Macam Macam Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah

sobat genggam internet kali ini kita bersua kembali, Rasanya sudah lama ya sob kita tidak bertemu untuk membagikan artikel yang tentu saja di butuhkan oleh teman-teman kita semuanya, Yang mana pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi mengenai materi Biologi, yang mana judul artikel kali ini adalah Macam Macam Penyakit Sistem Peredaran Darah Pada Manusia, Nah tentu sobat belum begitu akrab tentang Gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia, oleh karenanya pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi kepada sobat agar nantinya bisa menjawab pertanyaan sobat tentang Macam Macam Penyakit Sistem Peredaran, kelainan sistem peredaran darah yang bersifat genetis, gangguan sistem peredaran darah manusia, penyakit dan kelainan pada sistem peredaran darah dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seputar Peredran darah ini, Mari untuk tidak memperpanjang artikel ini, mari sekarang kita langsung saja melihat pembahasanya di bawah ini.

penyakit peredaran darah

Gangguan kesehatan yang di sebabkan kelainan ataupun penyakit pada sistem peredaran darah manusia pada darah, jantung serta pembuluh darah, Kelainan pada darah antara lain Hemofilia, talasemia dan Leukimia. untuk lebih jelas mengenai ketiga Kelainan tersebut mari kita langsung simak pembahasanya satu persatu di bawah ini.

1. Hemofilia

Hemofilia merupakan suatu penyakit keturunan pada manusia yang ditandai dengan tidak dapatnya darah membeku secara wajar ketika mengalami luka atau perdarahan. Hal ini terjadi karena tubuh tidak ampu membentuk protein yang berperan dalam proses pembekuan darah. “Talasemia”juga merupakan penyakit yang diwarisi seorang dari orangtua. Penyakit ini ditandai adanya gangguan pembentukan sel dalam darah merah. Sel darah merah penderita talasemia mudah pecah, tidak taha lama sehingga penderita selalu kekurangan sel dalam merah. Talasemia dapat dibedakan menjadi dua macam, talasemia mayor dan talasemia minor. Talasemia mayor memperlihatkan gejala-gejala klinis anemia berat yang dapat berakibat fatal.Gejala penderita talasemia mayor sudah tampak sejal awal masa kanak-kanak ( umur + 3 tahun). Penderita talasemia minor biasanya tidak mengalami anemia berat sehingga masih dapat bertahan hidup.  sekarang setelah kita mengetahui apa itu hemofilia, maka kita akan mencoba untuk membahas kelainan darah yang kedua yakni Leukemia.

2. Leukemia

Leukemia atau yang kadang di kenal dengan sebutan Kangker darah ini merupakan suatu penyakit kelainan pada manusia karena jumlah sel-sel darah putih (leukosit) meningkat tidak terkendali. Penderita cenderung menjadi lemah, nafsu makan berkurang. dan berat badan menurun. Selain itu, ia juga mengalami kekurangan sel darah merah (anemia), karena sel-sel darah putih yang berlebihan jumlahnya akan memangsa sel-sel darah merah: Dalam kondisi normal, jumlah sel darah putih sekitar 7.000 tiap milimeter kubik. Pada penderita leukemia, jumlah sel-sel darah putih dapat mencapai 25.000-50.000 tiap milimeter kubik. Jumlah sel darah merah dalam tubuh manusia juga dapat mengalami penurunan. Keadaan itu disebut anemia.  untuk penjelasan lenkap mengenai Anemia silahkan sobat baca di bawah ini.

3. Anemia

Taukah sobat Anemia dapat disebabkan menderita penyakit malaria, infeksi cacing tambang, atau kekurangan zat besi. Penyebab penyakit malaria adalah Piasmodium malariae yang menyerang sel-sel darah merah sehingga sel-sel darah merah banyak yang mati sebelum berumur 120 hari. Zat besi merupakan mineral penting untuk menyusun hemoglobin di dalam sel darah merah. Kekurangan zat besi berarti menghambat proses pembentukan sel-sel darah merah. Infeksi cacing tambang ke dalam tubuh manusia juga dapat menyebabkan anemia karena cacing tersebut mengisap darah sambil mengeluarkan zat anti pembekuan darah. Serangan jantung terjadi karena terhambatnya aliran darah yang membawa makanan dan oksigen ke jaringan otot jantung. Hambatan itu terjadi karena pembuluh nadi jantung mengalami gañgguan átau kerusakan.

Kerusakan pembuluh nadi tersebut terjadi karena pembekuan darah atau gumpalan materi yang menyumbat pembuluh. Apabila gumpalan ini menghambat aliran darah di otak akan terjadi stroke. Hasil penelitian menyebutkan bahwa gumpalan yang sering menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah adalah senyawa kolesterol. Penyakit jantung umumnya berkaitan erat dengan ketidakseimbangan antara pola makan dan olahraga. Konsumsi makanan yang cenderung banyak mengandung lemak dan daging bagi manusia usia lanjut berisiko besar terhadap serangan jantung. Usaha untuk mempertahankan kesehatan jantung antara lain dengan cara menyeimbangkan kebutuhan makanan dengan kerja fisik atau olahraga. Penyakit jantung juga dapat disebabkan oleh kebiasaan hidup yang kurang baik, misalnya minum minuman keras dan merokok. Kondisi kesehatanjantung dapat dimonitor menggunakan elektrokardiogram (EKG).

Selain Ketiga Kelainan di atas, masih ada kelainan pada peredaran darah, di antaranya adalah sebagai berikut ini.

4. Varises

Varises merupakan pelebaran pembuluh balik atau vena. Hal-hal yang dapat menyebabkan varises antara lain kehamilan dan terlalu gemuk

5. Bawasir

Bawasir atau kadang lebih di kenal dengan ambeien adalah pelebaran pembuluh darah di sekitar anus.

6. Hilangnya sifat elastis dinding pembuluh darah

Baca Juga :

Alat Peredaran Darah
Pembekuan Darah Manusia
Bagian Bagian Jantung
Plasma Darah

Nah itulah penyakit pada peredaran darah yang terjadi pada manusia, Semoga dengan hadirnya artikel ini sobat bisa menambah wawasan mengenai penyakit pada sistem peredaran darah. dan saya juga berharap artikel yang saya bagikan kali ini bisa membantu sobat dalam mengerjakan berbagai tugas yang di berikan oleh bapak/ibu guru sobat, nah jika sobat memiliki pertanyaan lain seputar artikel biologi silahkan saja sobat tinggalkan pertanyaan sobat di kotak komentar yang ada di bawah ya sob, Yang InsyaAllah nantinya akan secepatnya saja balas, Akhir kata dari saya, sampai ketemu lagi di artikel berikutnya, dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • Penyakit pada peredaran darah
  • penyakit pada sistem peredaran darah
  • penyakit peredaran darah
  • macam macam penyakit kelainan darah
  • macam-macam penyakit pada sistem peredaran darah manusia
  • 10 penyakit sistem peredaran darah kesehatan
  • macam-macam kelainan darah
  • macam macam penyakit darah
  • penyakit sistem peredaran darah
  • penyakit pada darah
Macam Macam Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah | yasri | 4.5