Pengertian Dan Fungsi Rangka Manusia

Pengertian Dan Fungsi Rangka Manusia – Sobat setia pembaca website genggaminternet.com kita masih bertemu dan berkumpul untuk membahas mengenai materi biologi yang mana pada kali ini kita akan mencoba untuk membahas mengenai┬áPengertian Dan Fungsi Rangka Manusia, yang mana pada kesemaptan yang lalu saya juga telah membagikan artikel mengenai Bagian-Bagian Rongga mulut. Jika sobat belum membacanya maka silahkan baca terlebih dahulu ya sobat. Baiklah kita kembali kempembahasan kita mengenai Rangka Manusia.

Manusia dapat bergerak berpindah tempat sesuai dengan keinginannya. Gerak bebas tersebut terjadi sebagai hasi kerja sama antara dua sistem organ, Yaitu kerangka atau rangka dan otot. Rangka yang tersusun atas tulang-tulang dapat bergerak karena digerakan oleh otot. Jadi, sebenarnya rangka tidak mempunyai kemampuan untuk menggerakan dirinya. Oleh karena itu, Rangka di sebut Gerak pasif.

Rangka Manusia

Di dalam tubuh, otot-otot menempel dan menghubungkan berbagai organ tubuh, seperti tulang dengan tulang, tulang dengan kulit, Kulit dengan kulit dan lain sebagainya.

Otot mempunyai kemampuan untuk berkontrasi atau memendek dan berelaksasi atau mengendur. Jika otot memendek maka akan dihasilkan tenaga dan terjadilah gerakan organ-organ yang di lekati ataupun organ di sekitarnya kearah tertentu. Bila otot mengendur maka organ-organ tadi akan bergerak ke arah yang berlawanan. Berdasarkan ini semua maka otot disebut alat gerak aktif.

A. RANGKA MANUSIA
Rangka adalah susunan tulang-tulang dengan sistem tertentu. Rangka terletak dalam tubuh, terlindung atau terbalut oleh otot dan kulit. Rangka yang terdapat didalam tubuh disebut dengan rangka dalam atau endoskeleton.
Untuk mendukung fungsi gerak, selain didukung oleh kontraksi dan relaksasi otot, antara tulang dan ruas-ruas tulang satu dengan lainya dihubungkan oleh persendian tulang, pada persendian tersebut dilengkapi dengan tendon dan ligamenum. Interaksi dari seluruh komponen pendukung gerak tersebut akan menghasilkan gerak tertentu dari suatu organisme.

1. Fungsi Rangka
Tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh verteberata mempunyai bentuk beraneka ragam sesuai dengan keduduanya dalam tubuh serta fungsinya, Secara Umum Fungi Rangka adalah sebagai berikut ini.
a. Menunjang tegaknya tubuh
b. Sebagai alat gerak pasif
c. Tempat melekatnya otot rangka
d. Memberi bentuk tubuh
e. menlindungi alat-alat tubuh dalam yang lemah
f. Tempat pembentukan sel-sel darah
g. Sebagai tempat penimbunan mineral

Kerangka manusia terdiri atas tulang rawan (Kartilago) dan tulang keras atau tulang sejati. Dari segi kenampakanya, antara kedua macam tulang tersebut tampak jelas berbeda, yaitu kartilago tampak transparan dan lebih lentur. serta histologis keduanya mempunyai perbedaan yang cukup jelas.

Baca Juga :

Nah demikian ya sobat artikel Pengertian Dan Fungsi Rangka Manusia ini saya bagikan kepada sobat semua, Jika sobat memiliki pertanyaan lain seputar artikel ini, sobat bisa tanyakan langsung di kotak komentar yang ada di bawah ini, sampai bertemu di lain kesempatan dan terima kasih banyak saya ucapkan.

Incoming search terms:

  • pengertian rangka
  • kerangka manusia
  • pengertian rangka manusia
  • fungsi rangka manusia
  • pengertian kerangka manusia
  • pengertian kerangka manusia lengkap
  • apakah yg di maksud dengan rangka manusia
  • apa yang dimaksud dengan rangka dan jelaskan fungsinya
  • yang dimaksud dg rangka com
  • apa yang di maksud rangka dan fungsi nya
Pengertian Dan Fungsi Rangka Manusia | yasri | 4.5