Pengertian Echinodermata, Ciri-ciri, Klasifikasi, Reproduksi, dan Peranannya

Pengertian Echinodermata, Ciri-ciri, Klasifikasi, Reproduksi, dan Peranannya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang filum hewan laut yang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Ya! Echinodermata. Dalam kehidupan sehari hari mungkin kita masih asing dengan istilah ini. Benar, karna kelompok hewannya pun memang tidak kita temukan di darat. Hewan ini dapat kita jumpai di lautan, namun memiliki manfaat yg sangat besar bagi habitatnya dan kehidupan manusia.
Berikut adalah penjelasan tentang Pengertian Echinodermata, Ciri-ciri, Klasifikasi, Reproduksi, dan Peranannya.

Pengertian Echinodermata

Pengertian Echinodermata

Filum Echinodermata (dari bahasa Yunani untuk kulit berduri) adalah sebuah filum hewan laut yang mencakup bintang laut, Teripang, dan beberapa kerabatnya. Kelompok hewan ini ditemukan di hampir semua kedalaman laut.
Echinodermata adalah filum hewan terbesar yang tidak memiliki anggota yang hidup di air tawar atau darat. Hewan-hewan ini juga mudah dikenali dari bentuk tubuhnya: kebanyakan memiliki simetri radial, khususnya simetri radial pentameral (terbagi lima). Walaupun terlihat primitif, Echinodermata adalah filum yang berkerabat relatif dekat dengan Chordata (yang di dalamnya tercakup Vertebrata), dan simetri radialnya berevolusi secara sekunder. Larva bintang laut misalnya, masih menunjukkan keserupaan yang cukup besar dengan larva Hemichordata.

Ciri- Ciri Echinodermata

Salah satu ciri penting Echinodermata adalah memiliki bentuk tubuh simetri radial, dengan memiliki beberapa lengan (5 atau lebih, sebagian besar dikelompokkan 2 kiri, 1bagian tengah, 2 di sebelah kanan) memancar dari pusat badan.

Berikut adalah beberapa ciri ciri echinodermata secara umum:

  • Semua anggota Echinodermata merupakan hewan laut, hidup terutama di dasar laut.
  • Hewan ini memiliki endoskeleton dari osikel berkapur, dan karenanya nama Echinodermata (tubuh berduri).
  • Tingkat organisasi – Tingkat Organ – Sistem organisasi.
  • Simetri tubuh – pada dewasa dengan simetris radial, tetapi pada larva adalah simetris bilateral.
  • Dinding Tubuh – Triploblastik, hewan selomata.
  • Sistem pencernaan lengkap.
  • Mulut hadir di sisi ventral dan anus di sisi dorsal.
  • Fitur yang paling khas adalah sistem vaskular air. Hal ini membantu dalam gerak, penangkapan dan
  • pemindahan makanan dan respirasi.
  • Sistem ekskresi tidak ada.
  • Jenis kelamin terpisah.
  • Reproduksi adalah dengan cara seksual.
  • Fertilisasi biasanya eksternal.
  • Perkembangan adalah tidak langsung dengan berenang bebas larva.

Klasifikasi Echinodermata

Kelas Asteroida
Contoh kelas asteroida : Achantester sp., Linckia sp., dan Pentaceras sp.

Kelas Ophiuroidea
Contoh kelas ophiuroidea : Ophiothrix sp. (bintang ular).

Kelas Echinoidea
Contoh kelas echinoidea : Diadema saxatile (bulu babi), Arbacia punctukata (landak laut).

Kelas Holothuroidea
Contoh kelas holothuroidea : Cucumaria sp., Holothuria sp., dan Bohadschia argus.

Kelas Crinoidea
Contoh kelas crinoidea : Crinoidea yang tubuhnya bertangkai : Metacrinus rotundus (lili laut), Crinoidea yang tidak bertangkai : Oxycomonthus benefn (bintang laut berbulu)

Reproduksi Echinodermata

Echinodermata bereproduksi secara seksual dan aseksual. Reproduksi secara aseksual dengan pembelahan fisi, yaitu penyekatan dan pemisahan pisin pusat (piringan kecil di pusat tubuh), kemudian masing-masing bagian tubuh yang terpisahakan melakukan regenerasi menjadi individu yang lengkap.
Pembuahan terjadi secara eksternal yang akan menghasilkan larva berbetuk simetri bilaterla, kemudian larva tersebut turun ke substrat dan bermetamorfosis menjadi individu yang berbentuk simetri radial. Beberapa spesies ada yang mengerami telurnya

Peranan Echinodermata

Sungguhpun berduri, echinodermata mempunyai peranan penting bagi habitatnya juga dalam kehidupan manusia. Berikut adalah beberapa peranan Echinodermata:

Echinodermata Sebagai Obat
Echinodermata juga dapat digunakan sebagai obat. Sebagai contoh, racun teripang dapat memperlambat laju pertumbuhan sel tumor, sehingga racun teripang digunakan dalam penelitian sel kanker.

Echinodermata sebagai Makanan
Di beberapa negara, seperti Jepang, Peru, Spanyol dan Perancis. Echinodermata menjadi makanan yang sangat lezat. Sekitar 50.000 ton landak laut ditangkap setiap tahun untuk makanan, gonad jantan dan betina landak laut juga dikonsumsi. Sebagai campuran seafood dan buah. Teripang yang dianggap lezat di beberapa negara Asia Tenggara. Di Cina echinodermata digunakan sebagai dasar untuk sup agar-agar dan minuman.

Peran dalam ekologis
Echinodermata juga memiliki penting dalam rantai makanan laut. Echinodermata adalah makanan pokok dari banyak hewan, termasuk berang-berang. Di sisi lain, echinodermata memakan rumput laut dan menjaga pertumbuhan rumput laut. Rumput laut berlebih dapat merusak seluruh terumbu karang.

Peran dalam pertanian
Cangkang echinodemata digunakan di beberapa oleh para petani sebagai zat kapur. Tanah yang kurang memiliki zat kapur dapat ditambahkan dengan cara menabur cangkang echinodermata yang sudah dihaluskan ke tanah, sehingga tanaman bisa mengambil banyak nutrisi dan tanah menjadi subur.

Artikel Pilihan Untuk Sobat :

Dapat kita ketahui ternyata echinodermata memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan kita.
Demikianlah penjelasan tentang echinodermata, ciri-ciri, klasifikasi, reproduksi dan peranannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Pengertian Echinodermata, Ciri-ciri, Klasifikasi, Reproduksi, dan Peranannya | yasri | 4.5