Kenampakan Alam Negara Negara Tetangga (Asean)

Kenampakan Alam Negara Asean – Kita tidak dapat hidup sendirian. Kita membutuhkan orang lain.orang itu bisa jadi sanak saudara, oangorang terdekat, dan orang yang ada di sekitar rumah kita. Orang yang berada di sekitar rumah kta adalah tetangga. Demikian juga dengan kehidupan bernegaa. Dalam pergaulan Internasional, negara kitapun membuthkan negara lain. Kita membuthkan negara lain untuk memenuhi kebutuhan yang tdakdapat kita sediakan.

Oleh karena itu, sebagai tetangga yang baik, kita harus mengenal keadaan negara lain. Tujannya adalah agar terjalin hubungan yang baik dan harmonis. Hubungan yang baik antara negara dapat meningkatkan kesejahteraan dan memajukan perdamaian. Selalin itu, dengan mengenal dan mengetahui keadaan negara lain, kita dapat membandingkan keadaan negara itu dengan negara kita. Dari perbandingan itu kita ambil manfaatnya. Manfaat yang seperti apa? Hal-hal yang positif dan maju kita tiru, sedangkan hal-hal yang negatif kita hindari dan jangan di contoh.

kenampakan alam asean

Hal-hal apa saja  yang dapat diketahui dari negara lain? Seperti apakan keadaan negara lain? Bagaimana kemajuannya jika dibandingan negara kita?. Pada pembahasan kali ini, kita akan mencoba membahasnya secara tuntas.

1. Pengertian Negara Tetangga

Kamu tentu pernah mendengar istilah tetangga, buka? Tetangga artinya orang sebelah rumah kita atau orang yang tempat tinggalnya berdekatan dengan tempat tinggal kita. Negara tetangga adalah negara-negara yang letaknya berdekatan dengan tempat tinggal kita. Atau berada di sekitar negara kita. Negara mana saja  yang termasuk negara tetangga Indonesia?
Secara geografis, Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara. Adapun negara-negara yang terletak di kawasan ini adalah Filipina, Indonesia, Brunai Darusalam, Singapura, malaysia, Thailand, Myanmar, Laos, Kamboja, Vietnam, Papua Nugini, dan Timor Leste. Jadi, negara-negara tersebut dapat disebut sebagai negara tetangga kita.
Negara tetangga Indonesia bukan hanya negara-negara yang tergabung dalam organisasi ASEAN saja. Negara lain seperti Timor Leste dan papua Nugini yang terletak di sebelah timur, serta Australia di sebelah tenggara adalah juga negara tetangga kita.

2. Mengenal Kenampakan Alam Negara-Negara Tetangga

Kenampakan alam adalah bentuk muka bumi yang terbentuk karen proses alam. Ada kenampakan alam seperti gunung, pegungan, perbukitan, lembah, hutan, gurun, danau, sawah, ladang, kebuh, dan wilayah pemukiman. Wilayah pemuliman terdiri atas perdesaan dan perkotaan.
Kenampkan alam setiap daerah dan negara berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh faktor tinggi rendahnya permukaan kulit bumi, suhu udara dan curah hujan, sumber air yang terdapat dipermukaan kulit bumi seperti mata air, danau, dan laut, serta mahluk hidup berupa Flora, Fauna, dan manusia.

Kawasan Asia Tenggara merupakan wilayah bagian permukaan bumi yang amat penting untuk kita ketahui karena di wilayah inilah negara kita berbeda. Negara-negara yang berada di kawasan ini juga harus kita kenal leboh baik daripada negara lain di dunia karena negara-negara tersebut adalah tetangga terdekat dengan negara kita.
Bentuk permukaan bumi kawasan Asia Tenggara terdiri atas pegunungan-pegungan dan datara-dataran rendah. Rangkaian pegunngan tersebut sebagian adalah gunung-gunung api yang masih aktif seperti di Indonesia dan Filipina. Dataran-dataran rendahnya terdapat di sekitar sungai-sungai besar seperti Irrawadi, dan Sakween di Myanmar dan sungai Chaopraya di Thailand.

Kawasan Asia Tenggara bukan merupakan daratan yang utuh seperti daratan Cina dan Asia Selatan. Kawasan Asia Tenggara dibentuk oleh semenanjung yang merupakan daratan utama dan daratan lain yang berupa kepulauan yang tersebar di kawasan Indonesia dan Filipina. Kawasan Asia tenggara diapit oleh dua benua, yaitu Asia dan Australia, serta diapit oleh dua samudra, yakni samudra Hndia dan Samudra Pasifik. Kawasan Asia Tenggara terletak pada jalur perdagangan dunia antara kawasan Eropa dan kawasan Asia Timur yaitu Jepang, Hongkong, Korea, dan Cina.

Baca juga :

Julukan Negara Di Dunia
Jenis Jenis Koperasi
Pengertian Migrasi
Zona Tambahan Laut Teritorial

Kawasan ini juga terletak diatara dua pusat kebudayaan tertua di Dunia, yaitu Cina dan India. Dengan posisi seperti itu, kawasan asia Tenggara sebagai salah satu bagian dunia merupakan campuran dari berbagai suku bangsa, bahasa, budaya, dan agama. Asia Tenggara juga merupakan daerah persaingan pihak-ihak yang memanfaatkan kedudukan strategis kawasan ini. Untuk tulah negara-negara dalam kawasan ini membentuk ASEAN yang merupakan organisasi kerjasama antar negara Asia Tenggara.

Incoming search terms:

  • kenampakan alam negara asean
  • kenampakan alam di asia tenggara
  • Kenampakan alam negara tetangga
  • kenampakan alam di asia tenggara beserta gambarnya
  • kenampakan alam asean
  • kenampakan alam di asean
  • kenampakan alam negara negara tetangga
  • kenampakan alam di negara tetangga
  • Negara negara tetangga
  • negara tetangga indonesia
Kenampakan Alam Negara Negara Tetangga (Asean) | yasri | 4.5