Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom

Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom. Apakah ada yang bertanya kingdom yang di maksud.? tentu saja ada ya,hehe. Akan tetapi ini bukanlah pembahasan tentang Kerajaan Manusia saja, melaikan seluruh makhluk hidup yang ada di dunia ini, Kingdom adalah Pengelompokan Makhluk Hidup kedalam Kerjaan yang berbeda terus mengalami pengembangan seiring dengan ilmu pengetahuan yang ada.

Jika pada awalnya makhluk hidup di kelompokan menjadi dua Kingdom, Yakni Plantae yang berarti Kerajaan Tumbuhan dan Juga Animalia yang Merupakan Kerajaan hewan.Pengelompokan ini pada dasarnya Adalah melalui kemampuan Tumbuhan untuk menghasilkan makananya sendiri, yang mana tumbuhan mampu mengubah senyawa anorganik menjadi senyawa organik yang melalui proses yang kita kenal dengan Fotosintesis, lalu untuk hewan mampu memperoleh makanan atau senyawa organik dari lingkungan yang sudah ada di sekitarnya.

Kelasifikasi Kingdom

Barulah kemudian setelah manusia menemukan Mikroskop cahaya, ternyata terjadi perubahan pengklasifikasian kingdom, sehingga kingdom menjadi tiga bagian yaitu Kingdom protista, kingdom animalia, dan kingdom Plantae dicirikan bersel banyak. Dan Setelah Peralatan semakin Canggih sehingga Mikroskop elektron pun di temukan, maka di temukan pula Bahwasanya ada pula makhluk hidup yang memiliki sel akan tetapi tidak memiliki membran Inti (prokariot) dan makhluk hidup yang prokariot ini umumnya dikenal sebagai bakteri kemudian dimasukkan ke dalam kriteria kingdom monera dan untuk tiga kingdom lainnya seperti protista, animalia dan plantae memiliki sel yang bermembran inti atau eukariot, sehingga Pada waktu itu Pengelompokan Kingdomg menjadi 4 Bagian seperti yang baru saja kita singgung.

Kemuudian Pada perkembangan selanjutnya, Terjadi lagi penambahan Kingdom yang mana masuknya jamur ebagai jenis yang memiliki ciri tersendiri dari tumbuhan lainnya sehingga dimasukkan kedalam kingdom fungi karena jamur tidak melakukan fotosintesis. Kemudian, setelah ditemukannya ada perbedaan dari kingdom monera seperti archaebacteria dan eubacteria karena terdapat perbedaan struktur dinding sel antara kedua kelompok makhluk hidup prokariot. Sehingga hal ini meniscayakan adanya pembentukan kingdom Archaebacteria dan Eubacteria, alhasil terdapat 6 (enam) kingdom yang telah ada sampai saat ini untuk mengklasifikasi makhluk hidup.

Sampai Sekarang Kingdom terbagi menjadi 6, dan bisa saja kedepanya kingdom bertambah seiring dengan semakin banyak dan majunya teknologi yang mampu menyokong untuk penelitian terhadap makhuk hidup yang ada di Dunia ini, Berikut Penjelasan Mengenai Ke Enam bagian tersebut.

Kelasifikasi Kingdom

A. Kingdom Archaebacteria dan Eubacteria

Archaebacteria

Pada Kelompok ini adalah sekumpulan Makhluk hidup yang tidak bisa di lihat dengan mata biasa, melainkan harus menggunakan Mikroskop, Makhluk ini tidak memiliki membran inti dan juga merupakan makhluk bersel satu. Walaupun memiliki ukuran mikroskopik akan tetapi makhluk ini  mengambil perant penting dalam hidup manusia dan makhluk lainnya dimana makhluk yang kita kenal sebagai bakteri, selain memberikan kerugian seperti bakteri Salmonella typhi yang mampu menghadirkan penyakit tifus dan juga memberikan manfaat yaitu sebagai dekomposer dimana dekomposer ini mampu memecah senyawa organik sehingga mempertahankan siklus unsur-unsur yang diperlukan makhluk hidup. Harus pembaca genggaminternet.com ketahui tanpa adanya dekomposer maka unsur karbon, fosfor, nitrogen dan lainnya akan tetap ada dalam jasad makhluk hidup yang sudah mati sehingga tidak dapat digunakan oleh makhluk hidup, Oleh karenanya betapa Bersyukurnya kita bahwasanya di ciptakan nya bakteri di Dunia ini.

B. Kingdom Protista

Protista

Pada Kingdom ini adalah sekelompok yang bersel satu atau bersel banyak yang mempunyai memberan inti(eukaroit) dan selnya tidak berbentuk jaringan sebenarnya. ingat ini, jika sebelumnya kingdom Archaebacteria dan Eubacteria tidak memiliki sel ini maka ini sebaliknya, Protista bisa dikelompokkan lagi menjadi protista menyerupai jamur, protista menyerupai tumbuhan (Algae/ganggang), dan protista menyerupai hewan (protozoa). Anggota protista banyak yang dapat menimbulkan penyakit bagi manusia maupun makhluk hidup lain, misalnya plasmodium yang menyebabkan malaria. Namun, banyak pula anggota kingdom protista yang bermanfaat bagi manusia, misalnya ganggang hijau Chlorella yang dapat digunakan sebagai makanan suplemen bergizi tinggi dan ganggang diatom yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok dan campuran semen. Oleh karena itu tidaklah semua Kingdom Protista Merugikan manusia, karena masih banyak dari anggota Protista yang bermanfaat Untuk Manusia.

C. Kingdom Fungi

Kingdom fungi

Kingdom Fungi adalah untuk sebutan Jamur yang mana kelompok Makhluk hidup eukaroit yang memiliki dinding sel dan tidak berkerolofil tentu saja hal ini membuatnya tidak mampu untuk melakukan fotosintesis. Pada jamur juga terdapat berbagai jenisnya, Ada jamur yang niseluler(bersel satu) yang di kenal dengan Khamir sementara itu ada pula Jamur Multiseluler(bersel banyak) Jamur multiseluler ini tersusun atas filamen yang menyerupai benang, yang mana ini disebut dengan hifa. Jika teman-teman genggaminternet.com pernah memperhatikan dengan seksama jamur yang tumbuh pada roti, berarti teman-teman sudah melihat hifa jamur tersebut. Hifa berfungsi menyerap nutrisi dari substrat tempat jamur tersebut tumbuh. Hifa-hifa jamur akan bercabang dan membentuk jalinan yang disebut miselium. Pada beberapa jamur, miselium akan tumbuh ke atas membentuk badan buah. Badan buah inilah yang biasanya dimakan manusia.

D. Kingdom Plantae

Kingdom Plantae

Pada kelompok ini hidup eukariot yang memiliki sel banyak, memiliki dinding sel dan juga berkelorofil tentu saja merekaakan dapat melakukan fotosintesis dengan baik. Kerajaan ini dapat kita kelompokkan menjadi Dua bagian, yakni Tumbuhan nonvaskular (tidak berpembuluh) dan tumbuhan vaskular (berpembuluh). Contoh Untuk Tumbuhan nonvaskular, yaitu lumut, Karena tidak memiliki pembuluh untuk transpor nutrisi, air, dan mineral dari tanah ke seluruh tubuh. Sebaliknya tumbuhan vaskula telah memiliki jaringan yang terspesialisasi lagi menjadi tumbuhan tidak berbiji, yaitu paku-pakuan dan tumbuhan berbiji. Tumbuhan berbiji terbuka disebut Gymnospermae sedangkan tumbuhan berbiji tertutup disebut Angiospermae.

E. Kingdom Animalia

Kingdom Animalia

Seperti halnya kingdom Plantae, kingdomg Animalia juga merupakan kelompok makhluk hidup eukariot yang bersel banyak akan tetapi tidak tidak berdiinding sel, dan tidak berklorofil yang tentu saja tidak dapat berfotosintesis. Hewan tentu saja memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia, terutama untuk sumber makanan manusia sehari-hari. Berdasarkan ada tidaknya tulang belakang, kingdom animalia dibedakan menjadi kelompok vertebrata (bertulang belakang) dan invertebrata (tidak bertulang belakang).
Adapun kelompok vertebrata yaitu Chondrichtyes, Osteichthyes, Amphibia, Reptilia, Aves dan Mammalia. Kemudian untuk kelompok invertebrata yaitu Porifera, Cnidaria, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca, Arthrpoda dan Echinodermata. Kesemua itu InysaAllah akan coba saya bahas secara detail satu persatu, di artikel berikutnya.

Nah saya Rasa pembahasan kita Mengenai Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom ini bisa kita cukupkan sampai di sini, semoga apa yang saya tuliskan ini bisa berguna untuk teman-teman dan juga adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah, semangat terus belajarnya untuk mengejar cita-cita setinggi angkasa, kalaupun tidak sampai angkasa paling tidak adik-adik akan jatuh ke bulan, Sampai ketemu di artikel berikutnya dan baca juga artikel Biologi lainya yakni Fungsi Hati, terima kasih.

Incoming search terms:

  • ciri ciri kingdom
  • ciri kingdom
  • macam macam kingdom
  • Ciri-ciri kingdom
  • klasifikasi kingdom
  • macam-macam kingdom dan ciri-cirinya
  • ciri ciri kelompok kingdom
  • macam macam kingdom dan penjelasannya
  • macam macam kingdom biologi
  • organisme eukariotik bersel banyak dan dapat melakukan fotosintesis adalah
Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom | yasri | 4.5