Pengertian Dan Definisi Kebijakan Publik

Tidak terasa sudah dua hari saya tidak Nongol untuk memberikan Infomasi Pelajaran sekolah terupdate untuk teman-teman semuanya, Kali ini kita akan mencoba untuk membahas mengenai Pendidikan Kewarga Negaraan yang mana materi yang akan kita ambil pada hari ini adalah Pengertian Dan Definisi Kebijakan Publik, di dalam pembahaan ini akan ada macam-macam kebijakan publik yang dapat kamu temukan, Apa saja sih Definisi Kebijakan Publik Menurut Para ahli, dan bagaimana sih contoh kebijakan publik serta apa sih macam-macam kebijakan publik itu, untuk mendapatkan jawaban itu teman-teman bisa membaca artikel ini sampai tuntas, Niscaya teman-teman akan mendapatkan jawabannya.

Jika kita melihat secara sederhana kebijakan publik merupakan konsep dasar rencana dari pemerintah atau organisasi publik untuk mengatur suatu kepentingan umum ataupun khalayak ramai. Apabila kita melihat secara umum, maka pengertian kebijakan publik merupakan segala sesuatu yang dikerjakan dan tidak dikerjakan oleh pemerintah untuk kepentingan umum, yang mana segala sesuatu itu merupakan setiap aturan dalam kehidupan bersama, baik itu hubungan antar warga ataupun warga dengan pemerintah.

publik

Taukah kamu sobat Genggaminternet.com Kebijakan publik biasanya di tuangkan didalam peraturan perundang-undangan seperti undang-undang (UU), Peraturan Presiden dan peraturan daerah yang lebih di kenal dengan singkatan PERDA, ini merupakan bentuk-bentuk dari kebijakan publik. Kebijakan publik atau kebijakan umum merupakan perogram-progam yang di terapkan oleh pemerintah dalam arti luas untuk mencapai tujuan masyarakat. Dapat kita artikan dengan kata lain, kebijakan publik merupakan keputusan dari lembaga yang berwenang atau pemerintah yang menyangkut kepentingan masyarakat luas. Contohnya saja dapat kita lihat pada Tarif Telefon, Tarif Dasar Listrik, Harga BBM Dan lain sebagainya.

Di materi ini, kita akan membagi kebijakan publik menjadi 4 bagian yang mana pertama kita akan mengupas kebijakan publik menurut para ahli, dan yang kedua macam-macam kebijakan publik, Fungsi Kebijakan Publik dan juga Perumusan Kebijakan Publik. baik sekarang kita akan langsung ke bagian pertama, Pembahasanya secara lengkap silahkan simak di bawah ini.

1. Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli

Thomas R. Dye
Thomas R. Dye, Mengatakan bahwa pengertian kebijakan publik Merupakan segala sesuatu yang dikerjakan pemerintah, mengapa mereka melakukan, dan hasil yang membuat sebuah kehidupan bersama tampil berbeda
Carl Frederich
Carl Frederich, Mengatakan bahwa pengertian kebijakan publik Merupakan serangkaian tindakan yang diusulkan seseorang, kelompok, atau pemerintah dalam suatu lingkungan tertentu, dengan ancaman dan peluang yang ada
David Easton
David Easton, Mengatakan bahwa pengertian kebijakan publik merupakan pengaruh dan aktivitas pemerintah.

2. Macam-Macam Kebijakan Publik

a. Kebijakan Umum Ekstraktif
Kebijakan umum ekstraktif merupakan penyerapan sumber-sumber materiil dan sumber daya manusia yang ada di masyarakat. Seperti pemungutan pajak dan tarif, iuran dan retribusi dari masyarakat, dan pengolahan sumber alam yang terkandung dalam wilayah negara
b. Kebijakan Umum Distributif
Kebijakan umum distributif merupakan pelaksanaan distrubusi dan alokasi sumber-sumber kepada masyarakat. Distribusi berarti pembagian secara relatif merata kepada semua anggota masyarkat, sedangkan alokasi berarti yang mendapat bagian cenderung kelompok atau sektor masyarakat tertentu sesuai dengan skala prioritas yang ditetapkan atau sesuai dengan situasi yang dihadapi pada waktu itu.
c. Kebijakan Umum Regulatif
Kebijakan umum regulatif merupakan pengaturan perilaku anggota masyarakat. Kebijakan umum yang bersifat regulatif merupakan peraturan dan kewajiban yang harus dipatuhi oleh warga masyarakat dan para penyelenggara pemerintahan negara.

3. Fungsi Kebijakan Publik

Tentu saja sebuah sistem kebijakan di ciptakan memiliki Fungsi-fungsi, Nah fungsi dari kebijakan tersebut adalah sebagai berikut ini.

Menciptakan ketertiban dalam masyarakat demi kelancaran pelakanan kebijaksanaan ekstraktif dan distributif
Menjamin hak asasi warga masyarakat dari penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan oleh penyelenggara pemerintahan ataupun kelompok dominan di masyarakat.

4. Perumusan Kebijakan Publik

Pembuatan kebijakan publik dilakukan memalui proses yang mana proses itu dinamakan perumusan kebijakan publik, dan alur perumusan kebijakan publik secara umum adalah sebagai berikut ini.

Proses Input
Proses input adalah proses masukan yang terdiri atas tuntutan, kritikan ataupun dukungan yang berasal dari masyarakat.
Pengolahan Input
Tuntuan, kritikan, ataupun dukungan yang ada akan diklasifikasikan satu per satu menjadi rekomendasi. Setelah itu input akan dibahas oleh pembuat kebijakan seperti peemrintah, DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, tokoh masyarakat, atau tokoh agama. Hasil pembahasan oleh pembuata kebijakan tersebut akan menghasilkan suatu keputusan yang akan menjadi suatu kebijakan.
Proses Output
Hasil keputusan yang telah menjadi kebijakan publik yang jika diimplementasikan atau dilaksanakan oleh seluruh masyarakat. Hasil pelaksanaan kebijakan tersebut akan dievaluasi kembali untuk perbaikan atau penyempurnaan kebijakan selanjutnya.

Teman-teman sekarang sudah mengertikan apa itu kebijakan publik, saya rasa dengan adanya pembahasan ini teman-teman tentu akan semakin mengerti tentang kebijakan publik, buat yang sedang mengerjakan tugas, selamat mengerjakan tugas ya, Rajin-rajin belajar agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, terima kasih.

Incoming search terms:

  • pengertian kebijakan publik
  • kebijakan publik
  • Macam macam kebijakan publik
  • definisi kebijakan publik
  • Materi kebijakan publik
  • fungsi kebijakan publik
  • pengertian kebijakan
  • kebijakan publik adalah
  • pengertian kebijakan publik secara umum
  • arti kebijakan publik
Pengertian Dan Definisi Kebijakan Publik | yasri | 4.5