Pengertian Bioma dan Macam-macam Bioma serta Ciri-cirinya

Sering mendengar istilah bioma? Apa itu bioma? Apa saja macam macam bioma? Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian bioma dan macam macam bioma. Simak yuk!

Pengertian Bioma
Bioma secara iklim dan geografis berarti wilayah yang memiliki sifat geografis dan/atau iklim yang sama, seperti komunitas tumbuhan, hewan, organisme tanah, bakteri, dan virus; sering juga disebut ekosistem. Beberapa bagian bumi memiliki jumlah makhluk hidup dan makhluk tak hidup dalam takaran yang berbeda, yang menjadi dasar pembagian bioma. Bioma juga ditentukan oleh stuktur tumbuhan (seperti pohon, semak, dan rerumputan), jenis daun, jarak antar tumbuhan, dan iklim. Berbeda dengan zona flora dan fauna, bioma tidak dibedakan menurut genetik, taksonomi, atau kesamaan sejarah.

Pengertian Bioma

Jadi, bisa dikatakan bioma adalah Ekosistem besar yang meliputi suatu daerah yang luas dan memiliki flora dan fauna yang khas. Bioma merupakan ekosistem-ekosistem yang terbentuk karena perbedaan letak geografis dan astronomis. Sebuah bioma pada dasarnya terdiri atas produsen, konsumen, dan pengurai (dekomposer) yang di dalamnya terjadi aliran materi dan energi yang selalu dimulai dari tumbuhan. Ciri khas dari sebuah bioma adalah vegetasi tertentu yang dominan pada suatu wilayah yang dipengaruhi oleh kondisi Iklim regionalnya.

Macam- Macam Bioma serta ciri-cirinya

1. Bioma Gurun
Bioma gurun, didominasi oleh batu atau pasir dan sangat jarang ditemukan tumbuhan. Dan bioma gurun mempunyai ciri-ciri antara lain :

Memiliki curah hujan yang sangat rendah sekitar 250 mm per tahun. Kemudian memiliki intensitas akan panas dari matahari yang sangat tinggi.
Tingkat penguapannya lebih tinggi daripada curah hujan.
Kelembaban udara sangatlah rendah.
Tumbuhan yang ada memiliki akar yang panjang dan daun dengan ukuran kecil mirip duri. Ukuran yang kecil pada daun mempunyai fungsi untuk mengurangi terjadinya penguapan. Sedangkan akar yang panjang berguna dalam mengambil air dari lokasi yang dalam kemudian disimpan pada jaringan spon.

2. Bioma Stepa
Macam Macam Bioma Dan Ciri Cirinya yang juga perlu anda ketahui yaitu bioma stepa. Bioma Stepa (Padang Rumput) berada pada daerah tropika hingga daerah subtropika dengan curah hujan yang dimiliki tak cukup bagi pertumbuhan hutan. Bioma Stepa mempunyai ciri-ciri diantaranya :

  • Memiliki Curah hujan yang tidak beraturan.
  • Pada umumnya tanahnya tidak dapat menyimpan air karena porositas tanahnya rendah serta sistem penyalurannya juga kurang baik. Jadi berbagai jenis rumput tumbuh subur.
  • Terdapat pohon yang khas, yakni Akasia
  • Penyebaran bioma Stepa berada di Afrika, Amerika bagian barat, Amerika Selatan, Australia serta Argentina.

3. Bioma hutan basah (hutan hujan tropis
Bioma ini terdapat di Amerika Selatan, semenanjung Amerika Tengah, Madagaskar, Australia Utara, Afrika, Indonesia juga Malaysia. Berbagai jenis tumbuhan hidup dengan baik, karena memperoleh curah hujan dan sinar matahari secara cukup. Ciri dari bioma hutan basah yaitu :

  • Curah hujannya lebih dari 2.000 mm per tahun.
  • Berbagai pohon yang utama berketinggian sekitar 20–40 m.
  • Memperoleh cahaya matahari dengan cukup meski tidak dapat menembus dasar hutan.
  • Mempunyai iklim mikro.

4. Bioma Sabana
Sabana merupakan padang rumput dengan diselingi oleh berbagai pohon yang menyebar. Pada umumnya Sabana berada pada daerah tropik hingga subtropik, seperti pada Benua di Afrika, Australia dan Amerika Selatan. Ciri-ciri bioma sabana yaitu :

  • Memiliki suhu yang panas hingga sepanjang tahun.
  • Terjadinya hujan secara musiman yang menjadi faktor utama untuk terbentuknya sabana.

5. Bioma Taiga
Bioma ini banyak tersebar pada belahan bumi bagian utara, seperti di Rusia serta Kanada. Bioma Taiga adalah bioma yang paling luas diantara bioma lainnya yang terdapat di bumi. Ciri-cirinya yakni :

  • Memiliki musim dingin cukup panjang sedangkan musim kemarau yang sangat singkat namun panas.
  • Air dapat berubah menjadi es pada saat musim dingin dan dapat hingga 2 meter berada di bawah permukaan tanah.
  • Tumbuhan yang ada sangat sedikit, hanya terdiri atas dua hingga tiga jenis tumbuhan saja.

6. Bioma tundra
Bioma ini terdapat pada daerah kutub utara serta selatan, dan tidak ada pohon yang dapat hidup di sini. Hanya terdapat tumbuhan kecil sejenis lumut atau rumput. Ciri dari Bioma Tundra yaitu :

  • Sebagian wilayahnya ditutupi oleh salju.
  • Mempunyai musim dingin dan musim panas yang cukup panjang.
  • Tanaman yang tumbuh hanya dapat hidup dengan usia yang sangat pendek.

Demikianlah uraian tentang pengertian bioma dan macam macam bioma serta ciri-cirinya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda, Jangan pernah ragu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman anda yang ada di media sosial seperti Facebook, Twitter dan mendia sosial lainnya, Terima Kasih dan sampai ketemu lagi di artikel berikutnya.

Pengertian Bioma dan Macam-macam Bioma serta Ciri-cirinya | yasri | 4.5