15 Macam Input Device (Perangkat Masukan) Komputer

Sobat genggam internet hari ini saya lagi semangat untuk memposting tentang Materi IT karena berturut-turut saya posting tentang Materi IT yang tentu saja jika sobat mengikuti dari awal pasti sudah mengerti artike apa saja yang saya maksud, Nah untuk yang belum membaca artikel sebelumnya silahkan saja soat baca ya. Jika sobat keseulitan mencari linknya, Nanti di akhir artikel ini saya akan memberikan linknya kepada sobat, sehingga sobat tidak akan kesulitan lagi. Nah untuk judul kali ini yang akan saya angkat adalah Macam Macam Input Device Pada Komputer. mungkin sobat sudah mengerti beberapa Input Device pada komputer, akan tetapi pada Kesempatan kali ini saya akan membahasnya secara lengkap yang mudah mudahn saja sobat akan memahaminya dengan baik, baiklah mari langsung saja kita melihat di bawah ini.

Input Device atau Perangkat Masukan merupakan perangkat keras yang berguna untuk memasukan data atau perintah dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. ada dua jenis perangkat masukan yakni input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk). Berikut adalah beberapa macam perangkat masukan komputer lengkap dengan gambar. Baiklah soba sekarang mari kita melihat langsung Macam Macam Input Device dan Fungsinya di bawah ini.

1. Keyboard

Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.

2. Mouse

Mouse

Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.

3. Joystick

Joystick

Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.

4. Trackball

Trackball

Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.

5. Light pen

Light pen

Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor)

6. Scanner

Scanner

Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.

7. Barcode Reader

Barcode Reader

Barcode Reader atau Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

8. Digitizer

Digitizer

Digitizer adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog menjadi data digital

9. CD ROM / DVD ROM

CD ROM

CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.

10. Flashdisk

Flashdisk

Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.

11. Modem

Modem

Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

12. CD (Compact Disk)

CD (Compact Disk)

CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.

13. Touchpad

Touchpad

Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.

14. WebCam

WebCam adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.

15. Microphone

Microphone

Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call.

Nah sobat genggam internet, demikian ya artikel lengkap tentang Input Device Pada Komputer berserta Fungsinya, saya berharap setelah membaca artikel ini sobat sudah tidak kebingungan lagi jika di tanya apa saja sih alat input Device pada Komputer. nah sobat juga bisa membaca artikel sebelumnya yang telah saya posting di website genggam internet ini, Yakni Perbedaan Batch ,Online, Real time Processing Method dan juga Pengertian Singkronisasi Sistem Oprasi. Oke sobat kita ketemu lagi di artikel berikutnya ya. terima kasih.

Incoming search terms:

  • perangkat input
  • macam macam input device
  • contoh input device
  • perangkat input komputer
  • perangkat masukan
  • macam-macam input device
  • macam macam input
  • macam macam perangkat input
  • perangkat input device
  • macam input device
15 Macam Input Device (Perangkat Masukan) Komputer | yasri | 4.5