Manfaat Sumber Daya Alam Hayati

Tentu akan menjadi hal yang sangat menarik sekali jika kita membahas mengenai Materi Biologi, yang mana materi ini adalah materi yang paling banyak di minati oleh teman-teman pembaca setia website Genggam Internet, untuk kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai Manfaat Sumber Daya Alam Hayati, Apa itu sumber daya alam hayati.? dan apa saja manfaatnya bagi lingkungan dan makhluk hidup lainya.? manfaat sumber daya alam hayati di bidang ekonomi, serta manfaat sumber daya alam hayati bagi kehidupan sehari-hari, nah tentu saja di kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membahasnya secara lengkap yang mudah-mudahan saja bisa menjawab semua pertanyaan sobat, mari kita langsung menyimak di bawah ini.

Sumber Daya alam Hayati

Taukah sobat sumber daya alam hayati memiliki manfaat yang penting bagi kehidupan manusia, Antara lain dalam bidang ekonomi, biologi dan bagi lingkungan, tentu saja semua itu sangatlah membantu manusia karena sumber daya alam hayati meliputi ragam hewan, tumbuhan dan mikroorganisme. Sumber daya alam hayati termasuk kedalam sumber daya alam yang dapat di perbaharui. Berbagai kebutuhan manusia untuk hidup sehari-hari di peroleh dari sumber daya hayati tersebut. Walaupun sumber daya alam hayati bisa di perbaharui di sadari bahwa kemampuan untuk memperbaharui terbatas, Oleh karenanya di perlukan keseimbangan antara pemanfaatan serta pelestarian sumber daya alam hayati agar generasi-generasis mendatang juga bisa menikmatinya. sehingga sumber daya alam hayati sangatlah penting bagi manusia yang sangat berfungsi menghidupi segala keperluan manusia, Sehinga sumber daya alam hayati sangat bermanfaat. Untuk Lebih jelasnya mari kita langsung melihat Point Perpoint dan penjelasanya di bawah ini.

a. Manfaat dalam Bidang Ekonomi
Taukah sobat Berbagai Jenis Ikan yakni Ikan Tuna dan Ikan Cakalang serta jenis Udang yakni Udang Windu memiliki Nilai ekonomi yang sayngat tinggi karena dapat di ekspor untuk menghasilkan Devisa bagi Negara. Sementara itu Nilai ekonomi hutan dapat berupa hasil kayu serta hasil Rotan yang juga dapat di Ekspor ke Manca Negara atau digunakan di dalam Negri. Selain itu, ada beberapa jenis tumbuhan di hutan yang menghasilkan getah, misalnya pinus dan damar. Getah tersebut digunakan sebagai bahan minyak terpentin. Berbagai jenis tanaman pangan dan tumbuhan obat juga memiliki nilai ekonomi yang penting. Hasil tanaman pangan dan obat itu dapat dijual di pasar setempat atau di pasar nasional. Beberapa jenis tanaman pangan dapat juga menembus pasar internasional. Nah demikian Beberapa manfaat sumber daya alam hayati bagi Bidang Ekonomi, sekarang kita akan berlanjut ke Manfaat berikutnya Yakni Manfaat dalam Bidang Biologi.

b. Manfaat dalam Bidang Biologi
Taukah sobat Manfaat sumber daya alam hayati dari segi Biologi Yakni Sebagai penunjang kehidupan makhluk hidup. Tumbuhan menghasilkan Oksigen yang di perlukan untuk pernapasan makhluk hidup. Tumbuhan juga menghasilkan makanan bagi makhluk hidup yang lain, Tumbuhan di hutan melindungi Tanah dari terjadinya Erosi dan juga longsor serta dapat menyimpan air untuk kehidupan makhluk hidup yang lainya.

Untuk Perternakan serta pertanian telah banyak memanfaatkan sumber daya alam hayati, berbagai jenis bahan pangan serta sandang di peroleh dari hasil budidaya tumbuhan dan juga hewan.  Tumbuhan dan hewan yang dibudi dayakan sebenamya berasal dari hutan yang hingga saat ini masih terdapat berbagai jenis yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Berbagai jenis tumbuhan dan hewan di hutan itu merupakan sumber plasma nutfah atau plasma benih. Plasma nutfah adalah sifat-sifat unggul atau khas yang diwariskan secara turun-temurun. Beberapa jenis tumbuhan dan hewan liar ada yang memiliki sifat-sifat unggul, misalnya tahan terhadap serangan hama dan kekeringan serta penghasil obat-obatan. Apabila tumbuhan atau hewan liar yang memiliki sifat-sifat unggul tersebut dikawin silangkan dengan tumbuhan atau hewan lain yang sejenis, kemungkinan akan diperoleh jenis unggul. Nah itu dia manfaat Sumber daya alam hayati dalam bidang Biologi, selanjutnya kita akan membahas manfaat sumber daya alam hayati bagi Lingkungan, serang mari kita langsung simak di bawah ini.

c. Manfaat bagi Lingkungan
Taukah sobat sumber daya alam hayati adalah komponen biotik dalam Ekosistem, Tumbuhan hijau berperan sebagai produsen karena mampu menghasilkan makanan bagi dirinya sendiri dan juga makhluk hidup yang lainya.
Kita pernah menyinggung sebelumya yakni Proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau di sebut dengan Fotosintesis, Kegiatan Fotosintesis dapat menurunkan kadar CO2 dan meningkatkan kadar 02 di udara. Hewan berperan sebagai konsumen dan melepaskan CO2 ke udara ketika bernapas. Mikroorganisme berperan sebagai pengurai yang mengubah zat-zat organik menjadi zat anorganik terlarut yang dapat diserap oleh akar tanaman untuk membuat makanan. Pepohonan di hutan juga dapat mencegah longsor dan erosi. Apabila pohon-pohon di lereng gunung habis karena ditebang, air hujan yang mengalir deras akan membawa partikel permukaan tanah menjadi aliran lumpur. Yang terjadi adalah, saat musim hujan berikutnya akan lebih banyak lagi air yang mengalir sepanjang lereng karena daya serap tanah yang semakin berkurang. Berkurangnya daya serap air oleh tanah itulah dapat mengubah tanah menjadi gersang. Pohon Pohon di daerah pemukiman dapat menurunkan suhu udara.  Menurut Bianpoen (1977), pembuatan jalur hijau seluas 400 m X 800 m mampu menurunkan suhu dan bagian kota yang berada pada jarak 2,5 km sebesar 2,5°C, sedangkan sebuah lapangan rumput seluas 100 m X 200 m hanya mampu menurunkan suhu sebesar 1°C dan bagian kota yang ada pada jarak 1 km.

Baca juga :

Penyakit Sistem Peredaran Darah
Kebutuhan Sumber Daya Manusia
Proses Pembentukan Minyak Bumi

Nah sobat, Demikian manfaat dari Manfaat Sumber Daya Alam Hayati bagi kehidupan yang wajib sobat ketahui, sehingga nantinya sobat akan menjaga alam ini dengan baik tentunya, saya percaya sobat genggam internet adalah sobat yang Bertanggung jawab yang selalu menjaga lingkungan. dan saya juga berharap artikel yang saya bagikan ini bisa membantu sobat semua yang sedang mengerjakan artikel yang sedang di berikan oleh bapak dan Ibu guru di sekolah. Jika sobat punya pertanyaan silahkan saja sobat tinggalkan di kotak komentar yang ada di bawah ya sob, kita akan bertemu kembali di artikel berikutnya, terima kasih.

 

Incoming search terms:

  • contoh sumber daya alam hayati dan manfaatnya
  • manfaat sumber daya alam hayati
  • manfaat SDA hayati
  • sda hayati dan manfaatnya
  • Sumber Daya Alam Hayati
  • pemanfaatan sumber daya alam hayati
  • manfaat sumber daya hayati
  • contoh sumber daya alam hayati
  • manfaat sumber daya alam
  • sumber daya alam hayati dan manfaatnya
Manfaat Sumber Daya Alam Hayati | yasri | 4.5