Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Primer

Sepertinya hari ini kita akan membahas mengenai materi baru yang sebelumnya belum pernah kita share di website genggaminternet.com ini, materi kali ini adalah Materi IPS untuk SD Kelas 5 Semester 1, pasti diantara adik adik yang sedanga di berikan tugas sekolah oleh bapak ibu guru lagi kebingungan ini mencari jawaban mengenai soal, sebutkan Contoh Kebutuhan primer, ataupun jelaskkan tentang pengertian kebutuhan primer. tenang sobat kamu sudah berada di website yang tepat karena semua pertanyaan kamu di atas akan segera di jawab dan pastinya akan menyelesaikan soal-soal yang di berikan oleh bapak ibu guru yang ada di sekolah. nah mari langsung saja simak di bawah ini ya.

Berdasarkan Intensitas kegunaanya kebutuhan dapat kita bedakan menjadi Tiga bagian, yaknikebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Pengertian Kebutuhan Primer, Kebutuhan primer merupakan kebutuhan dasar ataupun kebutuhan minimal yang harus di penuhi manusia agar layak hidup. Jika kebutuhan primer tidak di penuhi, maka yang terjadi adalah kelangsungan hidup manusia akan terganggu. Agar lebih lengkap dan sobat lebih mudah memahaminya marilah Kita simak Contoh contoh kebutuhan primer di bawah ini.

pengertian Kebutuhan Primer

Kebutuhan Primer pada manusia yang paling utama dan harus ada yakni terdiri dari tiga, sandang, pangan dan papan.

1. Sandang

contoh kebutuhan Sandang

Sadang atau lebih di kenal dengan Pakaian, pakaian tentu saja berfungsi untuk menutup aurat, menghangatkan tubuh dan lain sebagainya. pada Jaman purbakala memang manusia belum membutuhkan pakaian. namun seiring berjalanya waktu, pakaian menjadi sangat di butuhkan dan menjadi salah satu kebutuhan yang harus di penuhi oleh manusia. Tanpa sandang Manusia masih bisa bertahan hidup, akan tetapi jika sesorang tidak mengenakan pakaian, maka umumnya yang terjadi adalah kedinginan, masuk angin dan merasa malu untuk berbaur dengan orang lainya. Saat ini, penggunaan pakaian tidak hanya sebatas sebagai penghangat tubuh dan penutup aurat saja. Tetapi juga sebagai penghias tubuh dan sebagai penunjuk status sosial.

2. Pangan

contoh kebutuhan pangan

Pangan dapat kita artikan sebagai makanan dan di sini juga suda termasuk minuman. Makanan tentu saja adalah kebutuhan pokok yang paling utama di butuhkan setiap makhluk hidup. Tanpa adanya pangan, manusia tentu saja tidak akan membut untuk bertahan hidup. pangan juga berfungsi untuk pemberi nutrisi bagi pertumbuhan sesorang. oleh sebab itulah, makanan yang layak dan sehat merupakan kebutuhan setiap manusia dari zaman dahulu hingga kiamat kelak. pangan tersebtu berupa sembako (sembilan bahan pokok: Beras, sagu, dan jagung; gula pasir; sayur-sayuran dan buah-buahan; daging; minyak goreng dan margarin; susu; telur; minyak tanah atau LPG; dan garam beriodium dan bernatrium).

contoh restoran

Kini, fungsi pangan tidak sebatas sebagai alat pengganjal perut saja. Tetapi juga digunakan sebagai alat untuk memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh dan juga sebagai salah satu alat pemuas hidup (contohnya adalah makanan yang enak). Selain itu, pangan juga bisa sebagai alat penunjuk status sosial. Seperti orang yang membeli nasi di warung beda status sosialnya dengan orang yang membeli nasi di restoran mewah.

3. Papan

Contoh Kebutuhan Papan

Dalam hal ini Papan berarti rumah ataupun tempat tinggal, papan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia saat ini, memang tanpa tempat tinggal manusia masih bisa bertahan hidup akan tetapi tanpa tempat tinggal manusia tidak terlindungi dari hujang, angin malam yang dingin, binatang yang buas, pencuri dan juga manusia tentu saja akan mendapat gangguan psikologis.
Papan juga dapat berfungsi sebagai penunjuk sosial. seperti orang yang tinggal di rumah yang sederhana atau kos-kosan status sosialnya tentu akan berbeda dengan orang yang tinggal di apartemen ataupun Rumah mewah.

Selain ketiga Kebutuhan pokok di atas ternyata masih ada kebutuhan lainya yang harus di penuhi dengan seiringnya perkembangan zaman, Contoh Kebutuhan Primer lainya adalah , Pendidikan, Pekerjaan, Seksual, Kesehatan, Pengetahuan, Informasi, Teman, Kasih sayang, Keselamatan, Keamanan, Ketentraman, Mencintai dan dicintai, Berhubungan, Keberadaannya diperhitungkan oleh orang lain Dan Menunjukkan kemampuan dan prestasi.

Bagai mana adik-adik sudah kah adik-adik mengerti apa yang di maksud dengan Kebutuhan Primer,? berserta dengan contoh-contohnya. jika masih ada yang belum faham boleh kok sobat tanyakan langsung ke admin website ini, silahkan tinggalkan pertanyaan, komentar, kritik dan saran sobat di kotak komentar di bawah ya, admin selalu menunggu masukan dari sobat semua, terima kasih.

Incoming search terms:

  • Sandang pangan papan
  • kebutuhan primer
  • contoh kebutuhan primer
  • contoh sandang
  • kebutuhan pokok
  • pengertian sandang pangan papan dan contohnya
  • contoh kebutuhan sandang
  • pengertian sandang
  • Pengertian sandang pangan papan
  • contoh sandang pangan papan
Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Primer | yasri | 4.5