Macam-Macam Pembuluh Darah

Kesempatan kali ini kita akan berbagi info menarik yang di minati oleh banyak pembaca sobat genggaminternet.com yakni kita akan membahas mengenai materi biologi yang berjudul Macam-macam Pembuluh Darah, jadi untuk mendapatkan atau menyelesaikan tugas teman-teman yang di berikan bapak/ibu guru tentang pembuluh darah, maka teman-teman harus membaca artikel ini dengan seksama, silahkan di baca di bawah ini.

Taukah kamu shobat genggaminternet, Berdasarkan arah alirannya pembuluh darah dapat kita bedakan menjadi dua bagian, yakni Pembuluh daah Nadi atau yang di kenal dengan Arteri dan pembuluh darah balik atau Vena. Pengeian pembuluh nadi, pembuluh nadi adalah pembuluh yang mengalirkan darah keluar jantung. sedangkan pembuluh balik adalah pembuluh yang mengalirkan darah menuju ke dalam jantung. Baiklah ada baiknya kita akan bahas kedua Pembuluh itu secara terpertinci dan seksama seperti yang ada di bawah ini.

a. Pembuluh Nadi (arteri)

pembuluh nadi

Pembuluh Arteri adalah pembuluh yang membawa dari jantung keluar jantung. letak arteri agak ke dalam dari permukaan tubuh, apabila arteri terluka, maka darah akan memancar keluar. Pembuluh ini memiliki lapisan elastis yang tebal, tentu saja hal ini akan mampu menahan tekanan darah yang berasal dari jantung, denyutnya hanya dapat kita rasakan pada bagian tubuh tertentu saja, contohnya pada bagian pergelangan tangan atau pada daerah leher, dan mempunyai satu katup dekat jantung, katup ini memiliki fungsi untuk menjaga darah supaya tidak mengalit kembali ke dalam bilik jantung.

Pembuluh nadi yang berpangkal pada bilik kiri dan kanan jantung di sebut dengan aorta atu di kenal dengan pembuluh nadi utama. Aorta bilik kiri akan mengangkut darah bersih yang kaya akan oksigen, Dan aorta bilik kiri akan bercabang menjadi arteri dan yang terkecil kita seut dengan arteriole. sementara itu Aorta bilik kanan akan bercabang menjai dua pembuluh yakni pembuluh nadi paru-paru kanan dan kiri 9arteri pulmonalis), tugas pembuluh nadi ini adalah untuk membawa darah kotor yang kaya akan Karbon dioksida.

b. Pembuluh Balik (Vena)

pembuluh Vena

Pembuluh Balik atau pembuluh Vena mempunyai lapisan elastis yang lebih tipis jika di bandingkan dengan arteri, sehingga tidak sekuat dan selentur Arteri, pembuluh ini terletak dekat dari permukaan kulit. tampak kebiruan, denyutnya tidak terasa, jika pembuluh ini terluka maka darah tidak akan memancar keluar, dan memilki katup sepanjang pembuluh, katup ini tentu saja berfungsi agar aliran darah berlangsung satu arah dan menjaga agar darah tetap mengalir karena tidak adanya pompa pada aliran darah di vena. pembuluh balik terdiri atas pembuluh balik besar dan juga pembuluh balik paru-paru.

Pembuluh balik besar bertugas untuk mengangkut darah yang berasal dari seluruh tubuh menuju serabi kanan jantung. di dalam pembuluh ini membawa darah yang kaya kan CO2. pembuluh balik besar terbagi menjadi dua macam Yakni :
a. pembuluh balik besar atas (vena cava superior)
Pembuluh ini berfungsi mengangkut darah yang berasal dan kepala dan tangan ke serambi kanan jantung.
b. pembuluh balik besar bawah (vena cava inferior)
Pembuluh ini bertugas untuk mengangkut darah yang berasal dan tubuh dan kaki ke serambi kanan jantung. Pembuluh balik besar bercabang-cabang menjadi pembuluh balik yang lebih kecil (vena), kemudian bercabang-cabang sampai paling kecil yang disebut venule.

Pada Pembuluh balik paru-paru (Vena Pulmonalis) terdiri dari pembuluh balik paru-paru kanan dan kiri. Pembuluh balik paru-paru kiri mengangkut darah dari paru-paru kiri. sedangkan Pada Pembuluh balik paru-paru kanan mengangkut darah dari paru-paru kanan. Keduanya akan bersatu menuju serambi kiri jantung.Pembuluh ini mengangkut darah yang kaya oksigen.

c. Pembuluh Kapiler

Pembuluh Kapiler

Taukah kamu sobat genggaminternet pembuluh kapiler itu. ? Pad Arteri terkecil (arteriole) dan vena terkecil (venule) dihubungkan oleh pembuluh kapiler. Kapiler sangat halus berdinding tipis karena hanya teridir atas selapis sel, dan berukuran sangat kecil sekitar 7,5 mikron. Kapiler inilah yang berhubungan langsung dengan sel-sel tubuh.

Nah itulah dia Pembuluh kapiler serta tugas dari pembuluh kapiler, saya rasa sudah cukup jelas ya, apa lagi materi yang kita bahas ini adalah materi Faforit pembaca genggaminternet, kita bertemu lagi di lain kesempatan, terima kasih sudah membaca dan membagikan artikel ini kepada teman-teman lainya

Incoming search terms:

  • pembuluh daràh
  • macam macam vena
  • pembuluh darah yang membawa darah bersih adalah
  • pembulu darah
  • macam macam pembuluh darah
  • pembuluh
  • pembuluh darah yang membawa darah bersih
  • macam-macam vena
  • Pembuluh darah besar
  • macam pembuluh darah
Macam-Macam Pembuluh Darah | yasri | 4.5