Pengertian Biosfer Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagian luar dari planet bumi atau biosfer. Apakah pengertian biosfer: apa itu biosfer? berikut adalah uraian tentang pengerian biosfer dan apa itu biosfer. Tapi sebelum kalian membaca artikel ini lebih jauh, Ada baiknya kalian lihat-lihat juga materi yang sebelumnya sudah saya bagikan kepada kalian di kesempatan yang lalu, Nah mungkin sekarang sudah saatnya untuk kita langsung saja melihat Artiekel detailnya di bawah ini ya sobat.

Pengertian Biosfer

Pengertian Biosfer: Apa itu biosfer ?

Secara arti kata, biosfer terbentuk dari kata bio yang berarti hidup dan sphere yang memiliki arti lapisan. Jadi, bila digabungkan biosfer adalah lapisan di mana tempat makhluk hidup itu tumbuh atau menjadi habitat bagi makhluk hidup baik manusia, flora dan fauna, serta mikroorganisme lainnya.
Menurut Kamus Besat Bahasa Indonesia, biosfer adalah bagian atmosfer yang paling bawah di dekat permukaan bumi, tempat tinggal makhluk hidup; lingkungan yang berupa segala sesuatu yang hidup (manusia, hewan, tumbuhan).

Sedangkan menurut wikipedia, biosfer adalah bagian luar dari planet Bumi, mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. Dalam pengertian luas menurut geofisiologi, biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmereka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi. Bumi hingga sekarang adalah satu-satunya tempat yang diketahui yang mendukung kehidupan. Biosfer dianggap telah berlangsung selama sekitar 3,5 miliar tahun dari 4,5 miliar tahun usia Bumi.

Dari penjelasan diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa pengertian biosfer sederhananya adalah tempat di Bumi dimana makhluk hidup ada. Sehingga baik itu manusia, animalia, plantae, dan bahkan makhluk makhluk mikrobiologis yang ada, dan hidup di Bumi, apabila mereka masih mampu hidup dan melangsungkan kehidupan ditempat tersebut, maka itu masih merupakan biosfer Bumi.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biosfer

1. Iklim
Faktor yang mempengaruhi biosfer yang pertama adalah faktor iklim. Iklim merupakan kondisi suhu dan juga kelembaba udara yang terjadi di suatu wilayah atau pun daerah tertentu dalam jangka waktu yang sangat panjang / lama. Pada dasarnya tidak semua makhluk hidup dapat tinggal di semua jenis iklim. Beberapa makhluk hidup hanya dapat tinggal di iklim trofis dan iklim subtrofis. Oleh karena itu, semakin panjang bentang iklim yang dimiliki oleh suatu lingkungan biosfer tertentu, maka semakin besar pula kemungkinan lingkungan tersebut untuk ditinggali organisme makhluk hidup.

2. Kondisi Geologi
Faktor kedua yang mempengaruhi kondisi biosfer adalah kondisi geologi. Kondisi geologi merupakan kondisi lingkungan fisik alam sekitar. Kondisi geologi mencakup berbagai macam hal seperti tingkat suhu lingkungan, keberadaan air, udara, dan berbagai macam faktor lainnya. Semakin lengkap kondisi geologi suatu lingkungan biosfer, maka semakin besar pula kemungkinan tempat tersebut untuk ditinggali oleh organisme makhluk hidup.

3. Ketinggian Tempat
Faktor ketiga yang mempengaruhi kondisi atau pun keadaan biosfer adalah ketinggian tempat. Ketinggian tempat memegang peranan penting terhadap kehidupan organisme makhluk hidup. Tidak semua organisme makhluk hidup dapat hidup di daerah – daerah yang tinggi. Bahkan, pada ketinggian tertentu, tidak ada satu organisme makhluk hidup pun yang dapat hidup. Oleh karena itu, untuk bisa ditinggali, lingkungan biosfer harus berada pada ketinggian yang wajar / sesuai dengan kebutuhan organisme makhluk hidup.

4. Faktor Biotik
Selain tiga faktor di atas, faktor terakhir yang turut mempengaruhi kondisi biosfer adalah faktor biotik. Faktor biotik merupakan faktor – faktor makhluk hidup yang mendukung kehidupan organisme makhluk hidup lainnya. Tanaman pohon misalnya, merupakan faktor biotik untuk berbagai macam organisme makhluk hidup lainnya seperti burung, tupai, manusia, bakteri, dan berbagai macam organisme makhluk hidup lainnya.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian biosfer: apa itu biosfer serta beberapa faktor yg mempengaruhinya. Semoga bermanfaat dan menambaj wawasan anda. Jika kalian berkenan maka silahkan share artikel ini kepada teman-teman kalian, agar nantinya artikel ini bisa Lebih banyak di baca oleh 0rang lain, terima kasih.

Incoming search terms:

  • faktor-faktor yang mempengaruhi biosfer
  • sebutkan dan jelaskan faktor faktor yang mempengaruhi biosfer