 

Nah Pada topik kali ini kita akan membahas tentang alat pengunyah dan perobek makanan dalam mulut kita, yaitu Gigi, mulai dari Pengertian, Fungsi, dan bagian-bagian gigi. Yuk, kita simak ulasan di bawah ini

Pengertian, Fungsi, dan bagian-bagian gigi

Pengertian Gigi

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut makhluk hidup, Gigi sendiri memiliki struktur dan fungsi yang bervariasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan pada beberapa makhluk hidup diantaranya manusia dan hewan terutama hewan pemakan daging (karnivora) sebagai senjata. Akar gigi sendiri tertutup oleh gusi. Gigi sendiri memiliki struktur yang mencegah agar gigi tidak berlubang, struktur itu disebut email gigi.

Bagian Bagian Gigi Manusia

Gigi merupakan salah satu bagian yang dapat membedakan jenis mamalia yang ada dan pada akhirnya gigi adalah salah satu bagian yang dapat menjadi fosil dengan struktur yang masih baik. Bentuk gigi itu sendiri dapat berhubungan dengan jenis makanan yang dimakan oleh makhluk hidup seperti hewan herbivora memiliki banyak gigi geraham yang fungsinya untuk mengunyah makanan berupa rumput, karnivora memiliki gigi taring yang berfungsi untuk membunuh dan merobek makanannya.

Fungsi Gigi

Fungsi utama dari gigi manusia mendapatkan, mengunyah dan memecah makanan. Gigi juga bertanggung jawab untuk melindungi rongga mulut dan membantu dalam menerima makanan.
Mereka terdiri dari berbagai bagian yang memiliki fungsi dalam proses mengunyah.

Gigi permanen dimulai pada garis tengah, dan terdiri dari gigi seri, taring, premolar dan molar. Gigi primer memiliki komponen yang sama, tetapi tidak memiliki premolar. Delapan gigi depan disebut gigi seri, dan mereka memungkinkan seseorang untuk menggigit dan memotong makanan.

Bagian gigi yang digunakan orang untuk merobek makanan yang dikenal sebagai gigi taring, yang adalah tipe paling tajam dari gigi. Anjing juga mampu menangkap dan mempertahankan makanan.

Premolar terletak di bagian belakang gigi taring, dan mereka dirancang untuk menahan, mengunyah dan menggiling makanan. Manusia memiliki dua premolar pada bagian atas mulut dan dua lain di rahang bawah. Geraham primer, juga disebut molar sulung, membantu dalam mengunyah dan menghancurkan makanan. Premolar permanen pertama menggantikan geraham utama ketika seseorang berusia sekitar 6 tahun, sedangkan premolar permanen kedua muncul ketika seseorang berusia antara 11 dan 13 tahun. Geraham ketiga, atau gigi bungsu, biasanya tumbuh ketika seseorang mencapai 18 sampai 20 tahun.

Bagian-bagian Gigi

Gigi memiliki beberapa bagian Yang dapat kita kelompok kan Menjadi Beberapa Bagian, untuk lebih jelasnya mengenai bagian-bagian Gigi, Mari kita lihat Uraiannya berikut ini.

  • Mahkota gigi atau sering disebut corona merupakan bagian yang tampak di atas gusi itu terdiri dari Lapisan Email yang merupakan lapisan paling keras.
  • Tulang Gigi atau denim dimana didalamnya terdapat saraf dan pembuluh darahRongga Gigi atau pulpa merupakan bagian antara corona dan radiks
  • Leher gigi atau kolum merupakan bagian yang berada di dalam gusi
  • Akar Gigi atau radiks ialah bagian yang tertanam pada tulang rahang, akar gigi ini melekat pada tulang rahang dengan perantara semen gigi
  • Semen gigi, bagian ini melapisi akar gigi dan membantu menahan gigi agar tetap melekat pada gusi. Semen gigi memiliki dua bagian yaitu lapisan semen dan gusi.

Bagian Bagian Gigi

Jenis-Jenis Gigi

Berdasarkan Perkembangan Tubuh kita dari Bayi Hingga Tua, Gigi Kita juga mengalami berbagai perubahan sesuai dengan usia kita, Nah Berikut ini adalah jenis jenis gigi yang tahap pertumbuhannya pasti kita alami:

  • Gigi Bungsu : Gigi geraham ketiga yang muncul pada usia 18-30 tahun.
  • Gigi Kuda
  • Gigi Anak
  • Gigi Tikus
  • Gigi Palsu : Gigi palsu pertama kali dikenal pada tahun 700 SM. Pada masa itu gigi palsu terbuat dari gading, tulang ikan paus atau tulang kudanil dan diikat dengan semacam kawat yang terbuat dari emas.
  • Gigi Seri : Berfungsi untuk memotong, gigi ini adalah tipe pertama pada gigi mada mamalia heterodon, Gigi ini terletak di premaksila. Untuk manusia dewasa normalnya memiliki 8 buah gigi seri.
  • Gigi Taring : Gigi yang berfungsi untuk merobek-robek makanan serta mengoyak makanan. Pada manusia gigi taring berjumlah 4, untuk hewan pemakan tumbuhan gigi taring mereka tidak tumbuh.
  • Gigi Geraham : Manusia dewasa memiliki dua belas gigi geraham, gigi ini terletak di bagian belakang mulut. Dimana gigi geraham ketiga muncul pada saat usia 18-20 tahun itu akan disebut dengan gigi bungsu. Ketika gigi geraham tumbuh gusi akan terasa sakit karena gigi geraham akan mencari jalan untuk tumbuh keatas sehingga merobek bagian gusi.

Demikianlah penjelasan tentang Gigi, mulai dari Pengertian, Fungsi, dan bagian-bagian gigi. Setelah membaca artikel mengenai Gigi ini seharusnya kita bisa bersyukur Betapa Sang Pencipta membuat Kita manusia dengan begitu sempurna sehingga kita bisa menikmati Indahnya Dunia ini.

Baca Juga :

Kami Juga berharap Anda juga bisa membagikan artikel yang kami Tulis ini kepada teman-teman anda, Agar nantinya mereka juga bisa mendapatkan manfaat yang sama seperti yang Anda Dapatkan, Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda, Terima Kasih.