Pengertian Basis Data dan Normalisasi Lengkap

Setelah Anda mengetahui banyak tentang ilmu yang berkaitan dengan sistem hardware maupun software, kali ini pun kami masih akan membagikan beberapa pengetahuan yang masih berkaitan dengan data dan software.

Mengapa banyak data yang berkaitan dengan software ? Hal ini dikarenakan ada banyak sistem yang bisa mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaannya, semakin banyak software semakin banyak pula hal yang bisa Anda lakukan. Nah berikut ini kami akan menyampaikan pengetahuan mengenai basis data dan normalisasi lengkap serta poin penting yang masih berkaitan dengan hal tersebut.

Pengertian Basis Data Dan Normalisasi Lengkap

Definisi dari basis data dan normalisasi lengkap adalah sebuah kumpulan informasi yang bisa disimpan dalam komputer secara sistematik dan bisa diperiksa menggunakan sebuah program dalam komputer untuk mendapatkan informasi berbasis data atau biasa dikenal dengan database. Sedangkan perangkat lunak yang berguna untuk mengelola dan memanggil kueri basis dikenal dengan database management system.

Pengertian Basis Data

Pengertian Sistem DataBase

Jadi sistem database adalah sebuah sistem yang mampu menyusun dan mengelola rekaman-rekaman dengan memanfaatkan komputer, tujuannya adalah untuk menyimpan dan menjaga data operasional lengkap dari sebuah lembaga agar bisa menyediakan informasi saat diperlukan oleh pengguna untuk pengambilan data atau keputusan.

Setelah mengetahui banyak hal mengenai sistem database sekarang saatnya kita mengetahui tujuan dalam menganalisa sebuah sistem. Dengan menggunakan sistem kita bisa menentukan kebutuhan data yang didapat dari databaase, mengidentifikasi aturan yang masih berhubungan dengan kesatuan data, menentukan jenis transaksi yang bisa diambil dalam database.

Pengertian Normalisasi Lengkap

Normalisasi lengkap merupakan proses untuk mendesain struktur database dengan teknik analisis data yang bisa mengorganisasikan atribut data, caranya adalah dengan mengelompokkan data kemudian akan terbentuk enttas non-redudant, stabil dan fleksibel sehingga membuahkan hasil yang normal.

Tujuan Normalisasi

Berikut ini adalah beberapa tujuan normalisasi.

1. Mampu menghilangkan kerangkapan pada data redudansi
2. Mengurangi kompleksitas pada data
3. Memudahkan user untuk memodifikasi data dan menghilangkan anomali data.

Demikian adalah yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan ilmu pengetahuan sistem database dan juga normalisasi. Untuk pengetahuan lebih lanjut Anda bisa mempelajarinya mengenai bagaimana kedua hal ini bekerja. Ada banyak manfaat yang didapat dari adanya software, hanya saja dibutuhkan waktu untuk dan Anda harus memahami beberapa rumus yang disediakan untuk sebuah sistem.

Sebuah sistem mampu mengelola beberapa data, untuk itu Anda harus paham benar bagaimana memanfaatkan sebuah rumus dan menggunakan rumus tersebut sehingga bisa membantu pekerjaan Anda.

Baca Juga : Riset Operasi Lengkap Dan Sistem Operasi

Semoga ilmu diatas bisa bermanfaat untuk Anda yang masih belajar ditahapan pemula, karena untuk mengerti semua ilmu tentang software dibutuhkan proses yang tidak cepat, jadi mulai bertahap, dimana Anda mulai belajar ilmu dasar dari setiap teori yang ada.

Incoming search terms:

  • basis data dan normalisasi
  • materi normalisasi
Pengertian Basis Data dan Normalisasi Lengkap | yasri | 4.5