Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Organ Tubuh

Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Organ Tubuh – Hallo sobat genggaminternet.com semoga kalian tetap di berikan kesehatan dan kemudahan dalam proses belajar, sehingga sukseslah yang selalu mengikuti hidup kalian dan juga keberkahan ilmu pula yang selalu mendampingi kalian, amin. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi kepada sobat mengenai Fungsi dan pengertian Organ tubuh yang ada pada manusia dan juga hewan lainya.

Untuk melaksanakan fungsi hidup yang lebih besar, beberapa jaringan yang berbeda bergabung menjadi satu membentuk suatu alat tubuh atau organ. Sebagai contoh adalah kulit tubuh kita ataupun kulit tubuh hewan.
Kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh dari bahan kimia, panas, dingin, tekanan cahaya matahari, dan dari infeksi. kulit juga berperan untuk mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme yang tdak berguna bagi tubuh. selain itu, kulit sebagai tempat penyimpan cadangan makanan, tempat indra peraba dan fungsi-fungsi khusus lainnya.

oragan tubuh

Untuk melaksanakan fungsi hidup yang banyak dan kompleks tersebut, kulit tersusun atas berbagai jaringan yang berbedan dan terkumpul membentuk organ kulit.jaringan-jaringan itu antara lain jaringan epitel, jaringan ikat, jarinngan otot, jaringan saraf, jaringan lemak dan lain-lain.

Adanya berbagai jaringan yang berkupul membentuk suatu organ tersebut, memungkinkan suatu organ mempunyai kemampuan melaksanakan fungsi hidup yang beraneka ragam. makin tiggi derajat suatu hewan makin banyak organ tubuh yang dimilikinya. hal ini bertujuan untuk efisiensi kerja karena dengan banyaknya organ tubuh maka pembagian kerja akan semakin efektif.

coba bandingkan organ tubuh yang menyusun tubuh belalangdengan organ tubuh yang menyusun tubuh manusia. (untuk menghitung banyaknya organ tubuh manusia, digunakan alat bantu yang diberi nama torso).
dalam tubuh manusia dan hewan menyusui tingkat tinggi terdapat banyak organ tubuh, seperti otak, rahim, dan lain-lain.

bagaimana bentu organ tubuh tersebut? dibagian mana organ-organ tersebut terdapat? dan benarkah bahwa organ-organ tersebut tersusun dari beberapa jaringan? maka untuk mendapat jawaban itu coba lakukan pengamatan macam-macam organ tubuh hewan dengan alat bantu torso.

1. usus
usus merupakan organ berbentuk saluran, bagian dari alat penccernaan. organ usus tersusun atas banyak jaringan yaitu sebagai berikut:

oragan usus
a. jaringan terluar adalah jarigan pengikat serosa yang melinungi jaringan-jaringan usus disebelah dalamnya. pada jaringan ini melekat jaringan ikat yang berungsi untuk menggantungkan usus ke organ lain. jaringan pengikat ni terdiri atas beberapa lapis.
b. disebelah dalam jaringan pengikat terdapat jaringan otot polos memanjang
c. disebelah dalamnya lagi adalah otot polos melingkar
d. di sebelah dlam otot polos melingkar terdapat jaringan pengikat longgar. pada lapisan jaringan pengikat longgar ini terdapt pula kelenjar pencernaan dinding usus.
e. di sebelah dalam jaringa ikat longgar terdapat jaringan otot polos yang merupakan dasar dari lapisan mokosa usus.
f. di sebelah dalam jaringan otot polos ini terdapat jarngan pengikat longgar lagi.
g. lapisan jaringan terdapam dari ususn adalah jaringan epitel kubus atau kolumner berlapis tinggal. jaringa ini merpakan jaringan terdalam yang langsung berhadapan dengan rongga usus. antara rongga usus dengan jaringan epitel silindris ini dipisahkan oleh selaput lendir.
h. di samping jaringan pokok tersebut, masih banyak jarngan lain yang fungsinya menunjang kerja organ usus, seperti jaringan saraf, jarngan darah, dan lain-lain.

2. batang tenggorok atau trakea
batang tenggorok adalah saluran pernafasan. saluran ini tersusun atas tiga lapis jaringan pokok. jika diadakan pengamatan di bawah mikroskop maka akan tampak bagan-bagian batang tenggorok sebagai berikut:
a. lapisan terluar terdiri atas jaringan ikat padat.
b. lapisan tengah tersusun secara berseling-seling antara jaringan otot polos dan jaringan tulang rawan yang membentuk bangunan berpa cincin tulang rawan.
c. lapisan terdalam terdiri atas jaringan epitel silindris berlapis banyak yang sel-selnya dilengkapi silia (bulu getar). permukaan dalam lapisan epitel ini tertutup oleh lapisan lendir.

Di samping ketiga lapisan jaringan tersebut, ada pula pembuluh dara dan selaput saraf. organ tubuh manusia dan hewan sangat banyak, tidak mungkin diuraikan satu persatu. kesamaan pokok diantara organ-organ terbesut adalah bahwa setiap organ senantiasa tersusun atas jaringan. makin kompleks fungsi rgan tersebut, makin kompleks pula jaringan yang menyusunya.

BACA JUGA :
Fungsi Jaringan Getah Bening
Fungsi Jaringan Darah
Fungsi Jaringan Tulang
Fungsi Jaringan Tulang Rawan

Sekian artikel kali ini, jika masih terdapat kekurangan dari artikel ini, sobat bisa tanyakan langsung dikotak komentar yang ada di bagian bawah artikel ini, nah sampai bertemu di lain kesempatan dan semoga saja kita masih di beri panjang umur untuk bisa selalu besua dalam postingan terbaru di website tercinta ini, amin.

Incoming search terms:

  • bagian organ tubuh
  • bagian organ tubuh manusia
  • Organ tubuh
  • pengertian anggota tubuh
  • gambar organ tubuh
  • bagian bagian organ tubuh
  • bagian organ manusia
  • bagian organ
  • pengertian organ tubuh
  • bagian bagian organ tubuh manusia
Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Organ Tubuh | yasri | 4.5