Macam-Macam Hak Asasi Manusia (HAM) dan Penjelasannya

Sobat genggaminternet.com Sepertinya kita sudah lama tidak membahas mengenai Materi KN, Karena selama ini kita di sibukan dengan materi Biologi ya,hehe. Tapi tidak mengapa sob. karena kali ini kita akan kembali membahas materi KN, yang mana judul kali ini yang akan saya Angkat adalah Macam Macam Hak Asasi Manusia atau yang lebih di kenal Dengan HAM. Tentu saja dengan penjelasnya dengan Lengkap yang nantinya akan memudahkan sobat dalam mengerjakan berbagai tugas yang di berikan oleh bapak maupun ibu guru, Baiklah sepertinya sudah pada tidak sabar ini ingin mengupas materi ini, silahkan simak di bawah ini.

Hak Asasi Manusia merupakan hak dasar yang dimiliki oleh setiap manusia sebagai anugerah Tuhan yang melekat pada setiap diri manusia sejak lahir. Dalam perwujudannya, hak asasi manusia tidak dapat dilaksanakan secara mutlak akrena dapat melanggar hak asasi orang lain. Memperjuangkan hak sendiri dengan mengabaikan hak orang lain merupakan tindakan yang tidak maunusiawi. Kita wajib menayadari bahwa hak-hak asasi kita selalu berbatasan dengan hak-hak asasi orang lain, karena itulah ketaataan kita terhadap aturan menjadi penting.

Pengertian Hak Asasi Manusia

Hak asasi yang kita kenal kini mencakup berbagai aspek kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Walaupun demikian, hak-hak asasi tersebut tidak dengan serta dirumuskan secara lengkap sebagaimana tercantum dalam dokumen-dokumen perlindungan HAM. Sesungguhnya pandangan tentang hak asasi manusia sangat beragam dan bersifat dinamis. Dalam hal ini faktor-faktor sejarah dan pandangan politik juga berpengaruh pada keragaman tersebut.

Baca Juga : Pengertian Norma Dan Fungsi Norma

Beberapa pengertian HAM dikemukakan oleh para pemikir hingga abad ke-19 masih sangat mendasar, yaitu menyangkut kemerdekaan untuk menyampaikan pendapat atau bebas dari rasa takut. Pemaknaan terhadap hak asasi manusia kemudian berkembang seiring tingkat kemajuan peradaban, hingga dewsa ini hak-hak asasi manusia mencangkup beberapa bidang sebagai berikut.

1. Hak asasi pribadi yaitu meliputi kebebasan menyatakan pendapat, kebebasan memeluk agama, kebebasan bergerak dan sebagainya.
2. Hak asasi ekonomi, yaitu hak untuk memiliki, membeli, menjual dan memanfaatkan sesuatu.
3. Hak asasi politik, yaitu hak ikut serta dalam pemerintahan, hak pilih dan memilih dalam suatu pemilu, hak untuk mendirikan parpol dan sebagainya.
4. Hak asasi untuk mendpat perlakuan yang sama dalam hukun dan pemerintahan.
5. Hak asasi sosial dan kebudayaan, yaitu meliputi hak untuk memilih pendidikan, hak untuk mengembangkan budaya dan sebagainya.
6. Hak asasi manusia untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan. Misalnya peraturan dalam hal penahanan, penangkapan, penggeledahan, pengadilan dan beberapa peraturan lainnya.

Peran serta dan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia tidak terlepas dari eksadaran internal atas perkembangan opini dunia terhadap masalah-masalah demokratisasi dan hak asasi manusia. Hal ini dapat kita lihat dari Pembukaan UUD 1945 dan batang tubuhnya yang mencantumkan prinsip-prinsip pelaksanaan HAM.

HAM

Indonesia adalah sebuah negara demokrasi yang merupakan sebuah negara yang sangat menghargai kebebasan. Juga, Indonesia sangat menghargai HAM. Ini bisa dilihat dengan adanya TAP Nomor XVII / MPR / 1998 tentang HAM. Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang HAM dan UU Nomor 26 tahun 2000 tentang peradilan HAM yang cukup memadai. Aplikasi dari UU ini adalah sudah mulai adanya penegakan HAM yang lebih baik dengan ditandai dengan adanya komisi nasional HAM dan peradilan HAM nasional.

Baca juga : Fungsi Pengendalian Sosial

Nah sobat saya rasa artikel Macam-Macam Hak Asasi Manusia (HAM) dan Penjelasannya kita cukupkan sampai di sini dahulu ya, kita akan bertemu lagi di artikel artikel berikutnya. jika sobat ada pertanyaan seputar HAM langsung saja sobat bisa tanyakan di Kotak komentar facebook yang telah saya sediakan, Dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman facebook sobat, terima kasih.

Incoming search terms:

  • macam macam ham
  • macam macam hak asasi manusia
  • perwujudan hak asasi di bidang ekonomi
  • macam ham
  • sebutkan macam macam hak dasar sejak lahir
  • hak asasi manusia berbatasan dengan hak asasi orang lain
  • Beberapa macam macam ham dan kondisi sebagai contoh perwujudan hak asasi tersebut
  • macam macam hak dasar
  • berikan contoh dari ham mutlak pada hak hak pribadi
  • ada berapa hak asasi manusia
Macam-Macam Hak Asasi Manusia (HAM) dan Penjelasannya | yasri | 4.5