Pengertian Dan Fungsi Jaringan Tulang Rawan

Fungsi Jaringan Tulang Rawan – Kesempatan kali ini kita akan membahas kembali mengenai materi biologi yang tentu saja sobat sukai, Nah pada postingan ini kita akan membahas mengenai Bagian-bagian Tulang Rawan berserta Fungsinya, yang tentu saja nantinya akan memudahkan sobat dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru sobat, Baiklah untuk kali ini saya tidak akan panjang lebar, langsung saja di simak artikelnya di bawah ini ya sobat.

Jaringan tulang rawan terdiri atas sel-sel tulang rawan yang terlilndung oleh fibrosa tipis dan tersimpan pada suatu rongga dalam matriks. Matriksnya banyak dengan komponen utama zat kondrin. Jaringan tulang rawan pada anak-anak berasal dari jaringan embrional atau mesenkim, sedangkan pada orang dewasa berasal dari selaput tulang rawan atau perikondrium yang banyak mengandung koadroblas atau pembentuk sel-sel tulang rawan.
Jaringan tulang rawan merupakan jaringan penguat yang bersifat fleksibel, Fungsinya adalah untuk menyokong rangka pada embrio dan bagian-bagian dari rangka orang atau hewan dewasa.
Ada tiga macam tulang rawan atau kartilago, yaitu kartilago hialin, kartilago fibrosa, dan kartilago elastin.

fungsi tulang rawan

1. Jaringan Kartilago Hialin
Pada jaringan ini matriksnya tampak transparan atau bening, jernih dang mengilap kebiruan, jaringan ini terdapat pada permukaan tulang sendi. Cincin tulang rawan pada batang tenggorok dan cabang batang tenggorok, laring. ujung tulang rusuk yang melekat pada tulang dada dan pada ujung tulang panjang. Kartilago hialin berperan penting sebagai bagian terbesar dari rangka embrio, membantu pergerakan persendian, menguatkan saluran pernapasan, memberi kemungkinan pertumbuhan memanjang tulang pipa, dan memberi kemungkinan tulang bergerak saat bernafas.

2. Jaringan Kartilago Fibrosa
Pada jaringan ini Matriksnya berwarna gelap dan Keruh. mempunyai serabut- serabut kolagen yang tersusun secara sejajar dan membentuk suatu berkas. Jaringan ini terdapat pada perekatan ligamen-ligamen tertentu pada tulang, Persendian tulang pinggang pada cakram antar ruas tualang belakang, serta pada pertautan antar tulang kemaluan kiri dan kanan. Fungsi utama jaringan tulang rawan fibrosa adalah memberikan proteksi dan penyokong.

3. Jaringan Kartilago Elastin
Pada Jaringan ini Matriksnya berwarna keruh kuning-kekuningan dan banyak mengandung serabut kolagen yang bersetruktur jala. Jaringan ini terdapat pada telinga bagian luar (daun telinga), Epiglotis pembuluh eustachina dan laring. Fungsi jaringan kartilago elastis adalah memerikan fleksibelita suatu organ serta memberikan sokongan.

Baca Juga :

Bagian-bagian dan Fungsi Akar


Pengertian Organel
Pengertian Membran Sel
Sejarah Penemuan Sel

Demikian artikel Fungsi Jaringan Tulang Rawan ini saya bagikan kepada sobat semua, Jika masih ada kekurangan silahkan saja sobat beri tanggapan di kotak komentar facebook yang ada di bagian bawah artikel ini, dan jika sobat merasa artikel ini bermanfaat, silahkan saja jangan sungkan sobat bagikan artikel di website genggaminternet ini kepada teman-teman sobat yang ada di Media sosisal seperti facebook, twitter dan Google plus sobat, akhir kata dari saya, sampai bertemu di lain kesempatan dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • jaringan tulang rawan
  • fungsi tulang rawan
  • fungsi jaringan tulang rawan
  • letak jaringan tulang rawan
  • fungsi jaringan kartilago
  • Tulang rawan terdiri atas
  • pengertian dan fungsi jaringan tulang rawan
  • tulang rawan dan fungsinya
  • gambar cintih cincin tulang rawan
  • sebutkan fungsi tulang rawan
Pengertian Dan Fungsi Jaringan Tulang Rawan | yasri | 4.5