Pengertian dan Macam-macam Riba

Bagi sobat tentu sudah sering mendengar Istilah ini, dan saya yakin sebagian pembaca Genggaminternet.com sudah mengerti tentang Pengertian Riba, namun jika di tanya tentang apa sih atau sebutkan Macam-macam Riba, Tidak semua sobat bisa menjawabnya dengan Rinci dan benar, Maka dari itu Pada Kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memaparkan tentang Pengertian Dan macam Macam Riba yang ada. Soba wajib membaca dan memahami artikel ini, karena ini sifatnya penting. yang menyangkut aturan agama.

Riba dalam agama Islam adalah suatu hal yang dilarang dan diharamkan. Namun saat ini begitu banyak hal yang bisa menjerumuskan kita pada kegiatan riba yang mengakibatkan seseorang terjebak dalam riba. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan macam-macam riba ada saat ini.

pengertian riba

Pengertian Riba

Riba dalam bahasa Arab berarti bertambah dan tumbuh. Ada pula yang menyebutkan bahwa riba adalah penmabahan padabarang-barang khusus. Riba dilarang dan merupakan suatu hal yang haramkan dalam syariat Islam. Jadi kesimpulannya riba adalah akad pertukaran barang tertentu yang  menyebabkan beberapa penambahan di akhir. Misalnya saja Anda berhutang kepada seseorang dalam jumlah Rp 1.000.000 tapi setelah itu Anda harus mengembalikan uang tanggungan Anda sebesar Rp 1.200.000 nah penambahan inilah yang diaharamkan dalam Islam. Setelah mengetahui pengertian riba, maka sekarang saatnya Anda mengetahui macam-macam riba.

Macam-Macam Riba

Untuk Memahami langsung tentang apa saja sistem riba yang ada, Maka mari langsung kita melihat point-point berikut ini.

1. Riba dalam bentuk peminjaman

Riba dalam bentuk peminjaman maksutnya adalah ada kasus dimana ketika seseorang meminjam sejumlah uang dan harus mengembalikan dengan bunga tertentu. Hal ini juga dilarang karena merupakan jenis riba yang pertama. Suatu hal yang melebihi kadar awal kemudian Anda harus membayar sejumlah tambahan biaya merupakan kegiatan riba.

2. Riba dalam bentuk hutang

Sedangkan untuk riba dalam bentuk hutang adalah dimana ada orang yang berhutang kemudian harus mengembalikan sejumlah uang dengan bunganya. Hal ini juga termasuk riba yang dilarang oleh agama.

3. Riba dalam bentuk pegadaian

Sedangkan jenis riba yang terakhir adalah dalam bentuk pegadaian. Misalnya Anda menggadaikan suatu barang dengan jumlah tertentu dan ketika Adna menebusnya ada sejumalh harga yang jauh lebih tinggi daripada harga yang Anda terima pada waktu menggadaika barang. Hal ini pula yang dilarang oleh Islam.

Ada banyak hal yang berkaitan dengan riba sehingga menyebabkan orang tidak bisa menghindari riba. Untuk itu akan lebih aman jika kita menjauhi hutang dan menabung di bank syariah. Dengan begitu kita bisa menjauhi riba yang dilarang oleh agama. Hutang saat ini justru menjadi suatu hal yang sedang digalakkan, banyak oknum dan lembaga yang menawarkan paket hutang hemat beserta bunganya. Kegiatan ini juga salah satu kegiatan riba yang dilarang agama. Akan lebi baik jika Anda menjauhi hutang dan berusaha untuk mandiri.

Selanjutnya Anda juga harus bisa menahan diri untuk tidak tergiur dengan sejumlah bunga yang anda dapatkan dari pinjaman ataupun tabungan. Akan lebih baik bila Anda menabung di bank syariah yang sesuai dengan hukum Islam yang berlaku dan tidak menerapkan riba didalamnya. Semoga informasi kali ini membuat Anda lebih peka dan menjauhi riba.

Sobat genggam internet, Saya berharap untuk artikel kali ini bisa sobat bagikan ke Teman-teman sobat yang ada di media sosial, agar nantinya artikel ini bisa bermanfaat untuk orang banyak. dan akan membuat kita semakin takut dan terhindar dari Riba. semoga bermanfaat ya sobat.

Incoming search terms:

  • macam macam riba
Pengertian dan Macam-macam Riba | yasri | 4.5