Macam Macam Garam Mineral Dalam Tubuh

Sudah lama sekali rasanya saya tidak memposting ke website ini, apa nak di kata kesibukan setelah menjalani hidup berdua dengan si do’i terkadang membuat saya ketinggalan untuk menulis, tapi tidak mengapa, saya akan masih selalu update di website ini, nah untuk pembahasan kali ini adalah Macam Macam Garam Mineral yang ada di dalam tubuh manusia, apa saja sih garam yang ada di dalam tubuh itu, nah untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita langsung saja membahasnya dibagian bawah ini.

Garam mineral di perlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit, di dalam saluran pencernaan, garam mineral tidak mengalami proses pencernaan, baik secara kimiawi maupun secara mekanik. karena dia mudah larut maka garam mineral mudah di serap oleh sel-sel jonjot usus.

macam macam garam mineral

Garam mineral di perlukan oleh tubuh, Baik secara sendiri-sendiri maupun secara  gabungan antar unsur. Bila kekurangan unsur-unsur yang penting maka tubuh akan mengalami gangguan yang di sebut penyakit difisiensi. Banyak unsur yang di perlukan tubuh manusia. namun secara garis besarnya dapat di bedakan menjadi dua yakni, Makroelemen dan Mikroelemen.

Makroelemen adalah unsur-unsur yang di perlukan tubuh manusia dalam jumlah besar. Misalnya Natrium (Na), Kalsium (Ca), Kalium (K), Fosfor (P), Magnesium (Mg), Klor (CI), dan Belerang (S). Na, K, Ca, dan Mg, bersifat alkali, sedangakan P, CI, dan S bersifat asam.

Sedangkan Mikroelemen adalah unsur-unsur yang di perlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit, misalnya saja, Magan, Kromium, kobalt, molebdium, dan selenium.

Berikut ini Macam-Macam Garam Mineral dalam Tubuh, berserta pengertian secara singatnya.

1.    Zat Kapur atau Kalsium (Ca)
Zat kapur di peroleh dari makanan, zat ini di timbun dalam tulang, kususnya tulang spon. Bahan pangan mengandung banyak zat kapur adalah susu, keju, kuning telur, mentega, udang, kerang, biji-bijian dan sayur-sayuran.

2.    Fosfor (P)
Kadar Fosfor dalam darah diatur oleh kelenjar anak gondok atau parathormon. Keperluan zat fosfor dalam tubuh adalah 1 mg setiap hari. Bahan makanan yang merupakan sumber fosfor adalah ikan, jagung, dan kacang-kacangan.

3.    Zat Besi atau Ferum (Fe)
Setiap hari tubuh memerlukan 15-30 mg zat besi, bahan makanan yang banyak mengandung zat besi adalah sayur-sayuran, buah-buahan, sercalia, kentang, daging, susu dan kuning telur. Penyerapan zat besi oleh sel-sel jonjrot usus di permudah oleh asam klorida dalam lambung, kekurangan zat besi dapat menyebabkan amenia.

4.    Flour (F)
Flour Berperan penting dalam Menguatkan gigi.

5.    Youdium (I)
Yodium merupakan komponen penyusun hormon Trioksin. Membantu fungsi kelenjar tiroid. Kekurangan zat ini akan memberikan beberapa gangguan fungsi organ tubuh.

6.    Natrium (Na)
Kekurangan unsur natrium dalam tubuh akan mengakibatkan turunya nilai osmotik cairan eksteral, akibatnya regulasi cairan tubuh akan terganggu sehingga suhu tubuh akan meningkat, gangguan pada jantung dan ginjal.

7.    Klor (CI)
Klor merupakan komonen penting untuk membentuk HCI (asam Klorida).

8.    Kalium (K)
Kekurangan zat K dapat mengakibatkan gangguan pernapasan, kelemahan otot, dan denyut jantung tidak normal.

9.    Zat Belerang (S)
Belerang atau sulfur (S) banyak terdapat pada buah-buahan, sayuran, telur, daging, susu, keju, dan makanan mengandung protein.

10.    Unsur Magnesium (Mg)
Unsur ini banyak terdapat pada tumbuhan padi-padian, serealia, daging, dan susu.

11.    Unsur Seng (Zn)
Unsur seng banyak terdapat pada makanan yang bersal dari laut, hati, daging, telur, susu dan biji gandum.

12.    Unsur Tembaga (Cu)
Zat ini banyak terdapat pada kacang, padi-padian, polong, kerang, ginjal, dan hati.

Baca Juga :

Sumber Karbohidrat


Sumber Lemak
Sistem Pernapasan Pada Ikan

Nah demikian ya sob, artikel Macam Macam Garam Mineral kita cukupkan sampai di sini dahulu jika sobat memiliki pertanyaan seputar artikel ini sobat bisa langsung menghubungi kami di kotak komentar yang ada di bagian bawah artikel ini atau sobat juga bisa menghubungi kami lewat contac us di bagian bawah. sampai bertemu lagi di artikel berikutnya, terima kasih.

Incoming search terms:

  • garam mineral
  • pengertian garam mineral
  • macam garam mineral
  • macam-macam garam mineral dan fungsinya
  • macam macam garam
  • Macam2 garam mineral
  • contoh garam mineral
  • 5 macam garam mineral
  • garam garam mineral
  • fungsi macam macam garam mineral dalam tubuh
Macam Macam Garam Mineral Dalam Tubuh | yasri | 4.5